Manajemen Nyeri dengan Guide Imagery Relaxation pada Pasien Cedera Kepala Ringan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) : Literature Review

Main Article Content

Mifta Ayu Firmada
Mila Kristianti
Fida Husain

Abstract

Latar Belakang: Cedera kepala ringan (CKR) adalah suatu keadaan dimana GCS antara 13-15, dapat terjadi kehilangan kesadaran tidak lebih dari 10 menit. Manifestasi klinis pasien CKR ditemukan nyeri kepala, diziness atau keduanya sebanyak 57%. Penanganan CKR dapat dilakukan dengan terapi nonfarmakologi yaitu guide imagery. Guide imagery suatu terapi menggunakan kekuatan pikiran untuk menyembuhkan diri/ relaksasi melalui komunikasi dalam tubuh.  Tujuan: tujuan dari literature review ini adalah untuk mengidentifikasi manajemen nyeri non farmakologi pada pasien CKR di Instalasi Gawat Darurat (IGD). Metode: Pencarian database ini dilakukan dengan penelusuran di Google Scholar dengan kata kunci guide imagery, cedera kepala ringan, nyeri. Kriteria inklusi dari literature review ini yaitu artikel yang dipublikasikan dalam kurun waktu 5 tahun terakhir dengan tahun terbit 2015-2020, full text, menggunakan bahasa indonesia, artikel yang digunakan adalah artikel eksperimental. Hasil: intervensi yang dapat dilakukan pada saat terjadi nyeri pada cidera kepala ringan yaitu guide imagery serta dapat dikombinaksian dengan sloowdeep breathing. Kesimpulan: semua intervensi hasil luteratur review ini berupa pemberian gudie imagery serta pemberian relaksasi nafas dalam atau sloowdeep breathing.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Firmada, M. A., Kristianti, M., & Husain, F. (2021). Manajemen Nyeri dengan Guide Imagery Relaxation pada Pasien Cedera Kepala Ringan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) : Literature Review. ASJN (Aisyiyah Surakarta Journal of Nursing), 2(1), 20–25. https://doi.org/10.30787/asjn.v2i1.814
Section
Articles
Author Biographies

Mifta Ayu Firmada, Universitas 'Aisyiyah Surakarta

Mahasiswa Program Studi Profesi Ners, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas 'Aisyiyah Surakarta

Mila Kristianti, Universitas 'Aisyiyah Surakarta

Mahasiswa Program Studi Profesi Ners, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas 'Aisyiyah Surakarta

Fida Husain, Universitas 'Aisyiyah Surakarta

Dosen Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas 'Aisyiyah Surakarta

References

Aini, S. N., & Nilasari, I. (2018). Manajemen nyeri dengan kombinasi tehnik relaksasi napas dalam dan pemberian analgetik dalam menurunkan nyeri pada cedera kepala ringan. CARE Jurnal Keperawatan, 8(2).

Elsi M, Dyah, Muhsinin. (2018). Study Comparasi Terapi Slow Deep Breathing dan Guided Imagery Relaksasi dalam Menurunkan Skala Nyeri Pasien Cedera Kepala Ringan Pasca Pemberian Analgetik Di IGD. Nursing Journal,1(3), 93-102.

Gustia, M., & Manurung, M. (2018). Hubungan ketepatan penilaian triase dengan tingkat keberhasialan penanganan pasien cidera kepala di igd rsu hkbp balige kabupaten toba samosir. Jumantik (Jurnal Ilmiah Penelitian Kesehatan), 3(2), 98-114.

Hamdani, D. dan Husain, F. (2021) “Improved Hemodynamic Status of Head Injured Patients in the Emergency Unit (ER): Literature Review,” Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan Indonesia, 11(4), hal. 173–180. doi: https://doi.org/10.33221/jiiki.v11i04.1494.

Innez Karunia, M., Wulandari, Y., Setyowati, Z. D., & Rakhmawati, N. (2017). Kombinasi Guided Imagery and Music (Gim) dan Relaksasi Autogenik Terhadap Nyeri pada Cedera Kepala. Adi Husada Nursing Journal, 3(2), 45-49.

Nugroho. P. Handono, (2019). efektivitas manajemen nyeri dengan guided imagery relaxation pada pasien cedera kepala di rsud dr. soediran mangun sumarso wonogiri. Jurnal KEPERAWATAN GSH, 7(1), 5-9.

Patasik, C. K., Tangka, J., & Rottie, J. (2013). Efektifitas Teknik Relaksasi Nafas Dalam Dan Guided Imagery Terhadap Penurunan Nyeri Pada Pasien Post Operasi Sectio Caesare Di Irina D Blu Rsup Prof. Dr. RD Kandou Manado. JURNAL KEPERAWATAN, 1(1).

Pusparini, Yesi. Pengaruh Guide Imagery Terhadap Nyeri Kepala Pasien CKR (Cedera Kepala Ringan). Sehat Masada 11.1 (2017): 23-30.

Tri Mawarni, Afianti, Yati, and Yuliani Budiarti. Efek terapi kombinasi slow deep breathing (sdb) dan massage terhadap intensitas nyeri kepala akut pada cedera kepala ringan. Journal Nurshing Army 1.2 (2020): 25-36.

Most read articles by the same author(s)