ANALISIS PERSEPSI DAN KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PENERAPAN PROSES PEMBELAJARAN DI LABORATORIUM DENGAN MENGGUNAKAN METODE E-LEARNING PADA MATA KULIAH KEPERAWATAN MEDICAL BEDAH. PADA PROGRAM STUDI D III KEPERAWATAN STIKES AISYIYAH SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.30787/gaster.v10i2.57Abstract
Praktek laboratorium adalah strategi pembelajaran atau bentuk pembelajaran yang digunakan untuk membelajarkan secara bersama-sama kemampuan psikomotorik (ketrampilan), knowledge (pengetahuan), dan Afektif (sikap) yang menggunakan sarana laboratorium. Dari Survey dengan cara mewawancarai beberapa mahasiswa kami mendapatkan informasi bahwa sebagian besar mahasiswa merasakan kurang efektif, kurang puas maupun bingung dengan metode pembelajaraan laboratorium dengan E-Learning. Tujuan : Untuk mengetahui persepsi dan kepuasan mahasiswa terhadap penerapan proses pembelajaran di laboratorium dengan menggunakan metode E-learning pada mata kuliah keperawatan Medical Bedah pada mahasiswa diploma 3 keperawatan.Metode : Dalam penelitian ini pendekatan yang dilakukan adalah melalui pendekatan kualitatif. jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif ; hasil : bahwapresepsi mahasiswa mengatakan bahwa metode pembelajaran metode E-learning kurang efektif walaupun masih ada sebagian mahasiswa dengan metode E-learning mengatakan cukup bagus ; sebagian besar mahasiswa  mengatakan bahwa metode pembelajaran metode E-learning kurang memuaskan walaupun masih ada sebagian kecil mahasiswa dengan metode E-learning mengatakan cukup puas  simpulan persepsi mahasiswa tentang pembelajaran laboratorium drngan metode e-learning masih bingung dan dirasa kurang efektif dan kurang memuaskan.Kata Kunci : Presepsi, kepuasan, pembelajaran, laboratorium, e learning.Downloads
Published
2013-10-24
Issue
Section
Artikel
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.