Gambaran Karakteristik Anak yang Mengalami Kecanduan Bermain Game Online

Main Article Content

Rinta Intan Ayu Kiniret
Tri Susilowati

Abstract

Latar Belakang: Pengguna internet pada tahun 2014 mencapai 107 juta pengguna atau sekitar 24% dari total populasi penduduk di Indonesia. Dari data pengguna internet tersebut, diperkirakan pengguna game online di Indonesia berkisar 10.7 juta orang atau sekitar 10% dari total pengguna internet. Anak usia sekolah banyak menghabiskan waktunya untuk bermain game online, sehingga membuat anak menjadi kecanduan. Persentase anak usia sekolah yang mengalami kecanduan game online sebanyak 10,15%. Tujuan : Mendeskripsikan karakteristik anak dengan kecanduan game online di SDN Bangkleyan. Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, pengambilan sampel menggunakan teknik quota sampling dengan jumlah sampel 200, dan instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan analisa univariat untuk menghasilkan distribusi frekuensi. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar anak usia sekolah yang bermain game online adalah berusia 5-11 tahun, berjenis kelamin perempuan, berprestasi lulus dengan nilai >= 65, dan tidak mengalami kecanduan bermain game online. Kesimpulan : Siswa SDN Bangkleyan sebagian besar yang tidak mengalami kecanduan bermain game online berjenis kelamin perempuan, dan memiliki nilai >= 65 (lulus).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Kiniret, R. I. A., & Susilowati, T. (2021). Gambaran Karakteristik Anak yang Mengalami Kecanduan Bermain Game Online. ASJN (Aisyiyah Surakarta Journal of Nursing), 2(2), 42–46. https://doi.org/10.30787/asjn.v2i2.833
Section
Articles

References

CNN Indonesia. 2017. Pengguna Internet di Indonesia di Dominasi Anak Muda.

Dipetik dari http://www.cnnindonesia.com. Diakses pada 13 Januari 2019.

Fikri, M. 2012. Fenomena Game Online di Indonesia:http://edukasi.kompasiana.com. Diakses pada 13 Januari 2019.

Guno, D., C. 2018. Gambaran Perilaku Kecanduan Game Online pada Anak Usia Sekolah di Wilayah kecamatan Magetan. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.

Kartono Kartini. 2007. Psikologi Anak. Bandung: Mandar Maju.

Khotimah, N., dan Wahyu, N. 2016. Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD Teratai. Vol. 05 No. 03 : 182-186.

Kusumadewi, N.T. 2009. Hubungan Kecanduan Internet Game Online dengan Ketrampilan Sosial Remaja. Journal Psychological, hal 4.

Lee, E. 2011. A Case Study of Game Addiction. Journal addiction of nursing.

Lemmens, J. S., Valkenburg, P. M., & Peter, J. (2009). Development and validation of a game addiction scale for adolescents. Media Psychology, 12(1), 77–95. https://doi.org/10.1080/1521326080266 9458.

Rachmawati, U. 2013. Pengalaman Keluarga Mengasuh Remaja dengan Perilaku Adiksi Game Online di Kota Bogor. Tesis (tidak diterbitkan).

Rahma, A. 2015. Pengaruh Penggunaan Smartphone terhadap Aktivitas Kehidupan Siswa (Studi Kasus MAN 1 Rengat Barat). Jom Fisip, Vol. 02, No. 02, hal. 1-12.

Soetjipto. 2007. Berbagai Macam Adiksi dan Pelaksanaanya. Anima: Indonesia Psychological Journal, 84-90.

WHO. 2018. Google. Diakses 13 Februari 2018 dari https://sains.kompas.com.html.