Evaluasi Sistem Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas ‘Aisyiyah Surakarta Menggunakan Metode Heuristic Evaluation

Authors

  • Avega Tri Regista Nurrega Universitas 'Aisyiyah Surakarta
  • Ita Permatahati Universitas 'Aisyiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30787/restia.v2i2.1642

Keywords:

Kepuasan Pengguna, Heuristic Evaluation, Sistem Pendaftaran Mahasiswa Baru, Universitas ‘Aisyiyah Surakarta

Abstract

Sistem Pendaftaran Mahasiswa Baru adalah platform resmi yang dirancang guna calon mahasiswa yang mau mendaftar di Universitas ‘Aisyiyah Surakarta, dengan tujuan memudahkan proses pendaftaran secara online. Namun, sistem ini belum pernah dievaluasi dari segi kepuasan pengguna. Penelitian ini bertujuan guna mengenali persoalan pada Sistem Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas ‘Aisyiyah Surakarta dan memberikan rekomendasi perbaikan berdasarkan hasil evaluasi untuk pengembangan sistem ke depannya. Penelitiannya memakai Teknik Heuristic Evaluation melalui 10 variable serta melibatkan 100 narasumber. Terdapat 22 item pernyataan dalam kuesioner, di mana 20 pernyataan bersifat positif dan 2 pernyataan bersifat negatif. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 9 variabel mendapatkan kualifikasi baik, sedangkan 1 variabel, yaitu "Recognition rather than recall," memerlukan perhatian lebih karena pernyataan negatif pada item P19 dan P20 memiliki persentase sebesar 77%. Hal ini menunjukkan bahwa diperlukan perbaikan dalam hal Usability pada Sistem Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas ‘Aisyiyah Surakarta. Rekomendasi perbaikan yang diberikan berupa solusi konkret yang perlu diterapkan.

References

T. Hidayat, O. Nurdiawan, and Y. Arie Wijaya, “Analisa Website Portal Informasi Sekolah Dengan Menggunakan Metode Heuristic Evaluation,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 7, no. 1, pp. 740–746, 2023, doi: 10.36040/jati.v7i1.6559.

M. Subhan and A. D. Indriyanti, “Penggunaan Metode Heuristic Evaluation sebagai Analisis Evaluasi User Interface dan User Experience pada Aplikasi BCA Mobile,” J. Emerg. Inf. …, vol. 02, no. 03, pp. 30–37, 2021.

N. Dalimunthe, F. Nazari, K. Purba, and A. Adawiyah, “EVALUASI WEBSITE PEMKO PEKANBARU MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 5, no. 2, pp. 245–250, 2019.

D. Taluke, R. S. M. Lakat, A. Sembel, E. Mangrove, and M. Bahwa, “Analisis Preferensi Masyarakat Dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove Di Pesisir Pantai Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat,” Spasial, vol. 6, no. 2, pp. 531–540, 2019.

R. Z. Fattahaq, Analisa Usability Pada User Interface Aplikasi Mobile Jkn (Jaminan Kesehatan Nasional) Menggunakan Heuristic Evaluation. 2023.

F. Kesuma Bhakti, I. Ahmad, and Q. J. Adrian, “Perancangan User Experience Aplikasi Pesan Antar Dalam Kota Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Kota Bandar Lampung),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 2, pp. 45–54, 2022.

W. A. Rahmadhani et al., “Pemanfaatan Website Sebagai Bentuk Digitalisasi Pelayanan Publik Untuk Mewujudkan Transparansi di Dinas Sosial Provinsi Sumatera Utara dan Pemanfaatan Digitalisasi Pada Pendidikan Islam,” Edukasi Islam. J. Pendidik. Islam, vol. 11, no. 1, pp. 1167–1182, 2022, doi: 10.30868/ei.v11i01.2979.

P. L. Lokapitasari Belluano, I. Indrawati, H. Harlinda, F. A. . Tuasamu, and D. Lantara, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Pieces Framework,” Ilk. J. Ilm., vol. 11, no. 2, pp. 118–128, 2019, doi: 10.33096/ilkom.v11i2.398.118-128.

G. Pujana, I. M. A. Pradnyana, and I. K. R. Artha, “Analisis Kepuasan Pengguna E-Rapor Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (Eucs) Di Smp Negeri 1 Sukasada,” KARMAPATI (Kumpulan Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., vol. 12, no. 1, pp. 57–66, 2023.

A. Priyambodo, S. Narulita, P. Prihati, and T. Khristianto, “Review Antarmuka (Interface) Website Garuda Indonesia Menggunakan Evaluasi Heuristic,” Dinamik, vol. 28, no. 1, pp. 1–12, 2023.

B. FITRIANA, “STUDI ANALISIS PADA POPULARITAS DAN ELEKTABILITAS PARTAI GERINDRA MENJELANG PEMILU 2024 DI KOTA TASIKMALAYA,” 2024, Universitas Siliwangi.

Downloads

Published

2024-10-02

How to Cite

Nurrega, A. T. R., & Ita Permatahati. (2024). Evaluasi Sistem Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas ‘Aisyiyah Surakarta Menggunakan Metode Heuristic Evaluation. Jurnal Riset Sistem Dan Teknologi Informasi, 2(2), 95–105. https://doi.org/10.30787/restia.v2i2.1642

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.