Pengaruh Balance Strategy Exercise Terhadap Keseimbangan Anak Usia Dini

Authors

  • Nurizka Ghina Afiata Universitas 'Aisyiyah Surakarta
  • . Indarwati Universitas 'Aisyiyah Surakarta
  • Ari Sapti Mei Leni Universitas 'Aisyiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30787/phyjou.v2i1.825

Keywords:

anak usia dini, balance strategy exercise, pediatric balance scale

Abstract

Keseimbangan pada anak usia dini diperlukan untuk aktivitas keseharian. 17 dari 15 anak di Bustanul Athfal Aisyiyah Jetis II Sukoharjo mengalami gangguan keseimbangan. Salah satu intervensi yang dapat diberikan untuk meningkatkan keseimbangan anak adalah balance strategy exercise. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh balance strategy exercise terhadap keseimbangan anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pre-experimental dengan rancangan one group pre and post test design. Metode pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel sejumlah 17 responden diberikan balance strategy exercise selama 3 kali perminggu selama 5 minggu. Analisis bivariat menunjukkan hasil signifikansi p=0,005 (p<0.05) yang berarti bahwa ada pengaruh pemberian balance strategy exercise terhadap peningkatan keseimbangan pada anak usia dini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah balance strategy exercise berpengaruh terhadap keseimbangan anak usia dini.

References

Apriani, N. P. R. 2015. Pemberian Pelatihan Balance Strategy Exercise Lebih Baik Daripada Pelatihan Core Stability Exercise dalam Meningkatkan Keseimbangan Dinamis pada Lansia di Banjar Bumi Shanti, Desa Dauh Puri Kelod, Kecamatan Denpasar Barat. Skripsi. Universitas Udayana. Denpasar.

Cuacicha, F. C. 2016. Pengaruh Bermain Lempar Tangkap Bola Terhadap

Motorik Kasar Anak Kelompok B di TK Pertiwi Sumberrejo Kota Gajah

Lampung Tengah. Skripsi. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Erlinda, E. 2014. Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Melempar dan Menangkap Bola. Skripsi. Universitas Bengkulu. Bengkulu.

Hidayanti, M. 2013. Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak melalui Permainan Bakiak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Negeri Jakarta. Jakarta.

Hildayani, R. 2012. Perkembangan Manusia. Psikologi Perkembangan Anak. Modul PAUD.

Irfan, M. 2010. Fisioterapi Bagi Insan Stroke. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Kisner, C., dan Colby, L. A. 2017. Terapi Latihan Dasar dan Teknik Edisi 6 Volume 1-3. EGC. Jakarta.

Masitoh, I. 2013. Pengaruh Balance Exercise Terhadap Keseimbangan Postural pada Lanjut Usia Di Posyandu Abadi Sembilan Gonilan Sukoharjo. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.

Perdana, A. 2014. Perbedaan Latihan Wooble Board dan Latihan Core Stability Terhadap Peningkatan Keseimbangan pada Mahasiswa Esa Unggul. Jurnal Fisioterapi Volume 14 (2). Universitas Esa Unggul. Jakarta.

Prasad, S., dan Galetta, S. L. 2011. Anatomy and Physiology of The Afferent Visual System. Handbook of Clinical Neurology Volume 102 (3) Neuroophthamology.

Pratiwi, W. C., dan Munawar, M. 2014. Peningkatan Keseimbangan Tubuh

Melalui Berjalan di Atas Versa Disc pada Anak Kelompok B PAUD

Taman Belia Candi Semarang. Jurnal Penelitian PAUDIA.

Rahmawati, T. 2017. Hubungan Status Gizi Terhadap Keseimbangan Anak Usia 4-5 Tahun. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.

Yuliana, S. 2014. Pelatihan Kombinasi Core Stability Exercise dan Ankle

Strategy Exercise Tidak Lebih Meningkatkan dari Core Stability Exercise Untuk Keseimbangan Statis pada Mahasiswa S1 Fisioterapi STIKES Aisyiyah Yogyakarta. Tesis. Universitas Udayana. Denpasar.

Downloads

Published

2022-04-24

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.