SOSIALISASI KOMUNIKASI EFEKTIF UNTUK TENAGA KESEHATAN RUMAH SAKIT

Authors

  • Oktavy Budi Kusumawardani Universitas Kusuma Husada Surakarta
  • Agnes Prawistya Sari Universitas Kusuma Husada Surakarta
  • Rada Febria Kurniawati Universitas Kusuma Husada Surakarta
  • Raihan Alif Saputra Universitas Kusuma Husada Surakarta
  • Riszi Ramadhani Universitas Kusuma Husada Surakarta
  • Nadya Puspita Adriana Universitas Kusuma Husada Surakarta
  • Dipo Wicaksono Universitas Kusuma Husada Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30787/empowerment.v3i2.1137

Abstract

ABSTRAK

Latar Belakang: Hingga saat ini komunikasi yang efektif dengan sesama tenaga kesehatan sangat minim dan mengakibatkan perbedaan persepsi antara sesama tenaga kesehatan, sehingga dapat menyebabkan antar shift tidak mengkonfirmasi pekerjaan sebelumnya kepada petugas selanjutnya. Maka dari itu dibutuhkan sosialisasi mengenai komunikasi yang efektif untuk tenaga kesehatan agar tidajk terjadi miskomunikasi yang mengakibatkan kesalahan data ataupun pemberian obat kepada pasien. Komunikasi pada tenaga kesehatan sangat penting. Tujuan: Pentingnya komunikasi efektif untuk Tenaga Kesehatan Rumah Sakit. Metode: Pengabdian kepada masyarakat ini berfokus pada peningkatan komunikasi untuk tenaga kesehatan rumah sakit. Pengabmas ini dilakukan di Rumah Sakit X dengan melibatkan seluruh petugas kesehatan.  Kegiatan dalam pengabmas ini antara lain adalah memberikan edukasi tentang komunikasi efektif untuk tenaga kesehatan di rumah sakit. Manfaat kegiatan: untuk menambah wawasan dan pengetahuan lansia tentang komunikasi efektif untuk tenaga kesehatan di rumah sakit.

Author Biographies

Oktavy Budi Kusumawardani, Universitas Kusuma Husada Surakarta

Universitas Kusuma Husada Surakarta

Agnes Prawistya Sari, Universitas Kusuma Husada Surakarta

 

 

References

Adhani, Rosihan. 2014. Etika dan Komunikasi: Dokter – Pasien – Mahasiswa. Kalimantan Selatan: PT. Grafika Wangi Kalimantan.

Ali, Muhammad Mulyohadi, dkk. 2006. Komunikasi Efektif Dokter Pasien. Jakarta Selatan: Konsil Kedokteran Indonesia.

Alita Dewi Percunda, Djazuly Chalidyanto. 2019. The correlation between perceived communication quality and customer satisfaction at Bhayangkara Hospital Emergency Department, Indonesia. 3rd International Symposium of Public Health Universitas Airlangga, Indonesia, Vol 10, No 1s.

Kusumawardhani (2019) ‘Analisis Pengaruh Komunikasi Terapeutik Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Di Rawat Jalan Rsud Karanganyar’, Kepuasan Pasien Rawat Ianap, pp. 199–213.

Kusumawardhani, O.B. (2020) ‘Analisis Pengaruh Pemahaman Akreditas dan Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Karyawan Medis dan Non Medis di RSUD Kabupaten Karanganyar’, Journal of Hospital Administration, 3(2), pp. 74–79.

Kusumawardhani, O.B. et al. (2021) ‘Pemahaman akreditasi dan karakteristik individu terhadap kinerja karyawan rumah sakit’, DAYA SAING Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, Vol. 23, N, pp. 51–58.

Komala, Lukiati. 2009. Ilmu Komunikasi: Perspektif, Proses, dan Konteks. Bandung: Widya Padjadjaran.

Menawati, Tita, and Hendra Kurniawan. "Pentingnya Komunikasi Dalam Pelayanan Kesehatan Primer." Jurnal Kedokteran Syiah Kuala 15.2 (2015): 120-124.

Mulyana, Deddy. 2010. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Saptaning; Catur & Tatang, H. 2017. Komunikasi Kesehatan : Sebuah Pengantar.Malang : UB. Press.

Wiryanto. 2014. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Grasindo

Downloads

Published

2023-09-26

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)