Hubungan Peran dan Pengalaman Ibu terhadap Kesiapan Toilet Training pada Anak Usia 3 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.30787/asjn.v3i1.879Keywords:
Peran Ibu, Pengalaman Ibu, Kesiapan Toilet TrainingAbstract
Latar Belakang: Masa toddler berkisar dari usia 12 sampai 36 bulan pada masa ini toddler belajar berjalan tanpa dibantu sampai berlari. Salah satu tugas masa toddler adalah toilet training. Kontrol volunter sfingter anal dan uretra yang berfungsi untuk mengontrol rasa ingin defekasi dan rasa ingin berkemih mulai berkembang kira-kira setelah anak berjalan, antara usia 18 dan 24 bulan. Kesiapan pada anak untuk melakukan toilet training, pengetahuan orang tua mengenai toilet training, dan pelaksanaan toileting yang baik dan benar pada anak, merupakan suatu domain penting yang perlu orang tua ketahui. Domain tersebut dapat meningkatkan kemampuan toilet training pada anak usia toddler (1-3 tahun). Toilet training pada anak merupakan suatu usaha untuk melatih agar mampu mengontrol dalam melakukan buang air kecil dan buang air besar. Metode: metode kuantitaif analitik menggunakan rancangan Cross Sectional, pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 43 responden, sedangkan instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisa bivariat menggunakan uji chi square Hasil: Hasil bivariat membuktikan bahwa ada hubungan peran ibu terhadap kesiapan toilet training pada anak usia 3 tahun di Kelompok Bermain Kecamatan Grogol sebesar (p-value) 0,001Â dan hubungan pengalaman ibu dengan jumlah anak terhadap kesiapan toilet training pada anak usia 3 tahun sebesar (p-value) 0,002 Kesimpulan: Ada hubungan peran dan pengalaman ibu dengan jumlah anak terhadap kesiapan toilet training pada anak usia 3 tahun di Kelompok Bermain Kecamatan Grogol.Downloads
References
Andriyani, S., Ibrahim, K., & Wulandari, S. (2014). Analisis Faktor-Faktor yang berhubungan Toilet Trainingpada Anak Prasekolah. Jurnal Keperawatan Padjadjaran, v2(n3), 146–153. https://doi.org/10.24198/jkp.v2n3.2
Anggraini, D. N. (n.d.). 12 Cara Ampuh Mengajarkan Anak Toilet Training. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3131420/kiat-tepat-toilet-training-untuk-anak
Cahanaya, M. P. (2017). Proses Toilet Training : Studi Kasus Pengasuhan Anak [UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta]. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27622/
Effendi Kiki, A. (2017). Hubungan perilaku ibu dengan kemampuan toilet training pada anak usia toodler di Dusun krajan desa sukorejo kecamatan bangalsari kabupaten jember [Universitas Muhammadiyah Jember]. http://repository.unmuhjember.ac.id/1037/
Hartutik, S., Arista, A., & Andriyani, A. (2021). Personal Sosial Anak Pre School di PAUD Fullday dan Reguler di Wilayah Surakarta. Aisyiyah Surakarta Journal of Nursing, 2(1), 12–19. https://jurnal.aiska-university.ac.id/index.php/ASJN
Hastuti, B. W., Machfudz, S., & Budi Febriani, T. (2015). Hubungan Pengalaman Menyusui dan Tingkat Pendidikan Ibu dengan Pemberian ASI Eksklusif di Kelurahan Barukan, Kecamatan Manisrenggo, Kabupaten Klaten. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan Indonesia, 6(4), 179–187. https://doi.org/10.20885/jkki.vol6.iss4.art3
Hidayat, A. A. (2012). Pengantar Ilmu Keperawatan Anak 1 (2 ed.). Salemba Medika.
Indriasari, S., & Putri, M. E. K. (2018). Kesiapan Toilet Training pada Anak Usia 18-24 Bulan. Adi Husada Nursing Journal, 4(2), 40–46. https://adihusada.ac.id/jurnal/index.php/AHNJ/article/view/122
Khair, S., Hasanah, O., & Safri, S. (2021). Gambaran kesiapan toilet training pada anak usia toddler. Jurnal Ilmu Keperawatan, 9(2), 72–85. http://202.4.186.66/JIK/article/view/21442
Khoiruzzadi, M., & Fajriyah, N. (2019). Pembelajaran Toilet Training dalam Melatih Kemandirian Anak. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 1(2), 142–154. https://doi.org/10.15642/jeced.v1i2.481
Kusnandar, V. B. (2021). Anak Usia Dini di Indonesia Capai 30,83 Juta pada 2021. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/12/15/anak-usia-dini-di-indonesia-capai-3083-juta-pada-2021#:~:text=Persentase Anak Usia Dini (0-6 Tahun) pada 2021&text=Berdasarkan data Badan Pusat Statistik,usia 5-6 tahun
Mail, A. F., & Romdzati, R. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kesiapan Toilet Training Pada Anak Usia Toddler. MAGNA MEDICA: Berkala Ilmiah Kedokteran dan Kesehatan, 1(5), 1–10. https://doi.org/10.26714/magnamed.1.5.2018.1-10
Mendur, J. P., Rottie, J., & Bataha, Y. (2018). Hubungan Peran Orang Tua Dengan Kemampuan Toilet Training Pada Anak Pra Sekolah di TK GMIM Sion Sentrum Sendangan Kawangkoan Satu. e-journal Keperawatan (e-Kp), 6(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.35790/jkp.v6i1.18774
Napitupulu, M. A. (2018). Pengalaman Ibu Yang Memiliki Anak Down Syndrome di Sekolah Luar Biasa ( SLB ) Binjai. Universitas Sumatera Utara.
Paryanti, D. (2013). Hubungan Peran Ibu dalam Pelaksanaan Toilet Training dengan Kemampuan Toilet Training pada Anak Usia 18-36 Bulan di Posyandu Kalirase Trimulyo Sleman D.I.Yogyakarta [Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta]. http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/584
Rahayu, D. M., & Firdaus. (2015). Hubungan Peran Orang Tua dengan Kemampuan Toilet Training pada Anak Usia Toddler di PAUD Permata Bunda RW 01 Desa Jati Selatan 1 Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 8(1), 68–75. https://doi.org/10.33086/jhs.v8i1.219
Rahmawati, A., Indriati, G., & Deli, H. (2022). Mother’s Attitude and Role Related to Toilet Training Readiness in Toddler. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kesehatan, 9(2), 164–177. https://doi.org/10.32668/jitek.v9i2.686
Suryati, & Pratiwi, N. A. (2019). Hubungan Sikap Ibu dengan Kesiapan Toilet Training Di PAUD Avicena Yogyakarta. Media Ilmu Kesehatan, 8(2), 155–161. https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/mik/article/view/306/291
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 ASJN (Aisyiyah Surakarta Journal of Nursing)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.