Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget terhadap Status Gizi pada Siswa SMK Batik 2 Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.30787/asjn.v3i1.897Keywords:
Intensitas penggunaan gadget, status gizi, siswaAbstract
Latar Belakang : Persentase gadget remaja SMA Kota Solo usia 14-19 tahun persentasenya sebesar 32%. Intensitas penggunaan gadget merupakan salah satu hal yang termasuk dalam faktor tidak langsung yang mempengaruhi status gizi. Apabila semakin tinggi intensitas penggunaan gadget maka kecenderungan indeks massa tubuh semakin tinggi. Hal ini disebabkan karena individu melakukan intensitas penggunaan gadget hanya dengan berdiri, duduk, atau berbaring sehingga terjadi ketidakseimbangan antara energi yang masuk dan energi yang keluar. Tujuan : Untuk mengetahui intensitas penggunaan gadget terhadap status gizi pada siswa SMK Batik 2 Surakarta. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode analitik dengan pendekatan cross-sectional. Hasil : Hasil penelitian ini diperoleh dari 89 siswa dengan intensitas penggunaan gadget tinggi sebanyak 74 siswa (83,1%) dengan kategori status gizi normal sebanyak 52 siswa (58,4%). Hasil dari uji Spearman Rank Correlation di dapatkan hasil nilai p value sebesar value sebesar <0,05. Hal ini menunjukkan ada hubungan intensitas penggunaan gadgetterhadap status gizi pada siswa SMK Batik 2 Surakarta. Kesimpulan : Ada hubungan intensitas penggunaan gadget terhadap status gizi pada siswa SMK Batik 2 Surakarta. Pihak keluarga maupun sekolah lebih memperhatikan anak dalam menggunakan gatget.Downloads
References
Damayanti, R. A. (2017) Hubungan Penggunaan Gadget dengan Pencapaian Tugas Perkembangan Anak Usia Remaja Awal SDN di Kecamatan Godean. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Iswidharmanjaya, D. (2014) Bila Si Kecil Bermain Gadget: Panduan bagi orang tua untuk memahami factor-faktor penyebab anak kecanduan gadget (Vol. 1). Yogyakarta: Beranda Agency.
Kadita H.S, F. & W. (2017) “Hubungan konsumsi kopi dan screen-time dengan lama tidur dan status gizi pada dewasa,” Journal of Nutrition College, 6(4), hal. 301–306.
Kiniret, R. I. A. dan Susilowati, T. (2021) “Gambaran Karakteristik Anak yang Mengalami Kecanduan Bermain Game Online” Aisyiyah Surakarta Journal of Nursing, 2(2), hal. 9–13. https://jurnal.aiska-university.ac.id/index.php/ASJN/article/view/833
Kumala A; Rahadiyanti, A, A. M. M. (2019) “Hubungan antara durasi penggunaan alat elektronik (gadget), aktivitas fisik dan pola makan dengan status gizi pada remaja usia 13-15 tahun,” Journal of Nutrition College, 8(2), hal. 73–80.
Marmi (2014) Gizi Dalam Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ningrum S, D. M. A. & G. (2019) Hubungan Screen Time dengan Indeks Massa Tubuh pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tersedia pada: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/71149.
Noor, M. F. (2014) “Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty King Thai Tea Bandung,” IMAGE, 3(2), hal. 127–140.
Pratiwi, A. N. (2018) Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Overweight Pada Remaja Di SMP Methodist 1 Ppalembang 2018, Universitas Sriwijaya.
Saifullah, M. (2017) “Hubungan Penggunaan Gadget Terhadap Pola Tidur Pada Anak Sekolah Di UPT SDN Gadingrejo II Pasuruan,” Perpustakaan Universitas Airlangga, hal. 1–56.
Sari, R. (2012) Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Status Gizi Remaja Usia 12-15 tahun di Indonesian Tahun 2007 (Analisis Data Sekunder Riskesda Tahun 2007).
Tanjung, F. S., Huriyati, E. dan Ismail, D. (2017) “Intensitas Penggunaan Gadget Pada Anak Prasekolah Yang Kelebihan Berat Badan Di Yogyakarta (Intensity Of Gadget Use Among Overweight Preschool Children In Yogyakarta),” Berita Kedokteran Masyarakat Journal of Community Medicine and Public Health, 33(12), hal. 603–608.
Triwibowo M.E, C. & P. (2015) Pengantar dasar ilmu kesehatan masyarakat. Yogyakarta: Nuha Medika.
Wijanarko I.E, I. J. & S. (2016) Ayah ibu baik Parenting Era Digital. Jakarta: Keluarga Indonesia Bahagia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 ASJN (Aisyiyah Surakarta Journal of Nursing)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.