Education of Hypno-parenting Method on Successfulness of Toilet Learning of Toddlers

Authors

  • Wahyuningsih Safitri Universitas Kusuma Husada

DOI:

https://doi.org/10.30787/gaster.v19i1.535

Keywords:

Toilet learning, hypno-parenting, toddler

Abstract

Stages of child development tasks that must be achieved at toddler age are toilet learning. Toilet learning is an effort to train children to be able to control bowel movements and urination. Education about toilet learning can be done using the hypno-parenting method. The purpose of this study was to determine the effect of hypno-parenting health education methods on the success of toilet learning in toddler age children. This research is a quantitative study, with a quasi-experimental research design with pre-test and post-test nonequivalent control group. The sampling technique is done by using non probability sampling technique with the number of research respondents as many as 44 children. The toilet learning success measurement tool in this study used the toilet learning success questionnaire. Data analysis in this study used the Wilcoxon and Mann Whitney tests because the data were not normally distributed. The results showed that p value 0,000 <0.05 then H0 was rejected and Ha was accepted so there was an influence of hypno-parenting health education method on the success of toilet learning in toddler age children.

Author Biography

Wahyuningsih Safitri, Universitas Kusuma Husada

Keperawatan

References

Ammelda, R, Novayelinda, R, Erwin. 2013. Pengaruh Modeling Media Video dan Gambar terhadap Keberhasilan Toilet Training pada Anak Prasekolah. Program Studi ilmu keperawatan. Universitas Riau.

Anggita, Kesuma P. 2016. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu tentang Toilet Training Terhadap Pelaksanaan Toilet Training pada Anak Usia Toddler di Kelurahan Sewu Surakarta. Program Studi S1 Keperawatan. Fakultas Ilmu kesehatan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Armawati NM. 2011.Perubahan sikap ibu tentang toilet training anak usia 1-3 tahun setelah mendapatkan penyuluhan di Tegalboto. Jurnal penelitian kesehatan suara forikes. Volume II. No. 2.

Atti Y, Nur A. 2014. Pengaruh Pemberian Pendidikan Kesehatan Toilet Learning Terhadap Pengetahuan Ibu Pada Anak Usia Toddler Di Paud Mawar Rw 06 Kelurahan Tlogomas Malang. Jurnal CARE. Vol. 2. No.2

Destiana D. 2017. Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Pelaksanaan Toilet Training pada Anak di PAUD Lembaga Pemberdayaan Perempuan dan Anak (LPA) Yayasan Mujahidin Kota Pontianak. Jurnal Proners. Vo. 3. No. 1

Devi Rahayu M, Firdaus. 2015. Hubungan Peran Orang Tua Dengan Kemampuan Toilet Training Pada Anak Usia Toddler Di PAUD Permata Bunda RW 01 Desa Jati Selatan 1 Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Kesehatan. Vol. 8. No.1. Februari 2015.

Nasrul E. 2011. Dasar-dasar Keperawatan Kesehatan Masyarakat. Jakarta:EGC.

Erwin. 2013. Karakteristik Anak Jalanan dan Bentuk-bentuk Kekerasan terhadap Anak Jalanan di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat. Antropologi Indonesia

Sigmund F. 1939. The Ego and The Id. London: The Hogath Press LTD.

Johninsi, P, Julia, R, dan Yolanda, B. 2018. Hubungan Peran Orang Tua Dengan Kemampuan Toilet Training pada Anak Pra Sekolah di TK GMIM Sion Sentrum Sendangan Kawangkoan Satu. Jurnal Keperawatan. Vol.6 No. 1. Februari 2018.

Kemenkes RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar, RISKESDAS. Jakarta: Balitbang Kemenkes RI.

Kiftiyah, Wardani, RA, Rosyidah, NN. 2018. Pengaruh Metode Demonstrasi tentang Toilet Training terhadap Peningkatan Pembelajaran Toilet Training pada Anak Usia 3 Tahun. Jurnal Nurse and Health. ISSN: 2088-9909.

Mandasari S, Ery, K. 2016. Penyuluhan Tentang Stimulasi Toilet Training Terhadap Perilaku Dalam Toilet Training Pada Ibu Yang Mempunyai Anak Toddler. Fakultas Ilmu kesehatan. Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.

