Hubungan Peran dan Pengalaman Ibu terhadap Kesiapan Toilet Training pada Anak Usia 3 Tahun

Authors

  • Sri Hartutik Universitas 'Aisyiyah Surakarta
  • Sherly Lestarika Universitas 'Aisyiyah Surakarta
  • Wahyu Purwaningsih Universitas 'Aisyiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30787/asjn.v3i1.879

Keywords:

Peran Ibu, Pengalaman Ibu, Kesiapan Toilet Training

Abstract

Latar Belakang: Masa toddler berkisar dari usia 12 sampai 36 bulan pada masa ini toddler belajar berjalan tanpa dibantu sampai berlari. Salah satu tugas masa toddler adalah toilet training. Kontrol volunter sfingter anal dan uretra yang berfungsi untuk mengontrol rasa ingin defekasi dan rasa ingin berkemih mulai berkembang kira-kira setelah anak berjalan, antara usia 18 dan 24 bulan. Kesiapan pada anak untuk melakukan toilet training, pengetahuan orang tua mengenai toilet training, dan pelaksanaan toileting yang baik dan benar pada anak, merupakan suatu domain penting yang perlu orang tua ketahui. Domain tersebut dapat meningkatkan kemampuan toilet training pada anak usia toddler (1-3 tahun). Toilet training pada anak merupakan suatu usaha untuk melatih agar mampu mengontrol dalam melakukan buang air kecil dan buang air besar. Metode: metode kuantitaif analitik menggunakan rancangan Cross Sectional, pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 43 responden, sedangkan instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisa bivariat menggunakan uji chi square Hasil: Hasil bivariat membuktikan bahwa ada hubungan peran ibu terhadap kesiapan toilet training pada anak usia 3 tahun di Kelompok Bermain Kecamatan Grogol sebesar (p-value) 0,001  dan hubungan pengalaman ibu dengan jumlah anak terhadap kesiapan toilet training pada anak usia 3 tahun sebesar (p-value) 0,002 Kesimpulan: Ada hubungan peran dan pengalaman ibu dengan jumlah anak terhadap kesiapan toilet training pada anak usia 3 tahun di Kelompok Bermain Kecamatan Grogol.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriyani, S., Ibrahim, K., & Wulandari, S. (2014). Analisis Faktor-Faktor yang berhubungan Toilet Trainingpada Anak Prasekolah. Jurnal Keperawatan Padjadjaran, v2(n3), 146–153. https://doi.org/10.24198/jkp.v2n3.2

Anggraini, D. N. (n.d.). 12 Cara Ampuh Mengajarkan Anak Toilet Training. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3131420/kiat-tepat-toilet-training-untuk-anak

Cahanaya, M. P. (2017). Proses Toilet Training : Studi Kasus Pengasuhan Anak [UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta]. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27622/

Effendi Kiki, A. (2017). Hubungan perilaku ibu dengan kemampuan toilet training pada anak usia toodler di Dusun krajan desa sukorejo kecamatan bangalsari kabupaten jember [Universitas Muhammadiyah Jember]. http://repository.unmuhjember.ac.id/1037/

Hartutik, S., Arista, A., & Andriyani, A. (2021). Personal Sosial Anak Pre School di PAUD Fullday dan Reguler di Wilayah Surakarta. Aisyiyah Surakarta Journal of Nursing, 2(1), 12–19. https://jurnal.aiska-university.ac.id/index.php/ASJN

Hastuti, B. W., Machfudz, S., & Budi Febriani, T. (2015). Hubungan Pengalaman Menyusui dan Tingkat Pendidikan Ibu dengan Pemberian ASI Eksklusif di Kelurahan Barukan, Kecamatan Manisrenggo, Kabupaten Klaten. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan Indonesia, 6(4), 179–187. https://doi.org/10.20885/jkki.vol6.iss4.art3

Hidayat, A. A. (2012). Pengantar Ilmu Keperawatan Anak 1 (2 ed.). Salemba Medika.

Indriasari, S., & Putri, M. E. K. (2018). Kesiapan Toilet Training pada Anak Usia 18-24 Bulan. Adi Husada Nursing Journal, 4(2), 40–46. https://adihusada.ac.id/jurnal/index.php/AHNJ/article/view/122

Khair, S., Hasanah, O., & Safri, S. (2021). Gambaran kesiapan toilet training pada anak usia toddler. Jurnal Ilmu Keperawatan, 9(2), 72–85. http://202.4.186.66/JIK/article/view/21442

Khoiruzzadi, M., & Fajriyah, N. (2019). Pembelajaran Toilet Training dalam Melatih Kemandirian Anak. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 1(2), 142–154. https://doi.org/10.15642/jeced.v1i2.481

Kusnandar, V. B. (2021). Anak Usia Dini di Indonesia Capai 30,83 Juta pada 2021. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/12/15/anak-usia-dini-di-indonesia-capai-3083-juta-pada-2021#:~:text=Persentase Anak Usia Dini (0-6 Tahun) pada 2021&text=Berdasarkan data Badan Pusat Statistik,usia 5-6 tahun

Mail, A. F., & Romdzati, R. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kesiapan Toilet Training Pada Anak Usia Toddler. MAGNA MEDICA: Berkala Ilmiah Kedokteran dan Kesehatan, 1(5), 1–10. https://doi.org/10.26714/magnamed.1.5.2018.1-10

Mendur, J. P., Rottie, J., & Bataha, Y. (2018). Hubungan Peran Orang Tua Dengan Kemampuan Toilet Training Pada Anak Pra Sekolah di TK GMIM Sion Sentrum Sendangan Kawangkoan Satu. e-journal Keperawatan (e-Kp), 6(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.35790/jkp.v6i1.18774

Napitupulu, M. A. (2018). Pengalaman Ibu Yang Memiliki Anak Down Syndrome di Sekolah Luar Biasa ( SLB ) Binjai. Universitas Sumatera Utara.

Paryanti, D. (2013). Hubungan Peran Ibu dalam Pelaksanaan Toilet Training dengan Kemampuan Toilet Training pada Anak Usia 18-36 Bulan di Posyandu Kalirase Trimulyo Sleman D.I.Yogyakarta [Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta]. http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/584

Rahayu, D. M., & Firdaus. (2015). Hubungan Peran Orang Tua dengan Kemampuan Toilet Training pada Anak Usia Toddler di PAUD Permata Bunda RW 01 Desa Jati Selatan 1 Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 8(1), 68–75. https://doi.org/10.33086/jhs.v8i1.219

Rahmawati, A., Indriati, G., & Deli, H. (2022). Mother’s Attitude and Role Related to Toilet Training Readiness in Toddler. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kesehatan, 9(2), 164–177. https://doi.org/10.32668/jitek.v9i2.686

Suryati, & Pratiwi, N. A. (2019). Hubungan Sikap Ibu dengan Kesiapan Toilet Training Di PAUD Avicena Yogyakarta. Media Ilmu Kesehatan, 8(2), 155–161. https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/mik/article/view/306/291

Downloads

Published

2022-07-31

How to Cite

Hartutik, S., Lestarika, S., & Purwaningsih, W. (2022). Hubungan Peran dan Pengalaman Ibu terhadap Kesiapan Toilet Training pada Anak Usia 3 Tahun. ASJN (Aisyiyah Surakarta Journal of Nursing), 3(1), 19–26. https://doi.org/10.30787/asjn.v3i1.879

Issue

Section

Articles