FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENINGKATAN BERAT BADAN PADA AKSEPTOR KONTRASEPSI SUNTIK DI PUSKESMAS BATAHAN KECAMATAN BATAHAN KABUPATEN MANDAILING NATAL

Authors

  • Julina Br Sembiring institut kesehatan helvetia

DOI:

https://doi.org/10.30787/gaster.v17i1.328

Keywords:

Faktor-Faktor, Peningkatan Berat Badan, Akseptor Kontrasepsi Suntik

Abstract

Pendahuluan : Kotrasepsi suntik merupakan kontrasepsi hormonal yang efek sampingnya memicu nafsu makan dan meningkatkan berat badan, data kependudukan dan KB tahun 2017, persentase pemakaian kontrasepsi suntik 29,0%. Tujuan untuk mengetahui Hubungan umur, pola makan, aktivitas fisik, dukungan suami dan lama pemakaian dengan peningkatan berat badan pada akseptor kontrasepsi suntik di Puskesmas Batahan Kecamatan Batahan Kabupaten Mandailing Natal. Metode : Desain penelitian ini adalah survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Lokasi penelitian di Puskesmas Batahan Kecamatan Batahan Kabupaten Mandailing Natal. Populasi yaitu  seluruh ibu pengguna kontrasepsi Suntik sebanyak 761 ibu dan sampel 88 ibu. Analisis data menggunakan univariat dan bivariat. Hasil : Hasil penelitian menggunakan uji chi- square menunjukkan ada hubungan umur dengan nilai p value 0,000, pola makan dengan nilai p value 0,049, aktivitas fisik dengan nilai p value 0,007, dukungan suami dengan nilai p value 0,036, lama pemakaian dengan nilai p value 0,000 dengan peningkatan berat badan pada akseptor kontrasepsi suntik. Kesimpulan : Ada hubungan antara umur, pola makan, aktivitas fisik, dukungan suami, lama pemakaian dengan peningkatan berat badan pada akseptor kontrasepsi suntik di Puskesmas Batahan Kecamatan Batahan Kabupaten Mandailing Natal. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi bahan evaluasi untuk terus meningkatkan dan mempertahankan pelayanan kesehatan.

References

Astuti, D., & Ilyas, H. (2017). FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMILIHAN ALAT KONTRASEPSI SUNTIK. Jurnal Keperawatan, 11(2), 233–243. JOUR.

Bappenas. (2017). Evaluasi Paruh Waktu RPJMN 2015-2019. Jakarta.

Batahan, P. (n.d.). PUS dan Keseraan KB.

Dewi, K. (2013). Kesehatan Reproduksi dan Keluarga Berencana. Jakarta: CV Trans Info Media. JOUR.

Dinas Kesehatan. (2016). Profil Kecamatan Batahan Kabupaten Mandailing Natal.

Heldayani, E., Saputra, D., & Mala, V. Y. (2018). PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFI UNTUK INTEGRASI CAPAIAN DAN TARGET PADA PROGRAM PERKEMBANGAN KEPENDUDUKAN DAN PEMBANGUNAN KELUARGA (KKBPK) DI PROVINSI SUMATERA SELATAN. Demography Journal of Sriwijaya, 5(2), 1–14. JOUR.

Khoiriah, A. (2016). Hubungan Penambahan Berat Badan pada Akseptor Kontrasepsi Hormonal di BPM Zuniawati Palembang. Jurnal Kesehatan, 7(2), 271–276. JOUR.

Liando, H., Kundre, R., & Bataha, Y. (2015). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Peningkatan Berat Badan Ibu Pengguna Alat Kontrasepsi Suntik DMPA (Depo Medroksi Progesteron Esetat) di Puskesmas Kumelembuai Kabupaten Minahasa Selatan. JURNAL KEPERAWATAN, 3(2). JOUR.

Mega, & Wijayanegara, H. (2017). Mega. Jakarta Timur: CV. Trans Info Medika.

Moloku, M., Hutagaol, E., & Masi, G. (2016). Hubungan Lama Pemakaian Lama Kontrasepsi Suntik 3 Bulan Dengan Perubahan Berat Badan Di Puskesmas Ranomuut Manado. JURNAL KEPERAWATAN, 4(1). JOUR.

Muhammad, I. (2016). Panduan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bidang Kesehatan Menggunakan Metode Ilmiah Hal 92-98. GEN, Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Muliarini, P. (2010). Pola Makan dan Gaya Hidup Sehat selama Kehamilan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Mulyani, N. S., & Rinawati, M. (2013). Keluarga Berencana dan Alat Kontrasepsi. Yogyakarta: Nuha Medika. JOUR.

Pratiwi, D., Syahredi, S., & Erkadius, E. (2014). Hubungan antara penggunaan kontrasepsi hormonal suntik DMPA dengan peningkatan berat badan di Puskesmas Lapai Kota Padang. Jurnal Kesehatan Andalas, 3(3). JOUR.

Province, v. P. D. B. R. (2013). Faktor yang Berhubungan Dengan Penggunaan Metode Kontrasepsi Hormonal Pada Akseptor Kb Di Kelurahan Pasarwajo Kecamatan Pasarwajo Kabupaten Buton Sulawesi Tenggara Related factor to the use Of Hormonal Contraceptive. Jour.

Purnamasari, D. (2009). Hubungan lama pemakaian kb suntik depo medroksi progesteron asetat (dmpa) dengan perubahan berat badan di bps (bidan praktek swasta)“yossi trihana†Jogonalan Klaten. DISS, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

Septalia, R., & Puspitasari, N. (2017). Faktor yang memengaruhi pemilihan metode kontrasepsi. Jurnal Biometrika Dan Kependudukan, 5(2), 91–98. JOUR.

Setiyaningrum, E., & Aziz, Z. B. (2014). Pelayanan Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi. Jakarta: Trans Info Media. JOUR.

Sulistyawati, A. (2013). Pelayanan keluarga berencana. Jakarta: Salemba Medika, 55–58. JOUR.

Wijayanti, E. (2017). ASUHAN KEBIDANAN PADA NY “I†PADA MASA HAMIL, BERSALIN, NIFAS, NEONATUS DAN KELUARGA BERENCANA DI UPT PUSKESMAS BANGSAL KABUPATENMOJOKERTO. KTI D3 KEBIDANAN. JOUR.

Published

2019-03-14

Issue

Section

Artikel