KEPUASAN IBU HAMIL TERHADAP PELAYANAN ANTENATAL CARE (ANC) OLEH BIDAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS NGORESAN

Authors

  • , Winarni STIKES Aisyiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30787/gaster.v11i2.79

Abstract

Latar belakang: Suatu pelayanan dinilai memuaskan bila ia dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggannya.Terpenuhinya harapan  pelanggan akan mutu pelayanan kesehatan yang memuaskan merupakan salah satu tantangan terbesar dalam pemberian pelayanan kesehatan. Kepuasan pasien merupakan salah satu tujuan dari peningkatan mutu dan sering dipandang sebagai suatu komponen yang penting dalam pelayanan kesehatan. Pasien yang mengalami kepuasan terhadap layanan kesehatan yang diselenggarakan cenderung mematuhi nasehat dan  taat  dalam melakukan pemeriksaan ANC kembali.Tujuan penelitian: Mengetahui tingkat kepuasan ibu hamil terhadap pelayanan ANC oleh bidan di Wilayah  Kerja Puskesmas Ngoresan. Metode: penelitian ini adalah penelitian dikriptif dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel pada penelitian ini 77 responden. Instrument dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Hasil: Tingkat kepuasan ibu hamil ditinjau dari indikator sarana prasarana mayoritas puas 52 (67,5%).Tingkat kepuasan ibu hamil ditinjau dari indikator tenaga kesehatan mayoritas sangat puas 72 (93,5%). Tingkat kepuasan ibu hamil ditinjau dari indikator standar pelayanan minimal ANC (7T) sebagian besar responden sangat puas 41 (53,2%)

Kata kunci: Kepuasan, pelayanan ANC, Bidan

Published

2014-09-15

Issue

Section

Artikel