Hubungan Pengetahuan Siaga Gempa Bumi dan Sikap Siswa Terhadap Kesiapsiagaan Di SD Negeri 2 Cepokosawit
DOI:
https://doi.org/10.30787/gaster.v18i2.523Keywords:
Gempa Bumi, Kesiapsiagaan, Pengetahuan, SikapAbstract
Latar Belakang : Indonesia berada pada wilayah ring of fire (cicin api), salah satu bencana yang sering terjadi adalah gempa bumi, angka kejadian gempa bumi di indonesia mencapai 10 kali lipat tingkat kegempaan. Untuk mengurangi dampak bencana gempa bumi perlu adanya pengetahuan, sikap, dan kesiapsiagaan seluruh masyarakat yang rentan terhadap kesiapsiagaan. Tujuan : Mengetahui hubungan pengetahuan siaga gempa dan sikap siswa terhadap kesiapsiagaan. Metode : Jenis penelitian ini Analitik Cross Sectional. Jumlah sampel 43 siswa, instrumen ini menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan analisa Chi Square.  Hasil : Pengetahuan siswa tentang siaga gempa bumi dalam kategori cukup (53,5%), sikap siswa dalam kategori cukup (51,2%), kesiapsiagaan siswa dalam kategori hampir siap (34,9%). Ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan siaga gempa bumi terhadap kesiapsiagaan diperoleh nilai (p-value= 0,000). Ada hubungan sikap siswa terhadap kesiapsiagaan diperoleh nilai (p-value=0,000) Simpulan : Ada hubungan pengetahuan siaga gempa bumi dan sikap siswa terhadap kesiapsiagaan.References
DAFTAR PUSTAKA
Anafiah, S., dan Ardian, A. (2018). Pembuatan Buku Cerita Anak Bermuatan Penanggulangan Bencana di SD Bangunrejo 1, SDN Bangunrejo 2, dan SDB Baluwarti Yogyakarta. Jurnal ABDI Volume 2 Nomor 2.
Bukhari, Mudatsir, & Sri, A. S. (2014). Hubungan Tentang Regulasi, Pengetahuan Perawat Terhadap Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi di Badan Layanan Umum Daerah Rumah Sakit Ibu dan Anak Pemerintah Aceh . Jurnal Ilmu Kebencanaan, Volume 21 Nomor 2.
Dien, R. J., Lucky T, K., & Reginus T, M. (2015). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Gempa Bumi Pada Siswa SMP Kristen Kakaskasen Kota Tomohon . Jurnal Keperawatan Volume 3 Nomor 2.
Firmansyah, I., Hanny, R., & Rondhianto. (2014). Hubungan Pengetahuan dengan Perilaku Kesiapsiagaan dalam Menghadapi Bencana Banjir dan Longsor pada Remaja Usia 15-18 tahun di SMA Al-Hasan Kemiri Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa
Indiasari, N. F. (2016). Pengaruh Metode Simulasi Siaga Bencana Gempa Bumi Terhadap Kesiapsiagaan Anak di Yogyakarta. Jurnal Keperawatan Volume 11 Nomor 3.
LIPI-UNESCO/ISDR. (2006). Kajian Kesiapsiagaan Masyarakat dalam Mengantisipasi Bencana Gempa Bumi & Tsunami. Jakarta: Deputi Ilmu Pengetahuan Kebumian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.
Murbawan, I., Amar, M., & Abdul, M. (2017). Kesiapsiagaan Rumah Tangga Dalam Mengantisipasi Bencana di Daerah Aliran Sungai (DAS) Wanggu (Studi Bencana Banjir di Kelurahan Lepo-Lepo Kota Kendari). Jurnal Ecogreen
Rinanda, S. (2013). Pengaruh Metode Simulasi Tanggap Bencana Alam Terhadap, Volume 3 Nomor 2. Kemampuan Mitigasi Pada Anak Tunagrahita Ringan di Kelas C/D VI SLB Perwari Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus Volume 1 Nomor 1
Rosyida, F., & Khofifatu, R. A. (2017). Studi Eksplorasi Pengetahuan dan Sikap Terhadap Kesiapsiagaan Bencana Banjir di SD Pilanggede Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Teori dan Praktis Pembelajaran IPS, Volume 2 Nomor 1
Rusiyah, (2017). Hubungan Pengetahuan dengan Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Pada Siswa Taman Pendidikan Al-Qur'an Al-Khair Kabupaten Bonebolango. Jurnal Swarnabhumi Volume 2 Nomor 1.
Sugara, S. A., Farida, D. K., & Ani, S. (2018). Hubungan PengetahuanSikap Kesiapsiagaan Masyarakat Menghadapi Erupsi Gunung Kelud Pada Fase Mitigasi. Jurnal Nursing Ners, Volume 3 Nomor 1.
UU RI No 24 Tahun 2007. Tentang Penanggulangan Bencana.
Wawan, A& Dewi, M. 2010. Teori & Pengukuran Sikap dan Perilaku manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.