Evaluasi Tingkat Kepuasan E-Learning Di Universitas ‘Aisyiyah Surakarta Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction

Authors

  • Nutfah Ailul Ulun Universitas 'Aisyiyah Surakarta
  • Ita Permatahati Universitas 'Aisyiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30787/restia.v2i2.1643

Keywords:

Kepuasan Pengguna, e-learning, EUCS, Universitas ‘Aisyiyah Surakarta

Abstract

Sistem E-Learning ialah sistem pembelajaran online yang resmi dibuat dan telah digunakan beberapa tahun di Universitas 'Aisyiyah Surakarta. Dengan sistem ini diharapkan dapat mempermudah pelaksanaan perkuliahan, sistem e-learning ini belum pernah dilakukan evaluasi kepuasan penggunanya. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi seberapa tingkat kepuasan pengguna e-learning. Penelitian ini menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS) yang terdapat 5 variabel dengan jumlah responden 100 mahasiswa Universitas 'Aisyiyah Surakarta. Dari 5 variabel yaitu, variabel yang memperoleh hasil persentase tertinggi adalah variabel content (isi) dengan jumlah 80% kriteria Sangat Puas, variabel accuracy (akurat) dengan jumlah 71% kriteria Puas, variabel format (tampilan) dengan jumlah 71% kriteria Puas, variabel ease of use (kemudahan penggunaan) dengan jumlah 77% kriteria Sangat Puas, dan variabel timeliness (ketepatan waktu) dengan jumlah 71% kriteria Puas. Dengan hasil persentase tersebut yang dimana 2 variabel dengan kriteria Sangat Puas dan 3 variabel dengan kriteria Puas. Dari hasil persentase tersebut maka sistem e-learning sudah memenuhi kepuasan pengguna.

References

L. S. Triandika, D. M. Rachmaningsih, and A. F. Wijaya, “PENGUKURAN KEPUASAN PENGGUNA SITUS E-LEARNING UNIVERSITAS TERBUKA DENGAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS),” Sebatik, vol. 25, no. 2, pp. 598–603, 2021, doi: 10.46984/sebatik.v25i2.1212.

M. S. Muarie and F. Nopriani, “MENGUKUR TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA E-LEARNING (UIN RADEN FATAH PALEMBANG),” JUSIM (Jurnal Sist. Inf. Musirawas), vol. 5, no. 01, pp. 79–86, 2020, doi: 10.32767/jusim.v5i01.756.

G. Pujana, I. M. A. Pradnyana, and I. K. R. Artha, “Analisis Kepuasan Pengguna E-Rapor Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (Eucs) Di Smp Negeri 1 Sukasada,” KARMAPATI (Kumpulan Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., vol. 12, no. 1, pp. 57–66, 2023.

E. Fuad, R. Hayami, and A. Kharisma, “Evaluasi Usabilitas Website E-Learning Umri Terhadap Mahasiswa Umri Menggunakan Metode Usability Testing,” J. CoSciTech (Computer Sci. Inf. Technol., vol. 2, no. 2, pp. 74–82, 2021, doi: 10.37859/coscitech.v2i2.3029.

N. L. Rachmawati and D. Krisbiantoro, “Evaluasi Kepuasan Pengguna Sistem E-Learning Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction: Studi Kasus: Universitas Amikom Purwokerto,” J. Inf. Syst. Manag., vol. 3, no. 1, pp. 1–7, 2021.

F. Arianto, L. H. Susarno, U. Dewi, and A. F. Safitri, “MODEL PENERIMAAN DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI: E-LEARNING DI PERGURUAN TINGGI,” Kwangsan J. Teknol. Pendidik., vol. 8, no. 1, p. 110, 2020, doi: 10.31800/jtp.kw.v8n1.p110--121.

N. W. Utami, I. K. R. Arthana, and I. G. M. Darmawiguna, “EVALUASI USABILITY PADA E-LEARNING UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA DENGAN METODE USABILITY TESTING,” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., vol. 9, no. 1, p. 107, 2020, doi: 10.23887/janapati.v9i1.23663.

Z. Niqotaini and B. Budiman, “Analisis Penerimaan Google Classroom Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Dan End-User Computing Satisfaction (EUCS),” Sist. J. Sist. Inf., vol. 10, no. 3, pp. 637–661, 2021.

A. Lattu, Sihabuddin, and W. Jatmika, “A ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP PENGGUNAAN E-LEARNING DENGAN METODE TAM DAN EUCS,” J. Ris. Sist. Inf. dan Teknol. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 39–50, 2022, doi: 10.52005/jursistekni.v4i1.115.

K. N. M. N. Masitah and I. Ilhamsyah, “EVALUASI KEPUASAN PENGGUNA SIAKAD UNIVERSITAS TANJUNGPURA MENGGUNAKAN INTEGRASI TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DAN END-USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS),” Coding J. Komput. dan Apl., vol. 8, no. 2, 2020, doi: 10.26418/coding.v8i2.41217.

D. A. Simaremare, “ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA PENGGUNA E-LEARNING MENGGUNAKAN END USER COMPUTING SATISFICATION,” J. Infortech, vol. 2, no. 2, pp. 250–257, 2020, doi: 10.31294/infortech.v2i2.9257.

M. Mujahiddin and A. Azis, “Evaluasi Kepuasan Mahasiswa Prodi Sistem Informasi terhadap Akun @si.amikompwt menggunakan metode EUCS,” Indones. J. Comput. Sci. Res., vol. 1, no. 2, 2022, doi: 10.59095/ijcsr.v1i2.7.

R. N. Amalia, R. S. Dianingati, and E. Annisaa’, “Pengaruh Jumlah Responden terhadap Hasil Uji Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Pengetahuan dan Perilaku Swamedikasi,” Generics J. Res. Pharm., vol. 2, no. 1, pp. 9–15, 2022, doi: 10.14710/genres.v2i1.12271.

A. H. Suasapha, “SKALA LIKERT UNTUK PENELITIAN PARIWISATA; BEBERAPA CATATAN UNTUK MENYUSUNNYA DENGAN BAIK,” J. KEPARIWISATAAN, vol. 19, no. 1, pp. 26–37, 2020, doi: 10.52352/jpar.v19i1.407.

M. Ronaldo and D. Pasha, “Sistem Informasi Pengelolaan Data Santri Pondok Pesantren an-Ahl Berbasis Website,” TELEFORTECH J. Telemat. Inf. Technol., vol. 2, no. 1, pp. 17–20, 2021.

E. Rosita, W. Hidayat, and W. Yuliani, “UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS KUESIONER PERILAKU PROSOSIAL,” FOKUS (Kajian Bimbing. & Konseling dalam Pendidikan), vol. 4, no. 4, p. 279, 2021, doi: 10.22460/fokus.v4i4.7413.

S. K. Dewi and A. Sudaryanto, “Validitas dan reliabilitas kuisioner pengetahuan, sikap dan perilaku Pencegahan Demam Berdarah,” Prosiding Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta 2020, 2020.

Downloads

Published

2023-10-01

How to Cite

Nutfah Ailul Ulun, & Permatahati, I. (2023). Evaluasi Tingkat Kepuasan E-Learning Di Universitas ‘Aisyiyah Surakarta Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction. Jurnal Riset Sistem Dan Teknologi Informasi, 2(2), 84–94. https://doi.org/10.30787/restia.v2i2.1643

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.