Personal Sosial Anak Pre School di PAUD Fullday dan Reguler di Wilayah Surakarta

Main Article Content

Sri Hartutik
Avi Arista
Annisa Andriyani

Abstract

Latar Belakang: Masa usia dini adalah masa keemasan , masa ini merupakan masa terbaik dalam proses belajar yang hanya sekali dan tidak pernah terulang kembali. Hal yang terpenting dalam perkembangan anak ialah perkembangan sikap sosialnya. Likungan sangat berpengaruh terhadap perkembangan personal sosialnya. Lingkungan sangat berpengaruh terhadap personal sosial anak. Anak yang mendapatkan stimulasi yang terarah dan teratur akan berkembang dengan baik, salah satunya pada pendidikan prasekolah seperti pendidikan anak usia dini (PAUD). PAUD dilihat dari jenisnya dibedakan menjadi PAUD fullday dan PAUD regular. Metode: observasional analitik dengan pendekatan cross sectional yang membandingkan anak yang sekolah di PAUD full day dan PAUD regular. Sampel terdiri dari 68 anak yang sekolah di PAUD full day dan 97 anak yang sekolah di PAUD regular di Surakarta. Teknik pengambilan sempel secara simple random sampling. Metode pengumpulan data dengan tes Denver. Hasil: Setelah dilakukan analisis data menggunakan uji Mann Whitney didapatkan nilai p<0.005 (p<0.005) untuk perkembangan personal social Kesimpulan: Perkembangan personal sosial anak yang sekolah di PAUF fullday lebih baik dari pada anak yang sekolah di PAUD regular.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hartutik, S., Arista, A., & Andriyani, A. (2021). Personal Sosial Anak Pre School di PAUD Fullday dan Reguler di Wilayah Surakarta. ASJN (Aisyiyah Surakarta Journal of Nursing), 2(1), 12–19. https://doi.org/10.30787/asjn.v2i1.829
Section
Articles

References

Adriana, D. 2011. Tumbuh Kembang dan Terapi Bermain pada Anak. Salemba Medika. Jakarta Selatan.

Andriyani A. Suratih K. Haryanto. Indarwati. 2021. Perkembangan anak pra sekolah pada paud regular. Public Health and Safety International Journal. Vol 2 (1).

Asthiningsi dan Muflihatin. 2017. Gambaran Perkembangan Personal Sosial, Adaptif-Motorik Halus, Bahasa, Dan Personal Sosial Pada Anak Balita Dengan Metode DDST II Di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Juanda Samarinda. Jurnal Ilmu Kesehatan 5(1).

Anggreni, N.A. (2013). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Manfaat Bermain Dengan Perkembangan Personal Sosial Anak Prasekolah (3-6 Tahun) Di Tk (Taman Kanak-Kanak) Pertiwi Jembungan, Banyudono, Boyolali. Naskah Publikasi: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Cahyan, Fitriana. 2013. Perbedaan perbedaan perkembangan personal sosial antara anak Yang sekolah di tk Full day Dan tk reguler di Surakarta. Skripsi.

Dadang Kusbiyantoro. 2015. Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Prasekolah di TK ABA 1 Lamongan. Jurnal keperawatan 7(1).

Fida dan Maya, 2012. Pengantar Ilmu Kesehatan Anak, Penerbit D-Medika, Yogyakarta.

Heri Saputro, dan Talan. 2017. Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Psikososial Pada Anak Prasekolah. Journal Of Nursing Practice 1(1).

Hidayat, Aziz Alimul. (2006). Pengantar Ilmu Keperawatan Anak. Jakarta : Salemba Medika.

Keyle Terri, 2015. Buku Ajar Keperawatan Pediatri, Penerbit Buku Kedokteran, EGC.

Mansyur,2019. Psikologi Ibu dan Anak untuk Kebidanan. Jakarta : Salemba Medika.

Maryunani Anik, 2014, Asuhan Neonatus, Bayi, Balita dan Anak Pr-Sekolah, Penerbit: In Media.

Melta Rudyani. Astuti Tri Indra. Susanto Hery. Perbedaan Antara Program Full Day School Dan Reguler Terhadap Perkembangan Psikososial Siswa Smp Negeri Di Kecamatan Ngaliyan Buku Proceeding Unissula Nursing Conference. Unisula Press.

Masnipal. 2018. Menjadi Guru Profesional. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Mulyasa, 2012. Manajemen PAUD, Penerbit: PT.Remaja Rosdakarya, Bandung.

Mursid. 2015. Belajar dan Pembelajaran PAUD. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Musyafirah, Andriani, dan Hapsah. Related Factors Of Social Personal Task Achievement Of Preschool Children. Indonesian Contemporary Nursing Journal 1(1) : 31-37.

Marimbi, Hanum. (2010). Tumbuh Kembang, Status Gizi dan Imunisasi dasar pada anak balita. Yogyakarta : Nuha Medika.

Setiyaningrum, E. 2017. Buku Ajar Tumbuh Kembang Anak Usia 0-12 Tahun. Endo Media Pustaka. Sidoharjo.

Soetjiningsih., dan Ranuh. 2014. Tumbuh Kembang Anak. Edisi 2. EGC. Jakarta.

Sulistyawati, A. 2014. Deteksi Tumbuh Kembang Anak. Salemba Medika. Jakarta Selatan

Suryani, E, & Badi’ah, A. 2017. Asuhan Keperawatan Anak. Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: PT. Pustaka Baru.

Suharsono, J.T., Fitriani, A., Upoyo, A.S. (2009). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemampuan Sosialisasi Pada Anak Prasekolah Di Tk Pertiwi Purwokerto Utara. Jurnal Keperawatan Soedirman (The Soedirman Journal of Nursing) 4 (3).

Syamsu, 2008. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sari, Tria Puspita. 2016. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Anak Usia Pra Sekolah di TKIT Al Mukmin. PROFESI 13 (2).

Tika, Siyella.Fauziyah Fujiyanti. 2020. Kelebihan program full day pada pendidikan anak usia dini. Jurnal pendidikan anak usia dini. Vol 2 (2) : 155-1166

Trisnawati, Eka. (2013). Hubungan Pemenuhan Gizi Seimbang Dengan Perkembangan Personal Sosial Anak Usia Prasekolah Di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. Skripsi:Universitas Jember.

Wulansari, Fitri. (2010). Perbandingan Perkembangan Personal Sosial Anak Usia Prasekolah Berdasarkan Pola Asuh Orangtua dalam Stimulasi Tumbuh Kembang di TK ABA Dadapan Sidoagung Godean Sleman Yogyakarta. Naskah Publikasi: STIKES AISYIYAH Yogyakarta.

Warsito O, Khomsan A, Hernawati N, Anwar F. Relationship between nutritional status, psychosocial stimulation, and cognitive development in preschool children in Indonesia. Nutr Res Pract [Internet]. 2012 Oct;6(5):451–7.Available from: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23198025

Yuliastanti, Triani. 2016. Pola Asuh dan Perkembangan Anak Usia 2-3 Tahun. Jurnal Kebidanan 8(2) https://www.journal.stikeseub.ac.id

Yuniarti, S. 2015. Asuhan Tumbuh Kembang Neonatus Bayi-Balita dan Anak Prasekolah. PT Refika Aditama. Bandung