Studi Kepuasan Masyarakat Terhadap Layanan Publik Di Dinas Penanaman Modal Dan PTSP Kota Salatiga

Authors

  • Farid Fitriyadi Universitas Sahid Surakarta
  • Astri Charolina Universitas Sahid Surakarta
  • Dwi Retnoningsih Universitas Sahid Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30787/restia.v2i2.1475

Keywords:

Logika Fuzzy, Metode Mamdani, Tingkat Kepuasan Masyarakat

Abstract

Dalam kaitannya dengan efisiensi pelayanan publik, Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) merupakan salah satu bentuk evaluasi. IKM adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya. Upaya peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara simultan dan kontinu. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan metode Fuzzy Inference System, yang dapat membantu Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kota Salatiga dalam melakukan analisa tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik yang telah dilaksanakan. Berdasarkan pengujian data yang telah diproses, hasil perhitungan manual adalah 75, dapat disimpulkan bahwa fuzzy logic metode mamdani dapat digunakan untuk menentukan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik di Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kota Salatiga.

References

A. K. Maranjaya, “Good Governance Sebagai Tolak Ukur Untuk Mengukur Kinerja Pemerintahan,” J. Sos. Teknol., vol. 2, no. 11, pp. 929–941, 2022, doi: 10.59188/jurnalsostech.v2i11.474.

I. Rumesten, Helmanida, and A. Ngadino, “Pengaturan Pembagian Urusan Pemerintahan; Kritik Terhadap Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah,” Simbur Cahaya, vol. 27, no. 1, pp. 134–155, 2020.

V. Yudistira, Undang undang no 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah dan perubahannya. VisiMedia, 2015.

J. DINATA, “Reformasi Birokrasi Dalam Pengelolaan Keuangan Daerah Dengan Sistem Penganggaran Elektronik (E-Budgeting),” 2024, HUKUM PEMERINTAHAN. [Online]. Available: https://repository.unja.ac.id/60716/%0Ahttps://repository.unja.ac.id/60716/1/1-Julian AD_P2B119084_Full Text.pdf

E. Junaedi, “Moderasi Beragama Dalam Tinjauan Kritis Kebebasan Beragama,” Harmoni, vol. 21, no. 2, pp. 330–339, 2022, doi: 10.32488/harmoni.v21i2.641.

S. Kusumadewi and H. Wahyuningsih, “Model Sistem Pendukung Keputusan Kelompok untuk Penilaian Gangguan Depresii, Kecemasan dan Stress Berdasarkan DASS-42,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 7, no. 2, p. 219, 2020, doi: 10.25126/jtiik.2020721052.

F. Daivan, D. Saripurna, and M. Z. Siambaton, “E-Diagnosis Gangguan Kecemasan Menyeluruh Menggunakan Fuzzy Inference System (FIS) Tsukamoto,” Hello World J. Ilmu Komput., vol. 3, no. 1, pp. 9–27, 2024.

S. R. Andani, “Fuzzy Mamdani Dalam Menentukan Tingkat Keberhasilan Dosen Mengajar,” in Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF), 2015.

S. Y. B. Tarigan, M. L. Tobing, and Z. Situmorang, “Mengukur Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Dosen Menggunakan Metode Fuzzy Mamdani,” Semin. Nas. Teknol. Inf., vol. 1975, pp. 163–168, 2017.

A. Charolina and F. Fitriyadi, “Fuzzy Mamdani Model for Assessing the Level of Service Satisfaction for Requirements of Social Welfare Services at the ‘Prof. Dr. Soeharso’ Integrated Center in Surakarta,” Int. J. Comput. Inf. Syst., vol. 5, no. 1, pp. 15–21, 2024, doi: 10.29040/ijcis.v5i1.152.

D. Rifai and F. Fitriyadi, “Penerapan Logika Fuzzy Sugeno dalam Keputusan Jumlah Produksi Berbasis Website,” Hello World J. Ilmu Komput., vol. 2, no. 2, pp. 102–109, 2023, doi: 10.56211/helloworld.v2i2.297.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Fitriyadi, F., Charolina, A., & Retnoningsih, D. (2024). Studi Kepuasan Masyarakat Terhadap Layanan Publik Di Dinas Penanaman Modal Dan PTSP Kota Salatiga. Jurnal Riset Sistem Dan Teknologi Informasi, 2(2), 73–83. https://doi.org/10.30787/restia.v2i2.1475

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.