DIGITAL SIGNAGE SEBAGAI INFORMASI INTERAKTIF MASJID NURUL IMAN BERBASIS WEB RESPONSIVE
DOI:
https://doi.org/10.30787/restia.v1i1.1072Kata Kunci:
digital signage, multimedia, mosque, information technologyAbstrak
Teknologi informasi merupakan apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan ataupun dalam hal menyebar luaskan informasi. Dalam kehidupan manusia terdapat hubungan sosial yang tidak terlepas dari teknologi khususnya media teknologi informasi. Penyampaian informasi saat ini tidak lagi menggunakan perantara media cetak, tetapi telah bergeser ke penggunaan media digital elektronik. Penyampaian informasi dapat diartikan sebagai pengumuman atau pesan yang disampaikan kepada setiap orang yang menjadi tujuan atau sasaran dari informasi yang dimaksud. Penelitian ini membahas tentang Digital Signage (sistem informasi pengumuman) yang menggantikan media pengumuman secara konvensional / papan majalah dinding (mading) ke dalam bentuk digital. Bentuk Digital Signage digunakan di komputer dengan menghubungkan ke monitor untuk menampilkan informasi berbasis digital dalam satu arah. Informasi pengumuman ini membuat pengurus Masjid Nurul Iman tidak perlu lagi mencetak dan menempelkan pengumuman di papan informasi yang tersedia, melainkan dapat memasukkan pengumuman tersebut secara digital ke dalam sistem dan kemudian pengumuman tersebut akan secara otomatis tampil di layar monitor yang tersedia di area Masjid Nurul Iman. Hal ini dapat menjadikan proses penyampaian informasi lebih efektif dan efisien jika dibandingkan dengan media cetak serta lebih menarik dan interaktif.
Referensi
A. M. Dawis and I. Setiawan, “Utilization of Virtual Reality Technology in Knowing the Symptoms of Acrophobia and Nyctophobia,” J. Appl. Sci. Technol., vol. 2, no. 02, pp. 36–42, 2022.
D. Komalasari and I. Solikin, “Penerapan Aplikasi Mading Digital Berbasis Web Pada MA. Miftahul Huda Kabupaten OKI,” JUSIFO (Jurnal Sist. Informasi), vol. 4, no. 1, pp. 27–36, 2018.
O. M. Sinaulan, Y. D. Y. Rindengan, and B. A. Sugiarso, “Perancangan Alat Ukur Kecepatan Kendaraan Menggunakan ATMega 16,” J. Tek. Elektro dan Komput., vol. 4, no. 3, pp. 60–70, 2015.
S. Sutami and M. H. Qamaruzzaman, “Implementasi aplikasi pembelajaran untuk anak berbasis android,” Martabe J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 106–110, 2019.
M. H. Qamaruzzaman and S. Sutami, “Rancang bangun informasi obat tradisional kalimantan dengan permodelan air terjun berbasis android,” J. Pendidik. Inform. dan Sains, vol. 10, no. 1, pp. 80–89, 2021.
M. Ichsan, F. Haris, and M. H. Qamaruzzaman, “Rancang Bangun Digital Signage Sebagai Papan Informasi Digital Masjid Di Kota Palangka Raya Berbasis Web Responsive,” J. Sains Komput. Dan Teknol. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 50–55, 2021.
P. Jirava, “System development life cycle,” Sci. Pap. Univ. Pardubice. Ser. D Fac. Econ. Adm. 9, 2004.
F. Heriyanti and A. Ishak, “Design of logistics information system in the finished product warehouse with the waterfall method: review literature,” in IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, IOP Publishing, 2020, p. 12100.
M. V Valueva, N. N. Nagornov, P. A. Lyakhov, G. V Valuev, and N. I. Chervyakov, “Application of the residue number system to reduce hardware costs of the convolutional neural network implementation,” Math. Comput. Simul., vol. 177, pp. 232–243, 2020.
M. Achouch et al., “On predictive maintenance in industry 4.0: Overview, models, and challenges,” Appl. Sci., vol. 12, no. 16, p. 8081, 2022.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Aisyah Mutia Dawis, Murhadi Murhadi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.