Kesiapsiagaan Bencana Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Peukan Bada Aceh Besar di Kawasan Rawan Bencana Gempa Bumi dan Tsunami

Authors

  • Desiana Desiana Poltekkes Kemenkes Aceh
  • Afdhal Afdhal Poltekkes Kemenkes Aceh
  • Rizki Wan Okta Bina Poltekkes Kemenkes Aceh

DOI:

https://doi.org/10.30787/asjn.v4i2.1353

Keywords:

Disaster, Earthquake, Preparedness, Tsunami

Abstract

Latar Belakang: Indonesia merupakan daerah rawan bencana. Anak-anak akan sangat sulit mengambil keputusan bila terjadi ancaman bencana. Promosi kesehatan yang dilakukan secara berkesinambungan merupakan cara yang tepat untuk meningkatkan pengetahuan dan intensi perilaku siap-siaga dengan cara melatih dan membiasakan siswa dalam menghadapi segala bentuk bencana, sehingga dapat mengurangi jumlah korban. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi dan Tsunami pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Peukan Bada Aceh Besar. Metodelogi: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini  berjumlah 13. Instrumen menggunakan pedoman wawancara dengan pertanyaan terbuka yang dimodifikasi dari kuesioner LIPI-UNESCO/ISDR. Analisis data dilakukan melalui 3 kegiatan: reduksi data, penyajian data yang dilakukan secara naratif dalam bentuk teks naratif, tabel, bagan dan gambar, pengambilan kesimpulan dengan mencari penjelasan dari pola-pola, konfigurasi, alur sebab akibat dari data yang didapatkan. Hasil: dari penelitian ini didapatkan bahwa kesiapsiagaan bencana siswa di SMP N 2 Peukan Bada yang meliputi kebijakan pendidikan terkait kesiapsiagaan bencana, rencana tanggap darurat, sistem peringatan bencana dan mobilisasi sumber daya sudah dilaksanakan dengan baik. Kesimpulan: Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi dan Tsunami pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Peukan Bada Aceh Besar dilaksanakan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Ayub, S., Makhrus, M., Arduha, J., Verawati, N. N. S. P., & Kosim, K. (2019). Kesiapsiagaan bencana gempabumi di SMP Negeri 2 Mataram. Prosiding PEPADU, 1, 273–281.

Bisri, A. M. (2020). Studi Analisis Komite Sekolah/Madrasah Dalam Mengawal Kualitas Pendidikan. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 51–64.

Handayani, N., & Hartutik, S. (2021). Gambaran Kesiapsiagaan Masyarakat di Daerah Rawan Longsor. ASJN (Aisyiyah Surakarta Journal of Nursing), 2(2 SE-Articles), 61–69. https://doi.org/10.30787/asjn.v2i2.836

Heryana, A. (2020). Pengertian dan Jenis-Jenis Bencana. Jakarta: Universitas Esa Unggul.

Leelawat, N., Suppasri, A., Latcharote, P., Abe, Y., Sugiyasu, K., & Imamura, F. (2018). Tsunami evacuation experiment using a mobile application: A design science approach. International Journal of Disaster Risk Reduction, 29, 63–72.

Maryana, M. (2022). Buku Model Interprofesional Education Krisis Kesehatan Akibat Bencana. Poltekkes Jogja Press.

Oktari, R. S., Shiwaku, K., Munadi, K., & Shaw, R. (2018). Enhancing community resilience towards disaster: The contributing factors of school-community collaborative network in the tsunami affected area in Aceh. International Journal of Disaster Risk Reduction, 29, 3–12.

Pusat Penanggulangan Krisis Kesehatan. (2012). Data Kejadian Bencana Alam Di Provinsi Aceh Dan Laporan Kejadian Gempa Bumi.

Rahma, A. (2018). Implementasi program pengurangan risiko bencana (PRB) melalui pendidikan formal. Jurnal Varidika, 30(1), 1–11.

Sakurai, A., Bisri, M. B. F., Oda, T., Oktari, R. S., Murayama, Y., & Affan, M. (2018). Exploring minimum essentials for sustainable school disaster preparedness: A case of elementary schools in Banda Aceh City, Indonesia. International Journal of Disaster Risk Reduction, 29, 73–83.

Seni, O. S. (2021). Kepemimpinan Pendidikan Di Sekolah. Atma Reksa: Jurnal Pastoral Dan Kateketik, 5(2), 25–35.

Shofa, M. J., & Sahrupi, S. (2021). Perilaku Evakuasi Bencana dengan Pendekatan Simulasi: Studi Literatur. Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian Dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri, 7(2), 116–121.

Titko, M., & Ristvej, J. (2020). Assessing importance of disaster preparedness factors for sustainable disaster risk management: The case of the Slovak Republic. Sustainability, 12(21), 9121.

Tyas, R. A., Pujianto, P., & Suyanta, S. (2020). Evaluasi manajemen Program Sekolah Siaga Bencana (SSB). Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), 10–23.

Utari, D., Muarofah, D., Mar’atussolihat, M., Ningsih, A. W., Pramesti, A. A., & Anwar, E. S. (2021). Membentuk Keluarga Tangguh Bencana.

Wilkinson, E., Pforr, T., & Weingärtner, L. (2020). Integrating ‘anticipatory action’in disaster risk management. Overseas Development Institute, London.

Yasin, I. (2021). Problem Kultural Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia: Perspektif Total Quality Management. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 239–246.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Desiana, D., Afdhal, A., & Rizki Wan Okta Bina. (2023). Kesiapsiagaan Bencana Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Peukan Bada Aceh Besar di Kawasan Rawan Bencana Gempa Bumi dan Tsunami. ASJN (Aisyiyah Surakarta Journal of Nursing), 4(2), 81–88. https://doi.org/10.30787/asjn.v4i2.1353

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)