Edukasi Kesehatan Mental untuk Mengurangi Dampak Diskriminasi di Sekolah: Tinjauan Literatur Sistematis dan Implikasi bagi Keperawatan Jiwa

Authors

DOI:

https://doi.org/10.30787/asjn.v5i2.1673

Keywords:

Adolescents, Bullying, Discrimination, Mental Health Education, Schools

Abstract

Latar Belakang: Diskriminasi di sekolah berdampak negatif pada kesehatan mental remaja, menyebabkan stres, kecemasan, dan depresi. Dampaknya juga mencakup penurunan prestasi akademik serta peningkatan risiko gangguan psikologis akibat perundungan fisik, verbal, dan cyberbullying. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas edukasi kesehatan mental dalam mengurangi dampak diskriminasi pada remaja di sekolah. Metode: Studi ini menggunakan metode tinjauan pustaka sistematis (PRISMA) melalui pencarian artikel di Google Scholar, Garuda, dan ScienceDirect. Kata kunci yang digunakan adalah "kesehatan mental", "remaja", dan "diskriminasi di sekolah". Seleksi artikel dilakukan berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi yang ketat. Hasil: Temuan menunjukkan bahwa diskriminasi di sekolah merupakan masalah signifikan yang membutuhkan intervensi berbasis edukasi kesehatan mental. Program ini terbukti meningkatkan kesadaran siswa terhadap tanda-tanda masalah kesehatan mental, strategi penanganan, dan pentingnya bantuan profesional. Kesimpulan: Kolaborasi antara pendidik, psikolog, dan perawat jiwa diperlukan untuk merancang program edukasi yang efektif. Program ini dapat mencegah, mendeteksi dini, serta menangani dampak diskriminasi, sekaligus menciptakan lingkungan sekolah yang inklusif dan mendukung kesejahteraan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Tomy Suganda, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Dosen Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Bandar Lampung, Indonesia

Shela Safrina, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Mahasiswa Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Bandar Lampung, Indonesia

Syifa Chorunnissa Erli, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Mahasiswa Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Bandar Lampung, Indonesia

Nurul Isnaini, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Dosen Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Bandar Lampung, Indonesia

References

Affa Azmi Rahman Nada, dkk. (2021). Praktik Gerakan Sekolah Menyenangkan. Yogyakarta: UAD Press.

Blake, J. J., & Darling, R. A. (2019). The impact of discrimination on adolescent identity development. Journal of Youth and Adolescence, 48(10), 1723–1736.

Bonell, C., Dodd, M., Allen, E., Bevilacqua, L., McGowan, J., Opondo, C., Sturgess, J., Elbourne, D., Warren, E., & Viner, R. M. (2020). Broader impacts of an intervention to transform school environments on student behaviour and school functioning: post hoc analyses from the INCLUSIVE cluster randomised controlled trial. BMJ open, 10(5), e031589. https://doi.org/10.1136/bmjopen-2019-031589

Dewantara, S. G., & Mulyaningsih, M. (2022). Gambaran Tingkat Pengetahuan tentang Bantuan Hidup Dasar pada Relawan PMI dalam Kesiapsiagaan Bencana. ASJN (Aisyiyah Surakarta Journal of Nursing), 3(2), 62–68. https://doi.org/10.30787/asjn.v3i2.1008

DuPont-Reyes, M. J., & Villatoro, A. P. (2019). The role of school race/ethnic composition in mental health outcomes: A systematic literature review. Journal of adolescence, 74, 71–82. https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2019.05.006

Farika, S. A., Mirza, M. N., & Romas, A. N. (2024). Promosi Kesehatan tentang Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental pada Remaja. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Kesehatan, 1(1), 69–77. https://doi.org/10.70109/jupenkes.v1i1.10

Ferdian et al (2024). Pengaruh Edukasi Kesehatan untuk Meningkatkan Pengetahuan tentang Kesehatan Mental. Mahesa: Malahayati Health Student Journal. 4(5)

Hernandez, E. I., & Schultz, J. L. (2019). The effects of discrimination on adolescent mental health. Journal of Adolescent Health, 65(4), 542-548.

Higgen, S., & Mösko, M. (2020). Mental health and cultural and linguistic diversity as challenges in school? An interview study on the implications for students and teachers. PloS one, 15(7), e0236160. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0236160

Karmila, Nurul Fauziah, Elsa Safira, M. Nur Atdeni Sadikin, Kautsar Eka Wardhana. (2021). “Diskriminasi Pendidikan Di Indonesia.” EDUCASIA Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran 6 (3): 191–203. https://www.educasia.or.id/index.php/educasia/article/view/128/82.

