PENGARUH GERAKAN SENAM IRAMA TERHADAP PENINGKATAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TKIT ‘AISYIYAH LABAN MOJOLABAN SUKOHARJO
DOI:
https://doi.org/10.30787/phy.jou.v4i2.986Keywords:
Motorik Kasar, Senam Irama, TGMD-2Abstract
Latar belakang; Perkembangan motorik kasar pada anak merupakan suatu proses aktifitas fisik yang selalu berhubungan dengan gerak meliputi penggunaan otot-otot besar dan kecil yang melibatkan otot, saraf, dan otak yang terdiri dari unsur keterampilan. Aktifitas fisik yang melibatkan kerja dari otot besar dapat mengoptimalkan perkembangan motorik kasar seperti pada kegiatan olahraga, menari, modeling, dan drama. Salah satu modalitas fisioterapi untuk meningkatkan motorik kasar pada anak yaitu dengan pemberian senam irama. Tujuan; Mengetahui adanya pengaruh pemberian senam irama terhadap peningkatan motorik anak usia 4-5 tahun di TKIT ‘Aisyiyah Laban Mojolaban Sukoharjo. Metode; Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian iniadalah semua anak yang berusia 4-5 tahun di TKIT ‘Aisyiyah Laban Mojolaban Sukoharjo. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling sesuai dengan kriteria inklusi, dengan responden sebanyak 25 anak diberikan perlakuan selama 2 minggu setiap minggu 2 kali pertemuan. Pengukuran motorik kasar menggunakan TGMD-2. Hasil; Hasil penelitian menggunakan uji Paired T-Test diketahui bahwa hasil pengukuran motorik kasar dengan TGMD-2 sebelum dan sesudah diberikan senam irama diperoleh hasil signifikan dengan nilai p=0,001 (p<0,005). Kesimpulan; Adanya pengaruh pemberian senam irama terhadap peningkatan motorik kasar anak usia 4-5 tahun
References
Aida Farida (2016) ‘Urgensi Perkembangan Motorik Kasar Pada Perkembangan Anak Usia Dini’, Raudhah, IV(2), pp. 2338–2163.
Aye, T. et al. (2017) ‘Reliability of the test of gross motor development second edition (TGMD-2) for Kindergarten children in Myanmar’, Journal of Physical Therapy Science, 29(10), pp. 1726–1731. doi:10.1589/jpts.29.1726.
Ekawati and Maulida, S. (2021) ‘Pengaruh Kegiatan Senam Irama Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Roudlotul Ulum’, in PROCEEDING: the 5th Annual International Conference on Islamic Education. In PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education, pp. 235–244.
Fitriani, R. and Adawiyah, R. (2018) ‘Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini’, Jurnal Golden Age, 2(01), p. 25. doi:10.29408/goldenage.v2i01.742.
Gunardi, H. et al. (2019) ‘Growth and developmental delay risk factors among under-five children in an inner-city slum area’, Paediatrica Indonesiana(Paediatrica Indonesiana), 59(5), pp. 276–283. doi:10.14238/pi59.5.2019.276-83.
Hasanah, U. (2016) ‘Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini’, Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), pp. 717–733. doi:10.21831/jpa.v5i1.12368.
Mahmud, B. (2019). Urgensi stimulasi kemampuan motorik kasar pada anak usia dini. DIDAKTIKA: Jurnal Kependidikan, 12(1), 76-87.
Prayogo, B.H. (2018) ‘Pengaruh Senam Irama Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun di TK Muslimat NU Gesang Kabupaten Lumajang’, JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 1(2), pp. 108–116.
Rohma Saputri, G., Sasmiati and Sofia, A. (2017) ‘Frekuensi latihan Senam Irama Dan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia DIni’, Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), p. 3.
Setyawan, D.A., Hadi, H. and Royana, I.F. (2018) ‘Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Negeri Pembina Kota Surakarta’, Jurnal Penjakora, 5(1), pp. 17–27.
Sholihah, W. and Pertiwi, E.P. (2021) ‘Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Melalui Kegiatan Senam Irama Pada Kelompok B di TK Al-Hidayah 85 Ambulu Jember’, JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 4(1), pp. 1–8. doi:10.31537/jecie.v4i1.489.
Sugeng, H.M., Tarigan, R. and Sari, N.M. (2019) ‘Gambaran Tumbuh Kembang Anak pada Periode Emas Usia 0-24 Bulan di Posyandu Wilayah Kecamatan Jatinangor’, Jurnal Sistem Kesehatan, 4(3), pp. 96–101.
Sumiyati, S. (2018). Metode pengembangan motorik kasar anak usia dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 78-97.
Veldman, S.L.C. et al. (2020) ‘Prevalence and risk factors of gross motor delay in pre-schoolers’, Journal of Paediatrics and Child Health, 56(4), pp. 571–576. doi:10.1111/jpc.14684.
Xu, C. et al. (2020) ‘Improving Physical Fitness of Children with Intellectual and Developmental Disabilities through an Adapted Rhythmic Gymnastics Program in China’, BioMed Research International, 2020. doi:10.1155/2020/2345607.
Zablotsky, B., Black, L.I. and Blumberg, S.J. (2017) ‘Estimated Prevalence of Children With Diagnosed Developmental Disabilities in the United States, 2014-2016’, NCHS data brief, (291), pp. 1–8.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Physio Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.