Edukasi Kesehatan Mental untuk Mengurangi Dampak Diskriminasi di Sekolah: Tinjauan Literatur Sistematis dan Implikasi bagi Keperawatan Jiwa
DOI:
https://doi.org/10.30787/asjn.v5i2.1673Keywords:
Adolescents, Bullying, Discrimination, Mental Health Education, SchoolsAbstract
Latar Belakang: Diskriminasi di sekolah berdampak negatif pada kesehatan mental remaja, menyebabkan stres, kecemasan, dan depresi. Dampaknya juga mencakup penurunan prestasi akademik serta peningkatan risiko gangguan psikologis akibat perundungan fisik, verbal, dan cyberbullying. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas edukasi kesehatan mental dalam mengurangi dampak diskriminasi pada remaja di sekolah. Metode: Studi ini menggunakan metode tinjauan pustaka sistematis (PRISMA) melalui pencarian artikel di Google Scholar, Garuda, dan ScienceDirect. Kata kunci yang digunakan adalah "kesehatan mental", "remaja", dan "diskriminasi di sekolah". Seleksi artikel dilakukan berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi yang ketat. Hasil: Temuan menunjukkan bahwa diskriminasi di sekolah merupakan masalah signifikan yang membutuhkan intervensi berbasis edukasi kesehatan mental. Program ini terbukti meningkatkan kesadaran siswa terhadap tanda-tanda masalah kesehatan mental, strategi penanganan, dan pentingnya bantuan profesional. Kesimpulan: Kolaborasi antara pendidik, psikolog, dan perawat jiwa diperlukan untuk merancang program edukasi yang efektif. Program ini dapat mencegah, mendeteksi dini, serta menangani dampak diskriminasi, sekaligus menciptakan lingkungan sekolah yang inklusif dan mendukung kesejahteraan siswa.
Downloads
References
Affa Azmi Rahman Nada, dkk. (2021). Praktik Gerakan Sekolah Menyenangkan. Yogyakarta: UAD Press.
Blake, J. J., & Darling, R. A. (2019). The impact of discrimination on adolescent identity development. Journal of Youth and Adolescence, 48(10), 1723–1736.
Bonell, C., Dodd, M., Allen, E., Bevilacqua, L., McGowan, J., Opondo, C., Sturgess, J., Elbourne, D., Warren, E., & Viner, R. M. (2020). Broader impacts of an intervention to transform school environments on student behaviour and school functioning: post hoc analyses from the INCLUSIVE cluster randomised controlled trial. BMJ open, 10(5), e031589. https://doi.org/10.1136/bmjopen-2019-031589
Dewantara, S. G., & Mulyaningsih, M. (2022). Gambaran Tingkat Pengetahuan tentang Bantuan Hidup Dasar pada Relawan PMI dalam Kesiapsiagaan Bencana. ASJN (Aisyiyah Surakarta Journal of Nursing), 3(2), 62–68. https://doi.org/10.30787/asjn.v3i2.1008
DuPont-Reyes, M. J., & Villatoro, A. P. (2019). The role of school race/ethnic composition in mental health outcomes: A systematic literature review. Journal of adolescence, 74, 71–82. https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2019.05.006
Farika, S. A., Mirza, M. N., & Romas, A. N. (2024). Promosi Kesehatan tentang Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental pada Remaja. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Kesehatan, 1(1), 69–77. https://doi.org/10.70109/jupenkes.v1i1.10
Ferdian et al (2024). Pengaruh Edukasi Kesehatan untuk Meningkatkan Pengetahuan tentang Kesehatan Mental. Mahesa: Malahayati Health Student Journal. 4(5)
Hernandez, E. I., & Schultz, J. L. (2019). The effects of discrimination on adolescent mental health. Journal of Adolescent Health, 65(4), 542-548.
Higgen, S., & Mösko, M. (2020). Mental health and cultural and linguistic diversity as challenges in school? An interview study on the implications for students and teachers. PloS one, 15(7), e0236160. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0236160
Karmila, Nurul Fauziah, Elsa Safira, M. Nur Atdeni Sadikin, Kautsar Eka Wardhana. (2021). “Diskriminasi Pendidikan Di Indonesia.” EDUCASIA Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran 6 (3): 191–203. https://www.educasia.or.id/index.php/educasia/article/view/128/82.