Khadijah, Caturini & Ariani (2024). The Effect of Education on Adolescents in Reducing the Stigma of Depression and Self Harm. Jurnal Imliah kebidanan. 7(1). https://doi.org/10.56013/jurnalmidz.v7i1.2858

Khairunnisa, Firmawati, Saadah, Anggraeni, Chandra, Erliana & Habibi (2023). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Remaja Melalui Pelatihan Remaja Bermental Tangguh. BAKTIMAS. 5 (4)

Khobir & khasanah (2020). POTRET DISKRIMINASI PENDIDIKAN: Gerakan Sosial Baru dan Perlawanan Agama Lokal “Agama Djawa Soenda. Pekalongan: NEM.

Kumar, S., Sharma, A., & Kumar, V. (2022). Effectiveness of mental health education program among adolescents. Journal of Education and Health Promotion, 11(1), 1-8.

Lestari, G. T., Mulyati, S., & Sari, V. I. (2020). Diskriminasi Dalam Novel Anak Semua Bangsa Karya Pramoedya Ananta Toer Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA. Widya Accarya, 11(2), 139-146.

Leuwol, F. S., Jamin, N. S., & Ayu, S. K. (2023). Psikologi Multikultural dalam Praktik: Menghadapi Tantangan Kesejahteraan Mental di Era Global dengan Pemahaman dan Pendekatan yang Beragam. Jurnal Multidisiplin West Science, 2(08), 649–659. https://doi.org/10.58812/jmws.v2i08.578

Liguid, M. J. A., & Cuartero, S. R. (2022). Mental health education: An intervention on stigma on help-seeking behavior among adolescents. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 24(2). https://doi.org/10.26486/psikologi.v24i2.2228

Maya, N. (2021). Kontribusi Literasi Kesehatan Mental dan Persepsi Stigma Publik terhadap Sikap Mencari Bantuan Profesional Psikologi. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 7(1), 22. https://doi.org/10.22146/gamajop.5847 0

Olyani, S., Gholian Aval, M., Tehrani, H., & Mahdiadeh, M. (2021). School-Based Mental Health Literacy Educational Interventions in Adolescents: A Systematic Review. Journal of Health Literacy, 6(2), 69-77. doi: 10.22038/jhl.2021.58551.1166

Quek, T. T. C., Tam, W. W. S., Tran, B. X.,Zhang, M., Zhang, Z., Ho, C. S. H., & Ho, R. C. M. (2019). The global prevalence of anxiety amongmedical students: A meta-analysis

Shelemy, L., Harvey, K., & Waite, P. (2019). Supporting students’ mental health in schools: What do teachers want and need? Emotionoal and Behavioural Difficulties, 24.https://doi.org/10.1080/13632752.2019.158272

Sudrajat 2023). Kontribusi Pendidikan Agama pada Kesehatan Mental Remaja Di Lingkungan Sekolah. Jurnal Tinta, Vol. 5 No 1,

UNESCO. (2019). Global Education Monitoring Report 2019. Paris: UNESCO.

Wang, Y., & Ecclestone, K. (2020). The impact of school bullying and discrimination on adolescent well-being. Journal of Educational Psychology, 112(5), 851-863.

Windar, Wahidin & Rasyid (2022). Diskriminasi Keagamaan dan Kebudayaan terhadap Masyarakat Digital. SOSIOLOGIA : Jurnal Agama dan Masyarakat.

World Health Organization. (2019). Mental Health in Schools. Geneva: WHO.

World Health Organization. (2022). Report of the 2019 global school-based student health survey in Viet Nam.

Yosep, I., Pramukti, I., Agustina, H. R., Kurniawan, K., Agustina, H. S., & Hikmat, R. (2023). TripleP e-Parenting to Improve Awareness of Psychiatric Nurses on Preventing Cyberbullying in Adolescents. In Healthcare (Vol. 11, Issue 1). https://doi.org/10.3390/healthcare11010019

Published

2024-12-24

How to Cite

Suganda, T., Safrina, S., Erli, S. C., & Isnaini, N. (2024). Edukasi Kesehatan Mental untuk Mengurangi Dampak Diskriminasi di Sekolah: Tinjauan Literatur Sistematis dan Implikasi bagi Keperawatan Jiwa. ASJN (Aisyiyah Surakarta Journal of Nursing), 5(2), 157–167. https://doi.org/10.30787/asjn.v5i2.1673

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.