STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DESA WISATA MELALUI MEDIA SOSIAL DESA PAKAHAN, JOGONALAN, KLATEN
DOI:
https://doi.org/10.30787/empowerment.v4i1.1440Keywords:
Desa Wisata, Strategi Komunikasi, Media SosialAbstract
Pandemi Covid-19 yang sudah memakan waktu lebih dari satu tahun berdampak pada segala sendi kehidupan, masyarakat berubah dan menyesuaikan diri dengan era New Normal yang harus taat terhadap protocol Kesehatan. Tak terkecuali aktivitas perekonomian sampai pada pada hiburan dan cara menikmatinya. Masyarakat mulai berfikir kreatif dalam mensiasati tingkat stress yang tingia kibat perubahan pola hidup yang signifikan. Pariwisata adalah satu sector yang sangat terdampak, masyarakat enggan berpergian terlalu jauh karea factor resiko paparan serta biaya yang harus dileuarkan meskipun hasrat berwisata harus tersalurkan. Desa wisata menjadi alternatif bagi masyarakat baik cara menikmati wisata maupun sebagai salah satu upaya usaha pemberdayaan daerah berbasis lingkungan. Permasalahan yang timbul adalah bagaimana pemerintah desa pakahan dalam mengidentifikasi kekayaan alam mensinergikan sumberdaya masyarakat dan lingkungan serta strategi komunikasi agar program tersebut dapat terlaksana dengan baik. Team pengabdian kepada masyarakat dari Universitas Surakarta berusaha menjembatani permasalahan tersebut. Dengan memberikan penyuluhan tentang Strategi Komunikasi Melalui Media social kepada team Inisiator di Pemerintah desa Pakahan,Jogoalan, Klaten diharapkan program desa wisata desa Pakahan tersebut dapat berjalan efektif dan efisien. Penggunaan media social seperti facebook, Instagram, youtube, tiktok dapat lebih maksimal hasilnya jika materi / content disusun dengan baik sehingga pesan dapat dipahami oleh sasaran yang telah ditentukan karakteristiknya.
References
Godwin, Harold dan Santili, R. (2009) ‘Community Based Tourism: A Success?’, ICRT Occasional Paper 1.
Hidayat, R. and Rizqi, R.M. (2021) ‘Strategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata Di Desa Wisata Rhee Loka Kabupaten Sumbawa (Studi Kasus Desa Wisata Pantai Gelora)’, Jurnal Manajemen dan Bisnis, 4(3), pp. 42–54. Available at: http://jurnal.uts.ac.id/index.php/jmb/article/download/1334/824.
Inskeep, E. (1991) Tourism Planning, and Integrated and Sustainable Development Approach. New York: Van Nostrand Reinhold
Karman, Damayanti, C.N. and Dunan, A. (2022) ‘Strategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata Melalui Instagram di Era Pandemi Covid-19’, Komunika: Jurnal Ilmu Komunikasi, 09(01), pp. 48–62. doi:10.22236/komunika.v9i1.7139
Kurniawan, A. and Witarti, D.I. (2023) ‘Strategi Komunikasi Pariwisata Melalui Instagram @PARIWISATANGAWI Sebagai Media Informasi Pariwisata Di Kabupaten Ngawi’, Cakrawala - Jurnal Humaniora, 23(2), pp. 69–73. doi:10.31294/jc.v23i2.18902.
Nuryanti, W. (1993) Concept, Perspective and Challenges. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Pearce, D. (1995) Tourism a Community Approach. Harlow Longman.
Rangkuti, A.H. and Khairani, L. (2023) ‘Strategi Komunikasi Pemasaran Destinasi Wisata Park & Farm Sipirok Melalui Media Digital Instagram Dalam Meningkatkan Minat Pengunjung’, KESKAP: Jurnal Kesejahteraan Sosial …, 2(1), pp. 43–49. Available at: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/keskap/article/view/14486.
Suansri, P. (2003) Community Based Tourism Hand Book. Rest Project World Tourism Organization
Surendra, G. (2023) ‘Strategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata Di Era Digital (Studi Kasus Desa Wisata Kubu Gadang Di Padang Panjang)’, Accounting Information System, Taxes, and Auditing, 2(1), pp. 46–54. Available at: https://akuntansi.pnp.ac.id/aista.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Cristina Nur Wijayanti, Ali Arif Setiawan, Widyantoro Yuliatmojo, Wahjoe Mawardiningsih, Jeratallah Aram Dani, Sri Wahyu Ening Handayani, Setyo Purwanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.Empowerment Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.