MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN BENCANA DI SEKOLAH MELALUI PELATIHAN SATUAN PENDIDIKAN AMAN BENCANA (SPAB)
DOI:
https://doi.org/10.30787/empowerment.v5i1.1814Keywords:
Bencana, Guru, Pelatihan, SekolahAbstract
Bencana adalah suatu fenomena yang mengancam kualitas hidup masyarakat yang disebabkan oleh faktor alam, faktor non alam, dan faktor manusia. Ini menyebabkan korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan efek psikologis. Sekolah berada di lokasi yang rawan bencana dan sering mengalami kerusakan. Pemerintah harus memberikan perhatian khusus pada fasilitas publik penting ini karena kerusakan dapat berdampak pada siswa. Pendidikan kebencanaan sangat penting dilakukan dalam komunitas, terutama di sekolah. Sekolah adalah tempat di mana pendidikan kebencanaan dapat dilakukan secara berkesinambungan dan berkelanjutan. Ini dapat dicapai melalui sosialisasi, pelatihan, dan pengintegrasian materi pendidikan kebencanaan ke dalam mata pelajaran yang mungkin diintegrasikan. Kegiatan ini, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) bagi guru TK ABA Surakarta. Pelatihan dilaksanakan pada bulan Mei 2024 yang diikuti 63 guru. Hasil kegiatan ini yaitu meningkatnya pengetahuan dan ketrampilan guru dari nilai rata-rata 94,59 menjadi 96,79 sehingga dapat meningkatkan kesiapsiagaan bencana di sekolah
References
Anisah, N., & Sumarni, S. (2019). Model Sekolah Aman Bencana Dalam Upaya Mewujudkan Pendidikan Karakter di MIN 1 Bantul. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 10(1), 9. https://doi.org/10.21927/literasi.2019.10(1).9-20
Ash-shidiqqi, E. A. (2021). Model Pendidikan Mitigasi Kebencanaan di Indonesia. Indonesian Journal Of Education and Humanity, 1(2), 79–83.
Irawan, I., Subiakto, Y., & Kustiawan, B. (2022). Manajemen Mitigasi Bencana Pada Pendidikan Anak Usia Dini untuk Mengurangi Risiko Bencana Gempa Bumi. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 609–615. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.609-615
Kasman, R. (2019). Bimbingan Satuan Pendidikan Aman Bencana Bagi Guru Dan Tenaga Kependidikan Pasca Bencana Di Kota Palu, Sigi Dan Donggala. Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah, 2(1), 67. https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v2i1.2251
Masrizal, & Iqbal, M. (2022). Panduan Satuan Pendidikan Aman Bencana (M. Alfarezi (ed.); 1st ed.). Eurika Media Aksara.
Melvia, M., & Alhadi, Z. (2021). Efektivitas Pelatihan Satuan Pendidikan Aman Bencana (Spab) Oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Barat. Journal Of Policy, Governance, Development and Empowerment, 1(1), 11–17. https://doi.org/10.24036/pgde.v1i1.2
Mujiburrahman, M., Nuraeni, N., & Hariawan, R. (2020). Pentingnya Pendidikan Kebencanaan Di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(2), 317–321. https://doi.org/10.58258/jisip.v4i2.1082
Noya, F., Ramadhan, K., Tadale, D. L., & Widyani, N. K. (2021). Peningkatan pengetahuan dan keterampilan kader melalui pelatihan kader posyandu remaja. Jurnal Masyarakat Mandiri (JMM), 5(5), 2314–2322.
Ramadhan, K., Maradindo, Y. E., Nurfatimah, N., & Hafid, F. (2021). Kuliah Kader sebagai Upaya Meningkatkan Pengetahuan Kader Posyandu dalam Pencegahan Stunting. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(4), 1751–1759.
Septikasari, Z., Retnowati, H., & Wilujeng, I. (2022). Pendidikan Pencegahan Dan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Sebagai Strategi Ketahanan Sekolah Dasar Dalam Penanggulangan Bencana. Jurnal Ketahanan Nasional, 28(1), 120. https://doi.org/10.22146/jkn.74412
Sudrajad, B., Napitupulu, D., & Rhofiq, A. (2023). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi InaRISK Personal Kepada Siswa Sekolah Menengah Atas Dalam Upaya Mewujudkan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) di Kota Jayapura. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 440–449. https://doi.org/10.59395/altifani.v3i3.423
Wicaksono, F. A., & Sibuea, R. P. (2022). Efektivitas Program Satuan Pendidikan Aman Bencana Di Sma Negeri 1 Cangkringan Kabupaten Sleman Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pemerintahan Dan Keamanan Publik (JP Dan KP), 4(2), 63–73. https://doi.org/10.33701/jpkp.v4i2.2769
Yusuf Salsabilah, A., Arifin, S., & Djalaludin, D. (2022). Natural Disaster Mitigation Through The Disaster Safe Education Unit (SPAB) Program After The Flash Flood Disaster In Batu City. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 10(2), 126–133. https://doi.org/10.24036/kolokium.v10i2.545
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mulyaningsih, Eska Dwi Prajayanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.Empowerment Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.