SOSIALISASI KOMUNIKASI EFEKTIF BAGI MASYARAKAT KETIKA DI RUMAH SAKIT

Authors

  • Oktavy Budi Kusumawardani Dosen Program Studi Administrasi Rumah Sakit Program Sarjana, Universitas Kusuma Husada Surakarta
  • Rada Febria Kurniawati Mahasiswa Program Studi Administrasi Rumah Sakit Program Sarjana, Universitas Kusuma Husada Surakarta
  • Raihan Alif Saputra Mahasiswa Program Studi Administrasi Rumah Sakit Program Sarjana, Universitas Kusuma Husada Surakarta
  • Riszi Ramadhani Mahasiswa Program Studi Administrasi Rumah Sakit Program Sarjana, Universitas Kusuma Husada Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30787/empowerment.v3i1.1087

Abstract

Latar Belakang: Datang ke rumah sakit bagi sebagian besar masyarakat masih merupakan hal yang menakutkan. Terlepas dari posisinya sebagai pasien atau pengantar pasien, seseorang yang datang ke rumah sakit terutama IGD biasanya tanpa persiapan dan pengetahuan yang cukup. Kondisi yang mendadak disertai dengan kurangnya pengetahuan tidak jarang membuat pasien atau pengantar pasien tersebut kebingungan dan panik. Dari sisi rumah sakit, hal tersebut juga harus menjadi perhatian, mengingat mereka adalah konsumen yang kepuasan akan pengalamannya di rumah sakit adalah hal yang penting. Tujuan: untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan komunikasi yang efektif bagi masyarakat ketika mereka berada di rumah sakit. Metode: Pengabdian kepada masyarakat ini berfokus pada peningkatan komunikasi untuk pihak rumah sakit dengan masyarakat ketika mereka berada di rumah sakit. Pengabmas ini dilakukan di masyarakat.  Manfaat kegiatan: untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenai komunkasi yang baik antara masyarakat dengan petugas kesehatan di rumah sakit.

 

References

Adhani, Rosihan. 2014. Etika dan Komunikasi: Dokter – Pasien – Mahasiswa. Kalimantan Selatan: PT. Grafika Wangi Kalimantan.

Ali, Muhammad Mulyohadi, dkk. 2006. Komunikasi Efektif Dokter Pasien. Jakarta Selatan: Konsil Kedokteran Indonesia.

Alita Dewi Percunda, Djazuly Chalidyanto. 2019. The correlation between perceived communication quality and customer satisfaction at Bhayangkara Hospital Emergency Department, Indonesia. 3rd International Symposium of Public Health Universitas Airlangga, Indonesia, Vol 10, No 1s.

Komala, Lukiati. 2009. Ilmu Komunikasi: Perspektif, Proses, dan Konteks. Bandung: Widya Padjadjaran.

Mulyana, Deddy. 2010. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Saptaning; Catur & Tatang, H. 2017. Komunikasi Kesehatan : Sebuah Pengantar.Malang : UB. Press.

Wiryanto. 2014. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Grasindo

Downloads

Published

2023-03-16

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)