HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DI INSTITUSI PENDIDIKAN DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI DIII KEBIDANAN STIKES ‘AISYIYAH SURAKARTA

Authors

  • Aulia Kurnianing Putri STIKES 'Aisyiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30787/gaster.v9i2.37

Abstract

Latar Belakang: Pada keseluruhan proses pendidikan di sekolah, kegiatan belajar merupakankegiatan  paling  pokok.  Ini  berarti  bahwa  berhasil  tidaknya  pencapaian  tujuan  pendidikan banyak bergantung kepada bagaimana proses belajar yang dialami oleh siswa sebagai pesertadidik. Tujuan: Penelitian  ini bertujuan  untuk mengetahui  hubungan  lingkungan  belajar  diinstitusi pendidikan dan motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa program studi DIIIKebidanan STIKES ‘Aisyiyah Surakarta. Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitiandeskriptif  dengan  desain  penelitian  korelasional,  tiap  subjek  penelitian  hanya  diobservasi sekali  saja  dan  pengukuran  dilakukan  terhadap  status  karakter  atau  variabel  subjek  pada saat pemeriksaan. Penelitian  ini dilaksanakan di STIKES ‘Aisyiyah Surakarta. Pengambilansampel yaitu dengan teknik sampling Propotionate Stratiï¬ed Random Sampling. Pengumpulandata  lingkungan  belajar  di  institusi  pendidikan  dan motivasi  belajar menggunakan  angket sebagai  instrumen  penelitian    sedangkan  prestasi  belajar  dikumpulkan  dari  data  tentang nilai indeks prestasi kumulatif mahasiswa. Hasil: Uji hipotesis menggunakan analisis regresiganda dan menggunakan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Hasil analisis data regresipenelitian 52,401>3,06 (Fhitung > Ftabel). Simpulan: Ada hubungan positif dan signiï¬kanantara lingkungan belajar di institusi pendidikan dan motivasi belajar dengan prestasi belajarmahasiswa Prorgam studi DIII Kebidanan STIKES ‘Aisyiyah Surakarta.Kata Kunci: Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar.

Author Biography

Aulia Kurnianing Putri, STIKES 'Aisyiyah Surakarta

Dosen Prodi D3 Kebidanan

Published

2012-10-22

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)