HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA SEMESTER IV PROGRAM STUDI DIV KEBIDANAN UNS

Authors

  • Istiqomah Risa Wahyuningsih STIKES 'Aisyiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30787/gaster.v8i2.27

Abstract

Abstrak: Prestasi belajar merupakan perwujudan atau aktualisasi dari kemampuan dan usaha belajar siswa dalam waktu tertentu. Prestasi belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yang salah satu faktornya adalah kebiasaan belajar. Dimana kebiasaan belajar antar mahasiswa berbeda-beda. Tujuan: mengetahui hubungan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa kebidanan. Metode: merupakan jenis penelitian observasional (non experimental) dengan rancangan penelitian cross sectional. Hasil: dengan menggunakan analisis Product Moment diperoleh nilai r hitung sebesar 0,649 (0,649>0,254) dan p = 0,000 (p<0,05) sehingga menunjukkan bahwa ada hubungan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa kebidanan. Simpulan: terdapat hubungan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa kebidanan. Hasil analisis tersebut menunjukkan nilai koefisien korelasi yang diperoleh bertanda positif, berarti ada hubungan positif antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar. Artinya semakin baik kebiasaan belajar mahasiswa akan semakin baik nilai prestasi belajarnya.

Key Word : Kebiasaan belajar dan Prestasi Belajar Mahasiswa

Author Biography

Istiqomah Risa Wahyuningsih, STIKES 'Aisyiyah Surakarta

Dosen Prodi Kebidanan

Published

2011-08-07

Issue

Section

Artikel