Mendur, J P. Rottie, Julia & Bataha Yolanda. 2018. Hubungan Peran Orang tua Dengan Kemampuan Toilet Training pada Anak Pra Sekolah di TK GMIM Sion Sentrum Sendangan Kawangkoan Satu. E-journal Keperawatan. Vol.6. No.1.

Mujahidatul M, Beny LW. 2014. Penyuluhan Terhadap Sikap Ibu Dalam Memberikan Toilet Training Pada Anak. Jurnal Kesehatan Masyarakat. Vo. 9 No. 2. Januari 2014.

Murdiana S, Putu E, Lasri. (2017). Hubungan Kemampuan Stimulasi Orang Tua dengan Tingkat Keberhasilan Toilet Learning pada Anak Usia Toddler di PAUD Wilayah Kelurahan Tlogomas Kota Malang. Nursing news. Volume 2. Nomor 3.

Musfiroh, Mujahidatul, Wisudaningtyas, BL. 2014. Penyuluhan terhadap Sikap Ibu Dalam Memberikan Toilet Training pada Anak. Jurnal Kesehatan Masyarakat. ISSN 1858-1196.

Soekidjo N. 2014. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta:Rineka Cipta.

Rahayu DM dan Firdaus F. (2017). Hubungan peran orang tua dengan kemampuan toilet training pada anak usia toddler di PAUD Permata Bunda RW 01 Desa Jatian Selatan 1 Sidoarjo. J Heal Sci. 2017;8(1)

Ros Endah HP, Sunarsih, Rahayu. Pengaruh Modul Bergambar Terhadap Peningkatan Keberhasilan Toilet Training Anak Toddler di puskesmas Sibela Surakarta. Jurnal Terpadu Ilmu Kesehatan. Vol 6. No. 1. Mei 2016

Rosiana P. 2014. Pengaruh Pendidikan kesehatan tentang Toilet Training Anak Usia 1-3 Tahun Terhadap pengetahuan Ibu di Desa Sambon Banyudono Boyolali. Fakultas Ilimu Kesehatan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Siswoyo, Dwi, dkk. 2011. Ilmu Pendidikan.Yogyakarta: UNY Press.

Soetjiningsih. 2012. Perkembangan Anak dan Permasalahannya dalam Buku Ajar I Ilmu Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta : Sagungseto.

Suhendri. 2011. Pengaruh Hypnoparenting terhadap Peningkatan Nafsu Makan Anak Usia Prasekolah yang Sulit Makan.

Suherman. 2010. Buku Saku Perkembangan Anak. Jakarta: EGC.

Supartini. 2012. Buku Ajar Konsep Dasar Keperawatan Anak. Jakarta: EGC.

Survei Kesehatan Rumah Tangga (SKRT). 2012. Profil Indonesia Sehat tahun 2012. Diakses pada tanggal 29 Oktober 2018. www.depkes.go.id

Sutiyono, A. 2010. Dahsyatnya Hypnoparenting. Depok: Penebar Plus.

Umami, S. D. 2011. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Keberhasilan Toilet Traning Pada Anak Usia 4-6 Tahun Di TK Puspasari I Sidomoyo Godean Sleman DI Yogyakarta. STIKES’Aisyiyah Yogyakarta

Wong L Donna. 2009. Buku Ajar Keperawatan Pediatiatrik. Vol. 1. Edisi 6. Jakarta: EGC.

Willi W, Andri H. 2009. Dahsyatnya Hypnosis. Jakarta: Visi Media.

Yendrizal J. 2014. Pengaruh Hypnoparenting terhadap Peningkatan Nafsu Makan Anak Usia Prasekolah yang Sulit Makan di Surau Pinang. Program Studi Imu kesehatan. STIKes Perintis Sumbar.

Downloads

Published

2021-02-10

How to Cite

Safitri, W. (2021). Education of Hypno-parenting Method on Successfulness of Toilet Learning of Toddlers. Gaster, 19(1), 83–94. https://doi.org/10.30787/gaster.v19i1.535

Issue

Section

Artikel

Similar Articles

> >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.