PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN ANIMASI 2D LAPISAN BUMI DAN TATA SURYA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII (Studi Kasus : SMP Negeri 1 Tamansari)

Penulis

  • Yudhi Hariyanto STMIK AMIKOM Surakarta
  • Widiyanto Hadi STMIK AMIKOM Surakarta
  • Febrianta Surya Nugraha STMIK AMIKOM Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30787/restia.v1i2.1242

Kata Kunci:

2 dimensi, animasi, video pembelajaran, tata surya, lapisan bumi

Abstrak

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin terkonsentrasi pada era saat ini memberikan dampak baik bagi keduanya yaitu dimana pembelajaran dapat diintegrasikan dengan teknologi sehingga banyak media pembelajaran yang mulai menggunakan teknologi. Animasi 2D memanfaatkan gambar yang dihasilkan dari penggambaran objek atau karakter dalam setiap frame yang kemudian disusun dengan urutan yang tepat untuk menciptakan ilusi gerak. Disini peneliti mengambil studi kasus pada mata kuliah Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang menitikberatkan pada materi lapisan bumi dan tata surya. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan peneliti dengan guru mata pelajaran yang bersangkutan, banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami bahkan menghafal materi. Hal tersebut mengakibatkan nilai yang diperoleh siswa pada mata pelajaran IPA khususnya pada materi lapisan bumi dan tata surya menjadi rendah dan berada dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), dengan nilai KKM mata pelajaran IPA pada materi tersebut. memiliki nilai 70/100 dan sebagian besar siswa memiliki nilai yang masih dibawah 70/100. Alur penelitian yang dilakukan terdiri dari tahapan pengumpulan data, analisis, dan desain. Video animasi 2 dimensi yang dihasilkan terdiri dari 2 materi utama yaitu lapisan bumi yang terdiri dari atmosfer, litosfer dan hidrosfer serta tata surya.

Diterbitkan

2023-07-19

Cara Mengutip

Hariyanto, Y., Hadi, W., & Nugraha, F. S. (2023). PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN ANIMASI 2D LAPISAN BUMI DAN TATA SURYA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII (Studi Kasus : SMP Negeri 1 Tamansari) . Jurnal Riset Sistem Dan Teknologi Informasi, 1(2), 22–28. https://doi.org/10.30787/restia.v1i2.1242

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.