MEDIA PEMBELAJARAN YANG MENARIK DAN INTERAKTIF DI MASA PANDEMI COVID 19
DOI:
https://doi.org/10.30787/empowerment.v2i1.812Keywords:
media pembelajaran, interaktif, menarik, classpointAbstract
Media pembelajaran menjadi sarana efektif dalam proses transfer pengetahuan dalam kegiatan belajar mengajar. Media pembelajaran yang baik mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang di Bahas dalam kelas. Media pembelajaran yang memuat gambar, suara, dan teks menjadi hal umum yang ditemukan dalam kelas. Sejak terjadi wabah covid-19 pada tahun 2019 dan dinyatakan sebagai pandemi, pembelajaran dilakukan secara dalam jaringan (daring). Kebanyakan metode belajar yang digunakan selama masa pandemi adalah siswa mendengarkan materi yang disampaikan guru diruang daring saja. Akibatnya siswa menjadi cepat bosan karena interaktif yang biasa dilakukan di kelas seperti bertanya, menyapa teman dan guru jarang dilakukan. Perlu media pembelajaran yang menarik dan sekaligur interaktif untuk menyiasati masalah tersebut. 110 guru dari 120 guru yang mendaftar dan mengikuti kegiatan dapat menginstal aplikasi classpoint. Sebagian lainnya terkendalan dengan spesifikasi system operasi yang masih windows 7 dan Microsoft office yang masih versi 2007.References
Dewi, N., Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. (2018). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata kuliah teori dan praktik plambing di program studi S1 PVKB UNJ. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 7(2), 95–104.
Juanita, S., Hayati, P., & Sakti, D. V. S. Y. (2019). Peningkatan Keterampilan Menyajikan Presentasi Menarik Dan Interaktif Bagi Guru Pkbm Negeri 27 Petukangan Dengan Pelatihan Microsoft Power Point. Sebatik, 23(2), 528–533.
Lu, Q., Karanikolas, G., Shen, Y., & Giannakis, G. B. (2020). Ensemble Gaussian processes with spectral features for online interactive learning with scalability. International Conference on Artificial Intelligence and Statistics, 1910–1920.
Onyema, E. M., Deborah, E. C., Alsayed, A. O., Noorulhasan, Q., & Sanober, S. (2019). Online discussion forum as a tool for interactive learning and communication. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(4), 4852–4859.
Wahyuni, S., Rahmadhani, E., & Mandasari, L. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Powerpoint. Jurnal Abdidas, 1(6), 597–602.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.Empowerment Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.