HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 JATEN KARANGANYAR

Authors

  • Winarni Winarni

DOI:

https://doi.org/10.30787/gaster.v9i1.107

Abstract

Latar belakang : Tumbuh kembang pada masa remaja berlangsung pesat baik fisik maupun psikologis. Untuk mengimbangi tumbuh kembang yang pesat ini anak harus mendapat perhatian termasuk nutrisi yang baik. Perubahan fisik karena pertumbuhan yang terjadi akan mempengaruhi status kesehatan dan gizinya. Ketidakseimbangan asupan kebutuhan atau kecukupan akan menimbulkan masalah gizi. Masalah gizi akan berdampak negatif pada penurunan konsentrasi belajar. Kecukupan gizi adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan kognitif dan prestasi di sekolah, yang bilamana dapat mencapai tingkat yang lebih baik maka secara fisik anakpun akan menggunakan kapasitas otaknya secara maksimal. Tujuan : Untuk mengetahui hubungan antara status gizi dengan prestasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jaten, Karanganyar. Metode : Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional, dan menggunakan analisa Kendall’s Tau ï´ . Hasil: Hasil uji Kendall Tau ï´ didapatkan nilai p = 0,026 (p<0,05) dan koefisien korelasi sebesar – 0,172, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat hubungan antara status gizi dengan prestasi belajar. Simpulan: Penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara status gizi dengan prestasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jaten Karanganyar.
Kata Kunci: Status Gizi, Prestasi Belajar

Published

2012-02-24

Issue

Section

Artikel