Khadijah, Caturini & Ariani (2024). The Effect of Education on Adolescents in Reducing the Stigma of Depression and Self Harm. Jurnal Imliah kebidanan. 7(1). https://doi.org/10.56013/jurnalmidz.v7i1.2858
Khairunnisa, Firmawati, Saadah, Anggraeni, Chandra, Erliana & Habibi (2023). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Remaja Melalui Pelatihan Remaja Bermental Tangguh. BAKTIMAS. 5 (4)
Khobir & khasanah (2020). POTRET DISKRIMINASI PENDIDIKAN: Gerakan Sosial Baru dan Perlawanan Agama Lokal “Agama Djawa Soenda. Pekalongan: NEM.
Kumar, S., Sharma, A., & Kumar, V. (2022). Effectiveness of mental health education program among adolescents. Journal of Education and Health Promotion, 11(1), 1-8.
Lestari, G. T., Mulyati, S., & Sari, V. I. (2020). Diskriminasi Dalam Novel Anak Semua Bangsa Karya Pramoedya Ananta Toer Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA. Widya Accarya, 11(2), 139-146.
Leuwol, F. S., Jamin, N. S., & Ayu, S. K. (2023). Psikologi Multikultural dalam Praktik: Menghadapi Tantangan Kesejahteraan Mental di Era Global dengan Pemahaman dan Pendekatan yang Beragam. Jurnal Multidisiplin West Science, 2(08), 649–659. https://doi.org/10.58812/jmws.v2i08.578
Liguid, M. J. A., & Cuartero, S. R. (2022). Mental health education: An intervention on stigma on help-seeking behavior among adolescents. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 24(2). https://doi.org/10.26486/psikologi.v24i2.2228
Maya, N. (2021). Kontribusi Literasi Kesehatan Mental dan Persepsi Stigma Publik terhadap Sikap Mencari Bantuan Profesional Psikologi. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 7(1), 22. https://doi.org/10.22146/gamajop.5847 0
Olyani, S., Gholian Aval, M., Tehrani, H., & Mahdiadeh, M. (2021). School-Based Mental Health Literacy Educational Interventions in Adolescents: A Systematic Review. Journal of Health Literacy, 6(2), 69-77. doi: 10.22038/jhl.2021.58551.1166
Quek, T. T. C., Tam, W. W. S., Tran, B. X.,Zhang, M., Zhang, Z., Ho, C. S. H., & Ho, R. C. M. (2019). The global prevalence of anxiety amongmedical students: A meta-analysis
Shelemy, L., Harvey, K., & Waite, P. (2019). Supporting students’ mental health in schools: What do teachers want and need? Emotionoal and Behavioural Difficulties, 24.https://doi.org/10.1080/13632752.2019.158272
Sudrajat 2023). Kontribusi Pendidikan Agama pada Kesehatan Mental Remaja Di Lingkungan Sekolah. Jurnal Tinta, Vol. 5 No 1,
UNESCO. (2019). Global Education Monitoring Report 2019. Paris: UNESCO.
Wang, Y., & Ecclestone, K. (2020). The impact of school bullying and discrimination on adolescent well-being. Journal of Educational Psychology, 112(5), 851-863.
Windar, Wahidin & Rasyid (2022). Diskriminasi Keagamaan dan Kebudayaan terhadap Masyarakat Digital. SOSIOLOGIA : Jurnal Agama dan Masyarakat.
World Health Organization. (2019). Mental Health in Schools. Geneva: WHO.
World Health Organization. (2022). Report of the 2019 global school-based student health survey in Viet Nam.
Yosep, I., Pramukti, I., Agustina, H. R., Kurniawan, K., Agustina, H. S., & Hikmat, R. (2023). TripleP e-Parenting to Improve Awareness of Psychiatric Nurses on Preventing Cyberbullying in Adolescents. In Healthcare (Vol. 11, Issue 1). https://doi.org/10.3390/healthcare11010019
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tomy Suganda, Shela Safrina, Syifa Chorunnissa Erli, Nurul Isnaini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.