Sumber Daya Terhadap Pencapaian Indikator Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan (KBPKP) di Puskesmas Kota Palembang

Authors

  • Siti Halimatul Munawarah Fakultas kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya
  • M. Misnaniarti Fakultas kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya
  • I. Isnurhadi Fakultas kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.30787/gaster.v18i1.415

Keywords:

Pencapaian, KBPKP, Puskesmas

Abstract

Pencapaian target indikator Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan (KBPKP) di Puskesmas Kota Palembang dinilai belum optimal karena sebagian besar Puskesmas belum menerima pembayaran kapitasi 100% karena tidak dapat memenuhi ketiga indikator komitmen layanan. Sebanyak 63% Puskesmas tidak memenuhi indikator Angka Kontak; 44% Puskesmas tidak memenuhi indikator Rasio Peserta Prolanis Rutin Berkunjung dan 5% Puskesmas tidak memenuhi indikator Rasio Rujukan Non Spesialistik. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis Faktor Pencapaian Indikator KBPKP di Puskesmas Kota Palembang. Desain penelitian cross sectional. Populasi penelitian ini total sampling, yaitu 41 pemegang program KBPKP Puskesmas Kota Palembang. Data dalam penelitian ini diambil melalui penyebaran kuesioner, wawancara, observasi dengan analisis univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukkan staf (p=0,000); informasi (p=0,001); wewenang (p=0,001); sarana prasarana (p=1,000). Ada hubungan antara staf, informasi, wewenang terhadap Pencapaian Indikator KBPKP di Puskesmas Kota Palembang. Tidak ada hubungan antara sarana prasarana terhadap Pencapaian Indikator KBPKP di Puskesmas Kota Palembang.

References

Azwar, A. 2010. Pengantar Administrasi Kesehatan. Edisi Ketiga. Binarupa Aksara Publisher. Tangerang

Basri, M., Ziglari, F., Abadi, A. 2013. Study Effective Factors on Employees’ Empowerment by a Model Based on Conger & Kanungo Model; Case Study: Social Security Organization of Bandar Abbas (Iran). International Journal of Management. 8 (7): 34-45.

BPJS Kesehatan. 2017. Peraturan Bersama Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Dan Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Nomor HK.01.08/III/980/2017 Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pembayaran Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan Pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. Jakarta.

BPJS Kesehatan Kantor Cabang Utama Palembang. 2018. Data Capaian Indikator Komitmen Pelayanan Pada Penilaian Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan di Puskesmas Kota Palembang. Palembang. BPJS Kesehatan

Budiman, R. C. 2018. Analisis Peningkatan Kapitasi Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan pada Puskesmas di Kota Palembang. (Tesis). Palembang. Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya.

Fransiska, A. 2018. Analisis Pemenuhan Indikator Komitmen Pelayanan pada Pelaksanaan Pembayaran Kapitasi di Puskesmas Makrayu Kota Palembang. (Skripsi). Indralaya. Universitas Sriwijaya.

Gloria C, Joy de B. 2014. The Imperative for Health Promotion in Universal Health Coverage. Global Health: Science and Practice. 2 (1): 10-22.

Gosden, T., Forland F, Kristiansen IS, Sutton M, Leese B, Giuffrida A, Sergison M, Pedersen. 2006. Capitation, salary, fee-for-service and mixed systems of payment: effects on the behaviour of primary care physicians. The Cochrane Collaboration, Published by John Wiley & Sons, Ltd

Lahijani, P. F., Nojedhi, P., Haghanipour, A. 2012. Human Resource Empowerment Strategies in Development Projects. International Journal of Engineering Research and Applications (IJERA), 2 (3): 2760-2761.

Latifah, Ita dan Maryati Husnah. 2018. Analisis Pelaksanaan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) BPJS Kesehatan pada Pasien Hipertensi di UPTD Puskesmas Tegal Gundil Kota Bogor. HEARTY Jurnal Kesehatan Masyarakat Vol.6 No.2.ISSN. 2620-7869

Malik, A.H., 2015. Analisis Peran Dokter Layanan Primer sebagai Gatekeeper di Era Jaminan Kesehatan Nasional. Kongres InaHEA II. Jakarta: Perhimpunan Dokter Umum Indonesia.

Maulidha, F.I. 2016. Gambaran Penerapan Bridging Sistem Antara Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS) dengan Primary Care (P-Care) Di Puskesmas Umbulharjo I Kota Yogyakarta. (Tesis). Yogyakarta. Universitas Gajah Mada.

Prasetyowati, A., dan Kushartanti, R. 2018. User Satisfaction Analysis of Primary Care Information Systems in Semarang City with EUCS Model. Unnes Journal of Public Health 7 (2), pISSN 2252-6781; eISSN 2584-7604.

Purlimaningsih, N.P., Suarjana, K., Januraga, P.P. 2017. The Role of Communication Contact in Capitation Implementation at Public Health Centres in Denpasar. Public Health and Preventive Medicine Archive. December 2017, 5 (2); hal 197-204.

Putri, A.K., dan Sjafi’i, A. 2015. Kualitas Pelayanan Puskesmas Wonokusumo Kota Surabaya. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, hal 1038-1051.

Rahma, A., Arso, S.P., Suparwati, A. 2015. Implementasi Fungsi Pokok Pelayanan Primer Puskesmas Sebagai Gatekeeper dalam Program JKN (Studi di Puskesmas Juwana Kabupaten Pati). Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal) Vol 3 No 3, April 2015 (ISSN: 2356-3346)

Republik Indonesia. 2004. Undang-Undang No. 40 Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional

Republik Indonesia. 2014. Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 75 Tahun 2014 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat

Republik Indonesia. 2015. Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 46 Tahun 2015 Tentang Akreditasi Puskesmas, Klinik Pratama, Tempat Praktik Mandiri Dokter, dan Tempat Praktik Mandiri Dokter Gigi

Sabrina, Q., 2015. Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan di RSU Haji Surabaya. Kebijakan dan Manajemen Publik, 3(2).

Sitohang, R. S. 2015. Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 65 Tahun 2010 Tentang Sistem Informasi Keuangan Daerah pada Pemerintah Kabupaten Dairi. Jurnal Administrasi Publik USU, 6 (2): 132-153.

Suhrawardi dan Dewi, Vonny Khresna. 2014. Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Kinerja Bidan Dalam Pelaksanaan Kegiatan Desa Siaga Di Kabupaten Tapin. Banjarmasin

Widaty, D. 2017. Indikator Pembayaran Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan Pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama di Surabaya. JAKI. Vol. 5 (2). Juli-Desember 2017, hal 111-116

Wariyanti, A.S., Suryono, A., Indarto, D. 2016. Evaluation of the Management Information System at the Primary Health Care in the National Helath Insurance Program in Surakarta. Journal of Health Policy and Management, 1(1): 53-60. e-ISSN: 2549-0281

Widyastuti, K. 2016. Pelaksanaan Ujicoba Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan. BPJS Kesehatan.

Wulandari, R. 2017. Implementasi Kebijakan Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan di Puskesmas Kabupaten Pacitan. (Tesis). Yogyakarta. Program Pascasarjana Universitas Gajah Mada.

Published

2020-02-12

How to Cite

Munawarah, S. H., Misnaniarti, M., & Isnurhadi, I. (2020). Sumber Daya Terhadap Pencapaian Indikator Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan (KBPKP) di Puskesmas Kota Palembang. Gaster, 18(1), 37–49. https://doi.org/10.30787/gaster.v18i1.415

Issue

Section

Artikel

Similar Articles

> >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.