Gambaran Tingkat Stres pada Remaja yang Bermain Game Online di Desa Kentong Kecamatan Cepu
DOI:
https://doi.org/10.30787/asjn.v2i1.830Keywords:
Stres, Game Online, Usia, Jenis Kelamin, Lama Bermain Game Online.Abstract
Latar Belakang: Stres adalah suatu reaksi fisik dan psikis terhadap setiap tuntutan yang menyebabkan ketegangan dan mengganggu stabilitas kehidupan sehari-hari. Faktor pemicu stres pada remaja adalah stres akademik. Stres akademik dikarenakan lamanya belajar di Sekolah, banyaknya tugas dan kecemasan dalam menghadapi ujian. Salah satu cara yang dilakukan remaja untuk mengatasi stres akademik berupa bermain game online. Tujuan: untuk mendeskripsikan tingkat stres yang terjadi pada remaja yang bermain game online di Desa Kentong Kecamatan Cepu. Metode: Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif, teknik pengambilan data menggunakan Total Sampling, sampel 64 responden, instrumen penelitian kuisioner. Hasil: hasil analisis univariate di ketahui tingkat stres sedang pada remaja terhadap game online 14 orang (21.9%), tingkat stres ringan pada remaja laki-laki dengan usia 13-15 tahun 13 orang (100.0%), tingkat stres ringan pada remaja laki-laki 13 orang (100.0%), tingkat stres sangat berat pada remaja dengan lamanya bermain game online selama 21- 30 jam dalam seminggu 8 orang (61.5%). Kesimpulan: gambaran tingkat stres sedang pada remaja terhadap game online, tingkat stres ringan pada laki-laki dan usia remaja 13-15 tahun, tingkat stres sangat berat pada remaja dengan lamanya bermain game online selama 21-30 jam dalam seminggu.
Downloads
References
Azmyl, A. N., Achmad, J. N., dan Eka, S. Y. 2017. Deskripsi Gejala Stres Akademik dan Kecenderungan Pilihan Strategi Koping Siswa Berbakat. Indonesian Journal of Educational Counseling 1(2): 197-208.
Falupi, R. N. 2017. Self Awareness Diabetes Militus pada Karyawan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Yogyakarta
Febriandari, D., Fathra, A. N., Siti, R. H. D. 2016. Hubungan Kecanduan Bermain Game Online Terhadap Identitas Diri Remaja. Jurnal Keperawatan Jiwa 4(1): 50-56.
Indriani, L. 2015. Pengaruh Pendapatan, Gaya Hidup, dan Jenis Kelamin terhadap Tingkat Konumsi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Kusumawati, R. Yolivia. I. A. Yosi. M. 2017. Perbedaan Tingkat Kecanduan (Adiksi) Games Online pada Remaja ditinjau dari Gaya Pengasuhan. Jurnal RAP UNP 8(1) 88-99.
Newzoo. 2017. Data Pengguna Game Online. Newzoo. Tersedia di https://newzoo.com (diakses tanggal 23 November 2018).
Prawitasih, C. R. 2017. Pengaruh Lama Berada di Sekolah (Full Day) terhadap Personal Sosial Anak Usia Sekolah di SMP 7 Muhammadiyah Surakarta. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.
Rohman. M. A. 2018. Kejunahan Belajar pada Siswa di Sekolah Dasar Full Day School. Naskah Publikasi Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Surabaya.
Rokom. 2018. Inilah Dampak Kecanduan Game Online. Media Release. 06 Juli. Sehat Negeriku. Tersedia di sehatnegeriku.kemkes.go.id (diakses tanggal 06 Desember 2019).
Santoso, Y. R. D., dan Purnomo, Y. T. 2017. Hubungan Kecanduan Game Online terhadap Penyesuaian Sosial pada Remaja. Jurnal Humaniora Yayasan Bima Darma 4(1): 027-044.
Simangunsong, S., dan Dian, R. S. 2017. Hubungan Stress dan Kecanduan Smartphone pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Surakarta. Jurnal Empati 6(4): 52-66.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta. Bandung.
Sutjianto, M., Kandou, G. D., Tucinan, A. A. T. 2015. Hubungan Fakor Internal dan Eksternal dengan Tingkat Stres pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado. JIKMU 5(1): 30-42.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 ASJN (Aisyiyah Surakarta Journal of Nursing)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.