PENERAPAN METODE E-LEARNING DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH DOKUMENTASI KEBIDANAN (Pada Mahasiswa Kebidanan STIKES ‘Aisyiyah Surakarta)

Authors

  • Istiqomah Risa Wahyuningsih STIKES Aisyiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30787/gaster.v12i2.89

Abstract

Pendahuluan: Pemanfaatan teknologi informasi (internet) dalam dunia pendidikan sering disebut dengan e-learning. Penerapan metode e-learning merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, selain itu prestasi belajar juga dapat dipengaruhi oleh kebiasaan belajar. Kebiasaan belajar yang baik akan meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Tujuan: mengetahui pengaruh metode e-learning dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar mata kuliah dokumentasi kebidanan pada mahasisw Kebidanan. Metode: penelitian analitik dengan pendekatan randomized controlled trial (RCT). Sampel yang digunakan 60 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil: dengan menggunakan regresi logistik (á 0,05) didapatkan bahwa mahasiswa yang mendapatkan metode bejalar e-learning memiliki kemungkinan untuk kompeten setengah kali lebih rendah daripada mahasiswa dengan metode belajar konvensional Simpulan: Tidak ada pengaruh yang signifikan antara metode e-learning dengan prestasi belajar tetapi ada perbedaan yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar

Published

2015-10-20

Issue

Section

Artikel