PROGRAM “AKU MANDIRI” SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH

Authors

  • Dyah Rahmawatie Ratna Budi Utami Budi Utami STIKES Aisyiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30787/gaster.v16i2.298

Keywords:

pengetahuan, ketrampilan, pencegahan KSA, pra sekolah

Abstract

Latar Belakang: Fenomena gunung es kekerasan seksual pada anak yang semakin meningkat jumlahnya tiap tahun mendorong adanya upaya promotif dan preventif sejak dini. Hal ini dikarenakan  beragam dampak negatif yang ditimbulkan akibat kejadian KSA terhadap tumbuh kembang anak. Program “Aku Mandiri†merupakan psikoedukasi pencegahan KSA yang dapat diberikan pada anak usia pra sekolah dengan beragam metode yang menarik. Tujuan: Untuk menganalisis pengaruh program “ Aku Mandiriâ€terhadap pengetahuan dan ketrampilan anak usia pra sekolah dalam pencegahan kekerasan seksual. Metode: Penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain kuasi eksperimen pre dan post test dengan kelompok kontrol. Sampel penelitian ini terdiri dari 40 orang siswa yang terbagi menjadi 20 siswa kelompok kontrol dan 20 siswa kelompok perlakuan. Instrumen yang digunakan untuk mengukur pengetahuan siswa terdiri dari 8 item pertanyaan valid dan reliabel yang diadopsi dari Personal Safety Questionare sedangkan ketrampilan pencegahan kekerasan seksual siswa diukur dengan menggunakan “What if†Situation Test . Kelompok perlakuan mendapatkan Program “Aku Mandiri†, sedangkan kelompok kontrol mendaptkan leaflet dengan bergambar “Aku Mampu Menjaga Diriâ€. Materi dari program “Aku Mandiri†adalah organ pribadi, sentuhan aman dan tidak aman serta cara menghadapi sentuhan tidak aman. Hasil: Berdasarkan analisis menggunakan paired t test dan wilcoxon menunjukkan bahwa nilai p kurang dari 0,05 yang berarti terdapat perbedaan  yang signifikan antara kelompok kontrol dan eksperimen setelah pemberian intervensi. Kesimpulan: Program “Aku Mandiri†mampu meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan siswa dalam pencegahan kekerasan seksual anak usia pra sekolah

References

Çeçen-eroğul, A.R. & Hasirci, O.K., 2013. The Effectiveness of Psycho-educational School-based Child Sexual Abuse Prevention Training Program on Turkish Elementary Students *. Educational Science; Theory & Practice, 13(2), pp.725–729.

Damayanti, M., Anni, C. T., & Mugiarso, H. 2016. Indonesian Journal of Guidance and Counseling. Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application, 5(1), 39–44. Retrieved from journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk

DeGue, S., Valle, L. A., Holt, M. K., Massetti, G. M., Matjasko, J. L., & Tharp, A. T. 2014. A systematic review of primary prevention strategies for sexual violence perpetration. Aggression and Violent Behavior, 19(4), 346–362. https://doi.org/10.1016/j.avb.2014.05.004

Felicia, J. P., & Pandia, W. S. S. 2017. Persepsi Guru TKI Terhadap Pendidikan Seksual Anak Usia Dini Berdasarkan Health Belief Model. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 71–82.

Kenny, M.C. et al., 2012. Teaching General Safety and Body Safety Training Skills to a Latino Preschool Male with Autism. Journal of Child and Family Studies, 22(8), pp.1092–1102. Available at: http://link.springer.com/10.1007/s10826-012-9671-4 [Accessed January 9, 2015].

Müller, A.R., Röder, M. & Fingerle, M., 2014. Child sexual abuse prevention goes online: Introducing “Cool and Safe†and its effects. Computers & Education, 78, pp.60–65. Available at: http://linkinghub.elsevier.com/retrieve/pii/S0360131514001183 [Accessed December 6, 2014].

Notoatmodjo, S. 2012. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rieneka Cipta.

Perry, S. E., Hockenberry, M., Lowdermilk, & Wilson, D. L. 2014. Maternal Child Nursing Care. (K. Cashion & Alden, Eds.). St Louis Missouri: Elsevier.

Setyawan, D., 2014. Setiap bulan 129 anak jadi korban kekerasan seksual. Available at: www.kpai.go.id/berita/kpai.

Supratiknya, A. 2011. Merancang Program dan Modul Psikoedukasi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Zhang, W. et al., 2013. Young children ’ s knowledge and skills related to sexual abuse prevention : A pilot study in Beijing , China. Child Abuse & Neglect, 37(9), pp.623–630. Available at: http://dx.doi.org/10.1016/j.chiabu.

Published

2018-10-09

Issue

Section

Artikel