PENGUATAN BRAND AWARENESS DESA WISATA BOROBUDUR MELALUI PENGEMBANGAN BAHAN TAYANG EDUKASI BERBASIS MEDIA SOSIAL
DOI:
https://doi.org/10.30787/empowerment.v5i1.1716Keywords:
Brand Awareness, Borobudur Tourism Village, CapCut Application TrainingAbstract
Desa Wisata Borobudur, sebagai salah satu destinasi super prioritas, memiliki peran penting dalam menarik wisatawan domestik dan mancanegara. Untuk mendukung pengelolaan desa wisata, penting dilakukan upaya peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pelatihan. Salah satunya adalah penguatan brand awareness desa wisata melalui pembuatan bahan tayang edukasi berbasis media sosial menggunakan aplikasi edit video CapCut. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pengelola desa wisata dalam rangka menguatkan Brand Awareness melalui pembuatan bahan tayang edukasi berupa video pendek berbasis media sosial dengan pemanfaatan aplikasi CapCut. Metode pelaksanaan yang dilakukan adalah pendampingan yang diikuti oleh 20 peserta yang terdiri dari pemilik usaha kuliner, kerajinan, dan penyewaan volkswagen di Desa Wisata Borobudur. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah peserta mampu meningkatkan keterampilan mereka dalam membuat bahan tayang edukasi video pendek untuk diunggah di Instagram, yang lebih lanjut dapat meningkatkan Brand Awareness Desa Wisata Borobudur secara luas melalui media sosial dan mendukung promosi secara online guna memperluas jangkauan yang pada akhirnya meningkatkan jumlah kunjungan ke desa wisata
References
Arisandi, D., & Pradana, M. N. R. (2018). Pengaruh Penggunaan Social Media Terhadap Brand Awareness Pada Objek Wisata Di Kota Batam. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 109–116. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.263
Aurelya, S., Hotiah, S., Aminah, S., Nofiani, D., Manajemen, J., Ekonomi, F., Bisnis, D., Pembangunan, U., Veteran, N. ", & Timur, J. (2022). Strategi Promosi Menggunakan Sosial Media Untuk Mengoptimalkan Branding Desa Wisata. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 112–117.
Darubekti, N., Hanum, S. H., Suryaningsih, P. E., & Waryenti, D. (2022). Peningkatan Literasi Digital Kelompok Sadar Wisata untuk Pengembangan Desa Wisata secara Berkelanjutan. MITRA: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 6(2), 155–166.
Hanindharputri, M. A., Ariesta, I. G. B. B. B., & Utami, S. (2022). Konten Visual Instagram Sebagai Upaya Branding Desa Wisata Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Bahasa Rupa, 6(1), 90–98. https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v6i1.1079
Huizen, L. M., Christioko, B. V, & ... (2023). Pemanfaatan Aplikasi Capcut Untuk Membuat Video Digital Marketing Sebagai Strategi Promosi Inovatif Produk Umkm. Dimastik:Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 133–145.
Ismaun, Wajidi, F., & Quraisy, M. I. (2023). Peningkatan Kemampuan Personal Branding Melalui Aplikasi. ABDIMAS UNIPOL: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1, 78–82.
Kotler, P., & Kevin, L. K. (2012). Marketing Management (13th ed.). Pearson Prentice Hall, Inc.
Mursin, Rimayasi, Rusdin, L. O., Zulzaman, & Badia, B. A. (2024). Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Capcut-Editor Video. 2(1), 1–5. https://doi.org/10.35326/pemadani.v8i4.5225
Satyawati, N. M., Wardani, K. D. K. A., & Gorda, A. A. N. E. S. (2023). Management Strategy Of Tiktok To Build Brand Awareness In Bkkbn Program Of Bali Province. KAIBON ABHINAYA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 100–107.
Thimothy, S. (2020). What is the difference between brand awareness and brand recognition. https://www.forbes.com/sites/theyec/2021/12/28/what-is-the-difference-between-brand-awareness-and-brand-recognition/?sh=16c52d5e2e3d
Wijaya, V., Sitompul, N., Mulyanto, U. H., & Wahyuni, S. (2023). Pelatihan Editing Video Menggunakan Aplikasi Smartphone CapCut Bagi Ibu-Ibu Gabungan Organisasi Wanita Sambas. Junal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, Vol. 4 No.(Juni), 1343–1351
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anis Susanti, Nina Oktarina, Dian Fithra Permana, Gendis Putri Gustine, Nanda Zahrotul 'Aeni, Dewi Azizatul Kholqiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.Empowerment Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.