EDUKASI BAHAYA COVID-19 DAN 5M SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 PADA SISWA KELAS 6 SD NEGERI 3 KROBOKAN

Authors

  • Lusi Febrianti Universitas 'Aisyiyah Surakarta
  • Siti Nurindah Sari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet Semarang
  • Rini Widarti Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas ‘Aisyiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30787/empowerment.v2i2.933

Keywords:

edukasi, covid-19, protokol kesehatan 5M

Abstract

Pemerintah daerah dapat mengeluarkan izin kepada satuan pendidikan yang telah memenuhi seluruh persyaratan berjenjang untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka secara terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Namun pada kondisi nyata penerapan protokol kesehatan tersebut tidak dilakukan dengan baik oleh para siswa di SD Negeri 3 Krobokan. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada siswa kelas 6 SD Negeri 3 Krobokan dapat disimpulkan bahwa mereka tahu apa itu Covid-19 dan 5M secara umum. Namun, mereka belum memahami bagaimana virus itu menyebar dan bagaimana 5M menyikapi penyebaran virus Covid-19, sehingga kesadaran siswa akan pentingnya menerapkan 5M masih kurang. Untuk membantu menguraikan masalah, metode kegiatan yang dilakukan yaitu dengan memberikan edukasi pada siswa kelas 6 SD Negeri 3 Krobokan tentang bahaya Covid-19 dan 5M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan, Menghindari kerumunan dan Mengurangi mobilitas) sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Edukasi dilakukan dengan media video animasi yang disertai dengan praktik 7 langkah mencuci tangan serta pembuatan poster bertema Covid-19.

Author Biography

Lusi Febrianti, Universitas 'Aisyiyah Surakarta

Diploma IV Fisioterapi

References

Aji, R. H. S. (2020). Dampak COVID-19 pada pendidikan di indonesia: Sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, 7(5), 395-402.

Aulia, G., Rahmah Fahriati, A., Okta Ratnaningtyas, T., Meitania Utami, S., Dwi Pratiwi, R., Adi Ismaya, N., & Ayu Sabrina, P. (2021). Covid-19 Prevention Education With the Health Protocol of 5M and the Importance of Multivitamins During Covid-19 Pandemic. Jurnal Abdi Masyarakat, 2(1), 133-139.

Gray, D. J., Kurscheid, J., Mationg, M. L., Williams, G. M., Gordon, C., Kelly, M., & McManus, D. P. (2020). Health-education to prevent COVID-19 in schoolchildren: a call to action. Infectious Diseases of Poverty, 9(1), 1-3.

Kementerian Kesehatan RI. 2020. Pedoman dan Pencegahan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19). Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit. Jakarta : Kementerian Kesehatan RI

Lestari, N. D. (2021). Sosialisasi Bahaya Covid-19 dan Protokol Kesehatan Kepada Anak-Anak di Tempat Les Desa Sidorahayu. Humanism: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 57-65.

Prasetiyo, A. (2020). Media Internet Sebagai Sarana Edukasi Pada Anak Usia Dini Tentang Covid-19. Journal Of Informatics And Vocational Education, 3(2), 43-46.

Satgas Covid-19. 2021. Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19. Jakarta : Satgas Covid-19.

Satgas Covid-19. 2022. Peta Sebaran. Satgas Covid-19. <https://covid19.go.id/peta-sebaran>. Diakses 26 Februari 2022.

Schleicher, A. (2020). The impact of COVID-19 on education-Insights from Education at a Glance 2020. Amerika : Organisation for Economic Co-operation and Development.

United Nations Children’s Fund. 2020. COVID-19 dan Anak-Anak di Indonesia. Jakarta : United Nations Children’s Fund.

World Health Organization. 2022. Coronavirus Disease (Covid-19) Dashboard. WHO. <https://covid19.who.int>. Diakses 26 Februari 2022.

Downloads

Published

2022-09-26

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.