Optimisasi Analisis Pelaksanan Pelaporan Pasien Menggunakan Sistem Informasi Rumah Sakit( SIRS) Online di Rumah Sakit Sentra Medika Sanggau Tahun 2023
DOI:
https://doi.org/10.30787/restia.v3i1.1420Kata Kunci:
Analisis, Pelaporan, SIRSAbstrak
Sistem Informasi Rumah Sakit merupakan pengumpulan, pengolahan dan penyajian data rumah sakit di seluruh Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui presentase pasien periode 2022-2023 dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pelaporan pasien menggunakan Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) Online di RSUD Sanggau Medika Center. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pelaporan pasien menggunakan Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) online. Hasil penelitian ini dilihat dari faktor manusia, jumlah petugas masih kurang dengan jumlah petugas hanya dua orang. Metode, belum adanya prosedur operasional baku mengenai pelaporan pasien menggunakan Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) Online. Mesin, jaringan yang mengalami kendala. Material, belum adanya sistem informasi manajemen rumah sakit berdampak langsung terhadap efektifitas dan efisiensi kerja staf. Kesimpulannya, pemanfaatan aplikasi Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) Online di RSUD Sanggau Medika Center sudah cukup baik namun masih belum optimal, dikarenakan jumlah petugas masih terbatas dan fasilitas yang tersedia belum dapat mendukung sepenuhnya pemanfaatan Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) Online dalam pelaporan pasien.
Referensi
W. S. Surya, M. Y. Waworuntu, W. M. E. Lumi, A. A. Tulung, and M. R. Taher, “ANALISIS IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT DI RSUD ANUGERAH TOMOHON,” PREPOTIF: JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, vol. 8, no. 3, pp. 6309–6318, 2024.
N. Nurfarahin, A. R. Abidin, and R. Rachmadhina, “Optimalisasi Pengelolaan Simrs pada Unit Nurse Station Rawat Jalan di Rumah Sakit Mata Pekanbaru Eye Center Tahun 2024,” Jurnal Syntax Admiration, vol. 6, no. 1, pp. 93–106, 2025.
M. T. Talib, Manajemen Rekam Medis “Si-Jantung” Rumah Sakit. CV. Azka Pustaka, 2022.
A. Wafidah, I. G. G. H. Marwanto, T. Pramono, and A. H. Muzaqi, “Implementation of Permenkes Number 82 of 2013 Concerning Hospital Management Information Systems (SIM RS) (Study at Kertosono Regional Hospital, Nganjuk Regency),” JKMP (Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik), vol. 11, no. 1, pp. 29–37, 2023, doi: 10.21070/jkmp.v11i1.1743.
E. Daeli, “Analisis Kebijakan Tatakelola Rekam Medis Pada Instalasi Rawat Jalan: Policy Analysis of Medical Record Management in Outpatient Installation,” Indonesian Scholar Journal of Medical and Health …, vol. 2, no. 01, pp. 509–519, 2022.
S. A. Deharja, Konsep dan Implementasi Sistem Informasi Kesehatan - Google Books. PT. RajaGrafindo Persada, 2021.
N. B. Argaheni and A. N. Sari, Buku Ajar Sistem Teknologi Informasi dalam Pelayanan Kebidanan. CV Jejak (Jejak Publisher), 2022.
S. M. Chaerudin and A. Syafarudin, “The effect of product quality, service quality, price on product purchasing decisions on consumer satisfaction,” Ilomata International Journal of Tax and Accounting, vol. 2, no. 1, pp. 61–70, 2021, doi: 10.52728/ijtc.v2i1.202.
K. A. Wager, F. W. Lee, and J. P. Glaser, Health care information systems: a practical approach for health care management. John Wiley & Sons, 2021.
W. He, Z. (Justin) Zhang, and W. Li, “Information technology solutions, challenges, and suggestions for tackling the COVID-19 pandemic,” Int J Inf Manage, vol. 57, p. 102287, 2021, doi: 10.1016/j.ijinfomgt.2020.102287.
A. Al-Okaily, M. Al-Okaily, T. Ai Ping, H. Al-Mawali, and H. Zaidan, “An empirical investigation of enterprise system user satisfaction antecedents in Jordanian commercial banks,” Cogent Business and Management, vol. 8, no. 1, p. 1918847, 2021, doi: 10.1080/23311975.2021.1918847.
C. H. Au, K. K. W. Ho, and D. K. W. Chiu, “The Role of Online Misinformation and Fake News in Ideological Polarization: Barriers, Catalysts, and Implications,” Information Systems Frontiers, vol. 24, no. 4, pp. 1331–1354, 2022, doi: 10.1007/s10796-021-10133-9.
A.- Kurniawan, “Penyusunan rencana strategis sistem informasi dan teknologi informasi di rumah sakit jiwa grhasia daerah istimewa yogyakarta,” Journal of Information Systems for Public Health, vol. 6, no. 3, p. 43, 2021, doi: 10.22146/jisph.46182.
M. A. Hendrawati, “Analisis efisiensi ruang rawat inap isolasi covid-19 dengan data envelopment analysis (dea) rumah sakit rujukan pelayanan covid-19 kelas b di eks karesidenan surakarta,” 2022, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Darmawan, Manajemen Rumah Sakit “Informasi Cakupan Capaian Target Pelayanan, Manajemen Mutu, Manajemen Efisiensi Pelayanan, Biaya Ekonomi Penyakit, Pendidikan Dan Pelatihan” Di Rumah Sakit. Penerbit Adab, 2021.
F. Li, H. Lu, M. Hou, K. Cui, and M. Darbandi, “Customer satisfaction with bank services: The role of cloud services, security, e-learning and service quality,” Technol Soc, vol. 64, p. 101487, 2021, doi: 10.1016/j.techsoc.2020.101487.
A. Sheikh et al., “Health information technology and digital innovation for national learning health and care systems,” Lancet Digit Health, vol. 3, no. 6, pp. e383–e396, 2021, doi: 10.1016/S2589-7500(21)00005-4.
X. Yuan, C. Shi, and Z. Wang, “The Optimization of Hospital Financial Management Based on Cloud Technology and Wireless Network Technology in the Context of Artificial Intelligence,” Wirel Commun Mob Comput, vol. 2022, 2022, doi: 10.1155/2022/9998311.
M. N. Alolayyan et al., “The mediating role of operational Flexibility on the relationship between quality of health information technology and management capability,” Uncertain Supply Chain Management, vol. 10, no. 4, pp. 1131–1140, 2022, doi: 10.5267/j.uscm.2022.8.014.
N. W. Purnawati et al., Sistem Informasi (Teori dan Implementasi Sistem Informasi di berbagai Bidang). PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2024.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 aditiya sardi, Wahyudi Wahyudi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.