EDUKASI BAHAYA COVID-19 DAN 5M SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 PADA SISWA KELAS 6 SD NEGERI 3 KROBOKAN
DOI:
https://doi.org/10.30787/empowerment.v2i2.933Keywords:
edukasi, covid-19, protokol kesehatan 5MAbstract
Pemerintah daerah dapat mengeluarkan izin kepada satuan pendidikan yang telah memenuhi seluruh persyaratan berjenjang untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka secara terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Namun pada kondisi nyata penerapan protokol kesehatan tersebut tidak dilakukan dengan baik oleh para siswa di SD Negeri 3 Krobokan. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada siswa kelas 6 SD Negeri 3 Krobokan dapat disimpulkan bahwa mereka tahu apa itu Covid-19 dan 5M secara umum. Namun, mereka belum memahami bagaimana virus itu menyebar dan bagaimana 5M menyikapi penyebaran virus Covid-19, sehingga kesadaran siswa akan pentingnya menerapkan 5M masih kurang. Untuk membantu menguraikan masalah, metode kegiatan yang dilakukan yaitu dengan memberikan edukasi pada siswa kelas 6 SD Negeri 3 Krobokan tentang bahaya Covid-19 dan 5M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan, Menghindari kerumunan dan Mengurangi mobilitas) sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Edukasi dilakukan dengan media video animasi yang disertai dengan praktik 7 langkah mencuci tangan serta pembuatan poster bertema Covid-19.
References
Aji, R. H. S. (2020). Dampak COVID-19 pada pendidikan di indonesia: Sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, 7(5), 395-402.
Aulia, G., Rahmah Fahriati, A., Okta Ratnaningtyas, T., Meitania Utami, S., Dwi Pratiwi, R., Adi Ismaya, N., & Ayu Sabrina, P. (2021). Covid-19 Prevention Education With the Health Protocol of 5M and the Importance of Multivitamins During Covid-19 Pandemic. Jurnal Abdi Masyarakat, 2(1), 133-139.
Gray, D. J., Kurscheid, J., Mationg, M. L., Williams, G. M., Gordon, C., Kelly, M., & McManus, D. P. (2020). Health-education to prevent COVID-19 in schoolchildren: a call to action. Infectious Diseases of Poverty, 9(1), 1-3.
Kementerian Kesehatan RI. 2020. Pedoman dan Pencegahan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19). Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit. Jakarta : Kementerian Kesehatan RI
Lestari, N. D. (2021). Sosialisasi Bahaya Covid-19 dan Protokol Kesehatan Kepada Anak-Anak di Tempat Les Desa Sidorahayu. Humanism: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 57-65.
Prasetiyo, A. (2020). Media Internet Sebagai Sarana Edukasi Pada Anak Usia Dini Tentang Covid-19. Journal Of Informatics And Vocational Education, 3(2), 43-46.
Satgas Covid-19. 2021. Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19. Jakarta : Satgas Covid-19.
Satgas Covid-19. 2022. Peta Sebaran. Satgas Covid-19. <https://covid19.go.id/peta-sebaran>. Diakses 26 Februari 2022.
Schleicher, A. (2020). The impact of COVID-19 on education-Insights from Education at a Glance 2020. Amerika : Organisation for Economic Co-operation and Development.
United Nations Children’s Fund. 2020. COVID-19 dan Anak-Anak di Indonesia. Jakarta : United Nations Children’s Fund.
World Health Organization. 2022. Coronavirus Disease (Covid-19) Dashboard. WHO. <https://covid19.who.int>. Diakses 26 Februari 2022.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Empowerment Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.Empowerment Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.