TINGKAT DEPRESI MEMPENGARUHI KEMANDIRIAN ACTIVITY DAILY LIVING (ADL) LANSIA

Authors

  • M. Mulyaningsih STIKES Aisyiyah Surakarta
  • Reno Tyas Sedyo Arum STIKES AISYIYAH SURAKARTA

DOI:

https://doi.org/10.30787/gaster.v15i2.198

Keywords:

lansia, tingkat depresi, kemandirian Activity Daily Living (ADL)

Abstract

Latar belakang: Berdasarkan data dari BPS (2011) perkiraan jumlah dan proporsi penduduk lansia pada tahun 2011 di Indonesia telah mencapai 18,27 juta. Seiring dengan hal ini, permasalahan pada lansia juga semakin kompleks. Hal ini dikarenakan proses penuaan yang dialami oleh lansia yang diikuti dengan kemunduran fisik dan mental. Kemunduran pada kedua aspek tersebut dapat berdampak pada terjadinya depresi pada lansia. Dari hasil studi pendahuluan, 6 dari 10 lansia mengalami depresi dan 5 dari 10 lansia mengalami ketergantungan.Tujuan; Menganalisis hubungan tingkat depresi dengan kemandirian Activity Daily Living (ADL) pada lansia di Kelurahan Kadipiro Kecamatan Sambirejo Kabupaten Sragen. Metode; Penelitian analitik korelasi dengan rancangan cross sectional. Tehnik pengambilan sampel menggunakan tehnik random sampling dilakukan dengan mengundi anggota populasi (lottery technique), jumlah sampel sebanyak 126 lansia, instrumen penelitian menggunakan wawancara berdasarkan kuesioner. Analisa bivariat menggunakan uji Kendall Tau. Hasil; Hasil uji bivariat menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara tingkat depresi dengan kemandirian Activity Daily Living (ADL) pada lansia dengan nilai (? value0,000 < 0,05). Kesimpulan; Ada hubungan yang signifikan antara tingkat depresi dengan kemandirian Activity Daily Living (ADL) pada lansia di Kelurahan Kadipiro Kecamatan Sambirejo Kabupaten Sragen.

References

Astuti. 2011. Hubungan Dukungan Keluarga dengan Tingkat Depresi pada Lansia di Posyandu Sejahtera GBI Setia Bakti Kediri. Jurnal STIKES Baptis Kediri. Volume 3, Nomor 2.

Atun. 2010. Lansia Sehat & Bugar:Pedoman Merawat dan Mendampingi Orang Lanjut Usia. Bantul : Kreasi Wacana.

Azizah. 2011. Keperawatan Lanjut Usia. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Badan Pusat Statistik. 2011. Statistik Penduduk Lanjut Usia Indonesia 2011.

Cahyono. 2013. Hubungan Tingkat Kemandirian Lansia dalam Melakukan Aktivitas Sehari-hari dengan Tingkat Kecemasan. Jurnal AKP. Volume 8, Nomor 1.

Hawari. 2007. Sejahtera di Usia Senja Dimensi Psikoreligi pada Lanjut Usia (Lansia). Jakarta: FKUI.

Jumita, Azrimaidaliza, Machmud. 2012. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kemandirian Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Lampasi Kecamatan Payakumbuh Utara.Jurnal Kesehatan Masyarakat.Volume 6, Nomor 2.

Kristyaningsih. 2011. Hubungan Antara Dukungan Keluarga dengan Tingkat Depresi pada Lansia. Jurnal Keperawatan. Volume 1, Nomor 1.

Lestari, Wihastuti, Rahayu. 2013. Hubungan Tingkat Kecemasan dengan Tingkat Kemandirian Activity Daily Living (ADL) pada Lanjut Usia di Panti Werdha. Jurnal Ilmu Keperawatan. Volume 1, Nomor 2.

Maryam, Ekasari, Rosidawati, Jubaedi, Batubara. 2008. Mengenal Usia Lanjut dan Perawatannya. Jakarta : Salemba Medika.

Muna. 2013. Hubungan Antara Karakterisitik dengan Kejadian Depresi pada Lansia di Panti Werda Pelkris Pengayoman Kota Semarang. Jurnal Ilmu Keperawatan. Volume 2, Nomor 2.

Parasari, Lestari. 2015. Hubungan Dukungan Sosial Keluarga dengan Tingkat Depresi pada Lansia di Kelurahan Sading. Jurnal Psikologi Udayana. Volume 2, Nomor 1.

Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI. 2012. Situasi dan Analisis Lanjut Usia.

Riannisa, Lukman, Hidayati. 2014. Gambaran Tingkat Depresi pada Lansia di Kelurahan Babakan Sari Wilayah Kerja Puskesmas Babakan Sari Kota Bandung. Jurnal Ilmu Keperawatan. Volume 2, Nomor 4.

Romadlani. 2013. Hubungan Dukungan Keluarga dan Kemandirian Lansia dengan Konsep Diri Lansia di Kelurahan Bambankerep Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Jurnal Keperawatan Komunitas. Volume 1, Nomor 1.

Sampelan, Kundre, Lolong. 2015.Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kemandirian Lansia Dalam Pemenuhan Aktivitas Sehari-hari di Desa Batu Kecamatan Likupang Selatan Kabupaten Minahasa Utara. E-Jurnal Keperawatan. Volume 3, Nomor 2.

Seran. 2016. Hubungan Antara Nyeri Gout Arthritis Dengan Kemandirian Lansia di Puskesmas Towuntu Timur Kecamatan Pasan Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Keperawatan. Volume 4, Nomor 1.

Yuli. 2014. Buku Ajar Asuhan Keperawatan Gerontik Aplikasi NANDA, NIC, dan NOC. Jakarta: Trans Info Media.

Published

2017-11-09

Issue

Section

Artikel

Similar Articles

<< < 

You may also start an advanced similarity search for this article.