PENGUATAN BRAND AWARENESS DESA WISATA BOROBUDUR MELALUI PENGEMBANGAN BAHAN TAYANG EDUKASI BERBASIS MEDIA SOSIAL

Authors

  • Anis Susanti Universitas Negeri Semarang
  • Nina Oktarina Universitas Negeri Semarang
  • Dian Fithra Permana Universitas Negeri Semarang
  • Gendis Putri Gustine Universitas Negeri Semarang
  • Nanda Zahrotul 'Aeni Universitas Negeri Semarang
  • Dewi Azizatul Kholqiyah Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.30787/empowerment.v5i1.1716

Keywords:

Brand Awareness, Borobudur Tourism Village, CapCut Application Training

Abstract

Desa Wisata Borobudur, sebagai salah satu destinasi super prioritas, memiliki peran penting dalam menarik wisatawan domestik dan mancanegara. Untuk mendukung pengelolaan desa wisata, penting dilakukan upaya peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pelatihan. Salah satunya adalah penguatan brand awareness desa wisata melalui pembuatan bahan tayang edukasi berbasis media sosial menggunakan aplikasi edit video CapCut. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pengelola desa wisata dalam rangka menguatkan Brand Awareness melalui pembuatan bahan tayang edukasi berupa video pendek berbasis media sosial dengan pemanfaatan aplikasi CapCut. Metode pelaksanaan yang dilakukan adalah pendampingan yang diikuti oleh 20 peserta yang terdiri dari pemilik usaha kuliner, kerajinan, dan penyewaan volkswagen di Desa Wisata Borobudur. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah peserta mampu meningkatkan keterampilan mereka dalam membuat bahan tayang edukasi video pendek untuk diunggah di Instagram, yang  lebih lanjut dapat meningkatkan Brand Awareness Desa Wisata Borobudur secara luas melalui media sosial dan mendukung promosi secara online guna memperluas jangkauan yang pada akhirnya meningkatkan jumlah kunjungan ke desa wisata

References

Arisandi, D., & Pradana, M. N. R. (2018). Pengaruh Penggunaan Social Media Terhadap Brand Awareness Pada Objek Wisata Di Kota Batam. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 109–116. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.263

Aurelya, S., Hotiah, S., Aminah, S., Nofiani, D., Manajemen, J., Ekonomi, F., Bisnis, D., Pembangunan, U., Veteran, N. ", & Timur, J. (2022). Strategi Promosi Menggunakan Sosial Media Untuk Mengoptimalkan Branding Desa Wisata. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 112–117.

Darubekti, N., Hanum, S. H., Suryaningsih, P. E., & Waryenti, D. (2022). Peningkatan Literasi Digital Kelompok Sadar Wisata untuk Pengembangan Desa Wisata secara Berkelanjutan. MITRA: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 6(2), 155–166.

Hanindharputri, M. A., Ariesta, I. G. B. B. B., & Utami, S. (2022). Konten Visual Instagram Sebagai Upaya Branding Desa Wisata Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Bahasa Rupa, 6(1), 90–98. https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v6i1.1079

Huizen, L. M., Christioko, B. V, & ... (2023). Pemanfaatan Aplikasi Capcut Untuk Membuat Video Digital Marketing Sebagai Strategi Promosi Inovatif Produk Umkm. Dimastik:Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 133–145.

Ismaun, Wajidi, F., & Quraisy, M. I. (2023). Peningkatan Kemampuan Personal Branding Melalui Aplikasi. ABDIMAS UNIPOL: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1, 78–82.

Kotler, P., & Kevin, L. K. (2012). Marketing Management (13th ed.). Pearson Prentice Hall, Inc.

Mursin, Rimayasi, Rusdin, L. O., Zulzaman, & Badia, B. A. (2024). Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Capcut-Editor Video. 2(1), 1–5. https://doi.org/10.35326/pemadani.v8i4.5225

Satyawati, N. M., Wardani, K. D. K. A., & Gorda, A. A. N. E. S. (2023). Management Strategy Of Tiktok To Build Brand Awareness In Bkkbn Program Of Bali Province. KAIBON ABHINAYA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 100–107.

Thimothy, S. (2020). What is the difference between brand awareness and brand recognition. https://www.forbes.com/sites/theyec/2021/12/28/what-is-the-difference-between-brand-awareness-and-brand-recognition/?sh=16c52d5e2e3d

Wijaya, V., Sitompul, N., Mulyanto, U. H., & Wahyuni, S. (2023). Pelatihan Editing Video Menggunakan Aplikasi Smartphone CapCut Bagi Ibu-Ibu Gabungan Organisasi Wanita Sambas. Junal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, Vol. 4 No.(Juni), 1343–1351

Published

2025-03-22

Issue

Section

Articles