PELATIHAN PEMBUATAN WEBSITE SEBAGAI MEDIA PEMBINAAN EKSTRAKURIKULER JURNALISTIK SMAN 1 KARANGDOWO KLATEN

Authors

  • Aisyah Mutia Dawis Universitas 'Aisyiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30787/empowerment.v2i2.965

Abstract

Di Era digitalisasi 5.0 seperti saat ini telah memberikan banyak keuntungan dalam berbagai bidang khususnya di dalam dunia Pendidikan. Seiring berjalannya waktu, Teknologi Informasi semakin maju dan membuat masyarakat semakin melek terhadap teknologi khususnya tenaga kependidikan yang harus terus memberikan ilmu kepada siswanya. Blog atau weblog adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan pengembangan situs web pribadi yang memberikan kemudahan bagi pengguna untuk menampilkan informasi pribadi di Internet dengan cara yang mudah. Namun, tidak semua guru di sekolah tersebut mampu membuat dan mengelola konten dari website, salah satunya SMAN 1 Karangndowo Klaten. Hal ini dikarenakan kurangnya penyuluhan dalam mengelola konten website ini. Dari uraian di atas, kami tertarik untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat yang bertajuk “Pelatihan pembuatan website sebagai media pembinaan ekstrakurikuler jurnalistik SMAN 1 Karangdowo Klaten” dengan menggunakan bantuan wordpress. Hal ini diharapkan agar kedepannya dapat dimanfaatkan sebagai sarana pemberi informasi, baik informasi pelajaran maupun konten promosi sekolah secara online.

References

Aginta, M. 2012. Pro Blogger: Rahasia Menjadi Blogger Profesional. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Budiarto, R. 2010. Word Press, Not just a Blog. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Puspita, H., dkk. 2022. Pengantar Teknologi Informasi. Bandung: Penerbit CV. Haura Utama.

Putera, ZF. 2013. Pengembangan Blog Karya Ilmiah Remaja Sebagai Media Pembinaan Ekstrakurikuler Penulisan Karya Ilmiah Remaja Bagi Siswa SMA. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.

Sabin-Wilson, L. 2017. WordPress for Dummies (8th Edition). New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Terada, E. (2017). 5 Reasons Why We Use Wordpress. Diambil dari https://www.freshconsulting.com/5-reasons-why-we-use-wordpress/

Williams, B., Damstra, D., Stern, H.2015. Professional WordPress: Design and Development (3rd Edition). Indianapolis: John Wiley & Sons, Inc.

Puspita, H, dkk.2022.Pengantar Teknologi Informasi.Bandung: CV. Haura Utama

Downloads

Published

2022-09-26

Issue

Section

Articles