PERSEPSI MAHASISWA TENTANG METODE PENGAJARAN DOSEN DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA KEPERAWATAN STIKES ‘AISYIYAH SURAKARTA

Authors

  • Sri Hartutik

DOI:

https://doi.org/10.30787/gaster.v15i1.141

Keywords:

metode pengajaran, persepsi, prestasi belajar

Abstract

Sektor pendidikan adalah salah satu faktor yang cukup berperan besar dalam rangka pengelolaan sumber daya manusia, guna menghasilkan sumber daya yang bermutu dan berkualitas baik. Keberhasilan dalam proses belajar mengajar dapat diketahui dari prestasi yang dicapai oleh mahasiswa. Penelitan ini dilakukam pada mahasiswa keperawatan Stikes ‘Asyiyah Surakarta. Merupakan rancangan penelitian deskriptif korelasional dengan menggunakan pendekatan metode cross sectional. Sampel 49 mahasiswa dengan pengambilan data menggunakan kuesioner terstruktur. Dianalisis dengan analisis uji Korelasi Rank Spearman dengan bantuan program komputer (tingkat kepercayaan 95% p ≤ 0,05). Analisis hubungan persepsi mahasiswa tentang metode pengajaran dosen dengan prestasi belajar mahasiswa digunakan uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara persepsi mahasiswa tentang metode pembelajaran dosen terhadap prestasi belajar mahasiswa Stikes ‘Aisyiyah Surakarta.Diharapkan kepada para pengajar dapat lebih mengoptimalkan metode pengajaran yang diberikan bagi para mahasiswa dalam proses belajar untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa

Published

2017-02-06

How to Cite

Hartutik, S. (2017). PERSEPSI MAHASISWA TENTANG METODE PENGAJARAN DOSEN DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA KEPERAWATAN STIKES ‘AISYIYAH SURAKARTA. Gaster, 15(1), 37–43. https://doi.org/10.30787/gaster.v15i1.141

Issue

Section

Artikel

Similar Articles

> >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.