BUILDING DISTRIBUTED APPLICATIONS TO CALCULATE COURSE LEARNING OUTCOMES

Penulis

  • Joko Triyono Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Dwi Setyowati Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Robertus Tefa Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Agus Marsadualan Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30787/restia.v2i1.1413

Kata Kunci:

Aplikasi, Distribusi, Input, Capaian Pembelajaran, Proses

Abstrak

Teknologi informasi telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, serta dalam kegiatan profesional dosen. Dalam konsep dasar, informasi akan mengikuti pola mulai dari input – proses dan output, sehingga kualitas informasi akan bergantung pada kualitas input yang masuk. Dalam bidang kegiatan akademik, hubungan antar data sangat banyak, dan masing-masing data tersebut saling mengikat dan saling mempengaruhi. Dengan kompleksitas kegiatan di bidang akademik dan berbagai permasalahan yang muncul, sehingga kegiatan di bidang akademik muncul banyak sistem informasi yang terkadang tidak berkaitan antara masing-masing sistem informasi.  Pada kasus-kasus tertentu dalam bidang akademik, misalnya dalam menganalisis hasil kegiatan pembelajaran yang selalu dilaksanakan pada setiap akhir semester berupa hasil pembelajaran mata kuliah, maka dosen akan selalu melaksanakan kegiatan tersebut pada setiap akhir semester dengan sumber data berupa kurikulum, RPS dan nilai mahasiswa, dosen akan melakukan perhitungan untuk menghasilkan informasi hasil kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah model perancangan arsitektur aplikasi web sehingga aplikasi terdistribusi dapat digunakan oleh jurusan dan dosen untuk menghitung hasil pembelajaran mata kuliah yang lebih sederhana dan efektif.

Referensi

I. Chirikov, T. Semenova, N. Maloshonok, E. Bettinger, dan R. F. Kizilcec, “Online education platforms scale college STEM instruction with equivalent learning outcomes at lower cost,” Sci. Adv., vol. 6, no. 15, hal. eaay5324, 2020.

I. W. Mertha dan M. Mahfud, “HISTORY LEARNING BASED ON WORDWALL APPLICATIONS TO IMPROVE STUDENT LEARNING RESULTS CLASS X IPS IN MA AS’ADIYAH KETAPANG,” Int. J. Educ. Rev. Law Soc. Sci., vol. 2, no. 5, hal. 507–612, 2022.

I. Supena, A. Darmuki, dan A. Hariyadi, “The Influence of 4C (Constructive, Critical, Creativity, Collaborative) Learning Model on Students’ Learning Outcomes.,” Int. J. Instr., vol. 14, no. 3, hal. 873–892, 2021.

R. Huang dkk., “The impact of gamification in educational settings on student learning outcomes: A meta-analysis,” Educ. Technol. Res. Dev., vol. 68, hal. 1875–1901, 2020.

J. Triyono dan P. D. Akbar, “Implementasi Rancangan Database Akademik menggunakan Function, Store Procedure, Trigger dan View,” J. Inform. Komputer, Bisnis dan Manaj., vol. 21, no. 1, hal. 45–59, 2023, doi: 10.61805/fahma.v21i1.24.

J. Triyono, “Penerapan Hak Akses pada Perancangan Database Akademik untuk Meningkatkan Keamanan Data,” MALCOM Indones. J. Mach. Learn. Comput. Sci., vol. 3, no. 1, hal. 50–59, 2023, doi: 10.57152/malcom.v3i1.747.

A. D. Khamis, “Security Framework for Distributed Database System,” J. Data Anal. Inf. Process., vol. 07, no. 01, hal. 1–13, 2019, doi: 10.4236/jdaip.2019.71001.

T. Joko, “Penerapan Hak Akses pada Perancangan Database Akademik untuk Meningkatkan Keamanan Data,” Indones. J. Mach. Learn. Comput. Sci., vol. 3, no. 1, hal. 50–59, 2023.

F. I. Rahma, T. Agustin, R. M. James, dan E. Utami, “Implementasi Constraint CHECK Pada Basis Data Aplikasi LaundryPOS Dalam Aspek Kebenaran Data,” Creat. Inf. Technol. J., vol. 7, no. 2, hal. 133, 2021, doi: 10.24076/citec.2020v7i2.259.

Y. Wang, J. Xi, dan T. Cheng, “The Overview of Database Security Threats’ Solutions: Traditional and Machine Learning,” J. Inf. Secur., vol. 12, no. 01, hal. 34–55, 2021, doi: 10.4236/jis.2021.121002.

J. Triyono, P. Haryani, dan M. F. A. Sa’fii, “Membangun Aplikasi Web Front End dengan Teknik JSON (Java Script Object Notation),” Pros. SNAST, hal. 237–248, 2018.

S. Y. Qodarbaskoro, Kusnawi, dan E. Utami, “Sistematik Review: Penggunaaan Basis Data Relasional dan Non-Relasional pada Aplikasi IOT (Internet Of Things),” J. Heal. Sains, vol. 2, no. 1, hal. 136–144, 2021, doi: 10.46799/jsa.v2i1.160.

“Hurst’s the Heart Manual of Cardiology, 12th Edition, McGraw-Hill Companies,” Congenit. Heart Dis., vol. 5, no. 2, hal. 195, 2010, doi: 10.1111/j.1747-0803.2008.00395.x.

Diterbitkan

2024-02-01

Cara Mengutip

Triyono, J., Setyowati, D., Tefa, R., & Marsadualan, A. (2024). BUILDING DISTRIBUTED APPLICATIONS TO CALCULATE COURSE LEARNING OUTCOMES. Jurnal Riset Sistem Dan Teknologi Informasi, 2(1), 44–56. https://doi.org/10.30787/restia.v2i1.1413

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.