EVALUASI KEPUASAN SISWA PADA APLIKASI ADOBE PHOTOSHOP MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION
DOI:
https://doi.org/10.30787/restia.v1i2.1281Kata Kunci:
evaluasi, adobe photoshop, end-user computing satisfaction, likert, kepuasanAbstrak
Penelitian ini merupakan suatu kegiatan untuk mengetahui kepuasan siswa terhadap software Adobe Photoshop dengan menggunakan metode end-user computing satisfaction (EUCS). Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil evaluasi aplikasi mengenai tingkat kepuasan siswa sebagai pengguna dan rekomendasi perbaikan teknis pada aplikasi Adobe Photoshop menjadi aplikasi yang lebih baik. Pada tahap proses analisis penelitian digunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari survey kepuasan siswa pada penelitian ini mencapai tingkat kepuasan sebesar 66%.
Hasil analisis dihitung dari analisis dengan nilai atribut, nilai content 73%, nilai accuracy 64%, nilai format 72%, nilai ease of use 54%, dan nilai timeline 65%. Hasil dari survey ini pada bagian kategori penilaian end-user computing satisfaction (EUCS), pengguna software Adobe Photoshop menyatakan puas. Perangkat lunak Adobe Photoshop perlu meningkatkan beberapa aspek agar lebih baik, terutama fitur pemilihan alat pengeditan yang dapat memudahkan untuk memilih menyeleksi object secara detail dan rinci.
Referensi
Salman, “Kecerdasan Buatan pada Aplikasi Edit Foto,” Kumparan.com, 2021.
S. E. Daniati, H. Octaria, M. R. Amartha, and R. Aprianto, “Evaluasi Penerapan SIMRS dengan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction) di Instalasi Rekam Medis RSUD Petala Bumi Provinsi Riau Tahun 2021,” Community Engagem. Emerg. J., vol. 3, no. 2, pp. 207–212, 2022.
N. A. O. Saputri and A. Alvin, “Measurement of User Satisfaction Level in the Bina Darma Information Systems Study Program Portal Using End User Computing Satisfaction Method,” J. Inf. Syst. Informatics, vol. 2, no. 1, pp. 154–162, 2020, doi: 10.33557/journalisi.v2i1.43.
M. Ziveria, R. Sefina Samosir, and M. Rusli, “Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Perangkat Adobe Photoshop Untuk Manipulasi Foto Bagi Tim Teknologi Informasi YPU,” ABDIMAS J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 1–11, 2020, doi: 10.53008/abdimas.v1i1.21.
P. Clark, “Photoshop: Now the world’s most advanced AI application for creatives,” blog.adobe.com, 2020.
M. A. Sugandi and R. M. N. Halim, “Analisis End-User Computing Satisfaction (Eucs) Pada Aplikasi Mobile Universitas BiSugandi, M. A., & Halim, R. M. N. (2020). Analisis End-User Computing Satisfaction (Eucs) Pada Aplikasi Mobile Universitas Bina Darma. Sistemasi, 9(1), 143. https://doi.org,” Sistemasi, vol. 9, no. 1, p. 143, 2020.
U. Ependi and R. Syafari, “End user computing satisfaction,” vol. 13, no. 3, pp. 35–46, 2017.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, 2nd ed. Bandung: Alfabeta, 2013.
Y. Payu Wao, M. Priska, and N. Peni, “PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF CLASSPOINT PADA MATA KULIAH ZOOLOGI INVERTEBRATA,” J. Inov. Pembelajaran Biol., vol. 3, no. 2, pp. 76–87, 2022, doi: https://doi.org/10.26740/jipb.v3n2.p76-87.
A. M. A. Prasetyaning and J. Waluyo, “ANALISIS RESPON SISWA TERHADAP MODEL PAIRS, INVESTIGATION AND COMMUNICATION (PIC) DALAM PEMBELAJARAN IPA,” J. Pembelajaran dan Pendidik. Sains, vol. 2, no. 1, pp. 9–15, 2017.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Sigit Setiyanto, Ilham Fatah Yasin, Ahmad Muhandis Nafiuddin

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.