PELATIHAN PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN UNTUK KEPALA SEKOLAH MADRASAH ALIYAH SWASTA SE-KOTA PEKANBARU

Authors

  • Yundri Akhyar UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Wirda Ningsih STAI Al-Kifayah Riau
  • Elmirawati STAI Al-Kifayah Riau
  • Asmidaryani STAI AL-Kifayah Riau
  • Haryuni Hariati STAI Al-Kifayah Riau

DOI:

https://doi.org/10.30787/empowerment.v4i2.1513

Keywords:

Kepala Sekolah, Layanan Pendidikan, Madrasah Aliyah Swasta, Pekanbaru, Pelatihan

Abstract

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas kepala sekolah untuk meningkatkan layanan pendidikan di Madrasah Aliyah Swasta di Kota Pekanbaru. Tahapan pengabdian ini adalah persiapan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi, dan tindak lanjut. Materi penelitia terdiri daripelatihan manajemen sekolah, pendekatan pembelajaran kreatif, dan penggunaan TI dalam pendidikan adalah semua bagian dari program ini. Hasil dari pelatihan menunjukkan bahwa kepala sekolah lebih memahami dan memiliki keterampilan yang lebih baik dalam mengelola dan mengembangkan sekolah mereka. Hasil dari Pengabdian masyarakat ini adalah ada peningkatan pemahaman kepala sekolah terhadap materi yang diberikan. Setelah pelatihan, pemahaman peserta meningkat signifikan: Kepemimpinan dan Perubahan dari 63% menjadi 86%, SDM dan Keuangan dari 74%  menjadi 90%, Perencanaan Strategis dari 71% menjadi 98%, E-learning  dari 51% menjadi 81%, Teknologi Administrasi dari 76% menjadi 90%, Keamanan TI dari 52% menjadi 85%, Proyek Kolaboratif dari 62% menjadi 88%, Pengajaran Kreatif  dari 42% menjadi 85%

References

Brauckmann, S., Pashiardis, P., & Arlestig, H. (2023). Bringing context and educational leadership together: fostering the professional development of school principals. Professional Development in Education, 49(1), 4–15. https://doi.org/10.1080/19415257.2020.1747105

Durand, J. C., Pujadas, C., & Laguto, S. (2023). Educational social responsibility in the practice: new pathways in Argentina’s training of principals. 45–98. https://doi.org/10.58863/20.500.12424/4278463

Falqueto, J. M. Z., Hoffmann, V. E., Gomes, R. C., & Onoyama Mori, S. S. (2020). Strategic planning in higher education institutions: what are the stakeholders’ roles in the process? Higher Education, 79(6), 1039–1056. https://doi.org/10.1007/s10734-019-00455-8

Grissom, J. A., Egalite, A. J., & Lindsay, C. A. (2021). How Principals Affect Students and Schools. Wallace Foundation, February, 1–115.

Gupta, P. V. K., Hassan, M. El, Thomas, M., Anilkumar, S., Chacko, G., Shiju, S., Savarimuthu, I., Siddiqui, R., & Arafa, S. O. (2022). Evaluation of a virtual quality improvement training programme. British Journal of Healthcare Management, 28(4), 1–9. https://doi.org/10.12968/bjhc.2021.0140

Indari, ST Fatimah, & Dalilah. (2023). Menelisik Pendidikan di Sekolah dalam Perspektif Pendidikan Kritis. Jurnal Bina Ilmu Cendekia, 4(1), 14–20. https://doi.org/10.46838/jbic.v4i1.407

Jemani, A., Abdul Ghofar Ismail, & Abu Darim. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Unggulan Hikmatul Amanah. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 150–177. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v8i2.1401

Kuswandi, I., & Ridwan, M. (2023). Kepatuhan terhadap Kiai Pesantren dalam Tinjauan Psikologi Pendidikan. Tinta, 5(1), 41–52

Lukhanina, Y., Lukhanin, O., & Jereb, E. (2023). Improving the Quality of Healthcare Services Through Training Leaders. https://doi.org/10.18690/um.fov.3.2023.46

Mariana, D. (2021). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektivitas Sekolah Penggerak dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10228–10233.

Maryanti, N., Rohana, R., & Kristiawan, M. (2020). the Principal’S Strategy in Preparing Students Ready To Face the Industrial Revolution 4.0. International Journal of Educational Review, 2(1), 54–69. https://doi.org/10.33369/ijer.v2i1.10628

Maxsumova, M. (2023). A mechanism for improving professional training of future specialists based on an integrative developmental approach. International Journal of Advanced Research, 11(04), 1498–1506. https://doi.org/10.21474/ijar01/16815

Mulyawan, A., & Juhana, D. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Jasa Pendidikan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Di STMIK Mardira Indonesia Bandung. Jurnal Ekonomi, Bisnis &Entrepreneurship.

Oktapiani, A. (2021). Peran Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Di Madrasah Tsanawiyah Swasta At-Taubah Karawang. Edumaspul: Jurnal Pendidikan.

Surahman, S., Mudofir, M., & Baidi, B. (2021). Response Of Islamic Educational Institutions TowardsThe Era of Society 5.0. At-Tarbiyat: Jurnal …, 4(3), 370–380.

Tampubolon, M. (2022). Dinamika Kepemimpinan. SKYLANDSEA PROFESIONAL Jurnal Ekonomi, 2(1), 1–7.

Ukat, J. A., & Ismail, H. H. (2022). Teaching Literature in Malaysian English Classrooms: A Review on its Challenges and Opportunities. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 12(11), 2012 – 2025. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v12-i11/15700

Yuneti, A., Hamdan, H., & Prananosa, A. G. (2019). Kepemimpinan Partisipatif dan Komunikasi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Journal of Administration and Educational Management (Alignment), 2(2), 113–125. https://doi.org/10.31539/alignment.v2i2.1011

Published

2024-09-14

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.