PERAN PERAWAT DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN DASAR MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN KELUARGA PASIEN STROKE DI RSUD dr. MOEWARDI SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.30787/gaster.v14i1.105Keywords:
Peran Perawat, Kepuasan, KeluargaAbstract
Pendahuluan : Jumlah penderita stroke di Indonesia meningkat per tahun. Stroke merupakan penyebab kematian ketiga setelah penyakit jantung koroner. Kejadian tertinggi adalah Semarang sebesar 3.989 kasus dibandingkan dengan jumlah kasus stroke di kota lain di Jawa Tengah (Dinkes Jateng, 2004). Tujuan : Mengetahui hubungan antara peran perawat dalam pemenuhan kebutuhan dasar dengan tingkat kepuasan keluarga pasien stroke. Metode : Penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dengan Purposive Sampling, jumlah sampel penelitian 78 responden. Instrumen penelitian berupa kuesioner. Analisa statistik menggunakan Chi-Square dengan taraf signifikan (a=0,05). Hasil : Analisa univariat peran perawat dalam pemenuhan kebutuhan dasar menunjukan 73.1% responden mempersepsikan perawat mempunyai peran baik dalam peran pemenuhan kebutuhan dasar, sisanya 26,9% responden mempersepsikan peran perawat yang masih kurang baik. Pengukuran tingkat kepuasan keluarga, menunjukan 65,4% responden puas, sisanya 34,6% responden merasa tidak puas. Analisa bivariat menunjukan ada hubungan atara peran perawat dalam pemenuhan kebutuhan dasar dengan tingkat kepuasan keluarga pasien stroke, dibuktikan dari hasil uji chi-square menunjukan nilai n=0,000 dan signifikan 0,05. Kesimpulan : terdapat hubungan yang signifikan antara peran perawat dalam pemenuhan kebutuhan dasar dengan tingkat kepuasan keluarga pasien stroke.