Pengaruh Pembayaran Secara Cash On Delivery Pada E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian
DOI:
https://doi.org/10.30787/jiembi.v3i1.1631Kata Kunci:
pembayaran, Cash On Delivery, keputusan pembelian, E-commerceAbstrak
Pengaruh Pembayaran Secara Cash On delivery Pada E-commerce terhadap keputusan pembelian
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin canggihnya metode pembayaran dalam dunia digitalisasi untuk melakukan transaksi secara online salah satunya yaitu pembayaran secara cash on delivery. Kemajuan teknologi yang cepat pasti memaksa setiap organisasi untuk meningkatkan kualitas setiap penawaran yang mereka berikan.Dalam hal ini para pengguna e-commerce seperti shopee bukan berarti tidak memiliki kendala-kendala atau permasalahan dalam setiap transaksinya.Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pembayaran secara cash on delivery pada e-commerce terhadap keputusan pembelian pada setiap pelanggan shopee khususnya di daerah yogyakarta dan Lampung.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.Dimana penulis menggunakan metode survey dari pengguna shopee khususnya di yogyakarta dan lampung yang dimana data yang dihasilkan yaitu dengan cara menyebar kuisioner melalui aplikasi whatsapp.
Dalam hal ini teknik pengumpulan datanya yaitu membuat beberapa pertanyaan melalui google form,lalu menyebarkannya melalui whatsapp,lalu jika sudah terkumpul penulis akan menganalisis data dan fakta serta mencermati semua data yang masuk.Dalam hasil kuisioner terdapat 104 responden.
Dari hasil jawaban responden menemukan bahwa mayoritas pengguna e-commerce seperti shopee melakukan pembelian produk/jasa dengan menggunakan metode pembayaran secara cash on delivery.Hal ini membuktikan bahwa pembayaran secara cash on delivery sangat mempengaruhi suatu keputusan pembelian pada e-commerce.Transaksi jual beli online dengan sistem pembayaran COD pada marketplace seringkali menimbulkan kerugian bagi pelaku usaha dan dibutuhkannya perlindungan hukum bagi pelaku usaha.
Metode pembayaran secara cash on delivery (COD) juga menjadi alasan banyaknya peminat dari jual beli online.
Proses pembayaran yang dilakukan ditempat sehingga memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk berbagai kalangan. Maka saat ini toko online diberbagai e-commerce berlomba-lomba menyediakan fasilitas metode pembayaran COD ini.
Akuntabilitas dalam jual beli online melalui Shopee juga dikedepankan, dengan perwujudan konsumen bisa mengembalikan barang jika terjadi cacat atau kerusakan pada barang yang dibeli, namun tentunya melalui beberapa proses, hal itu yang membuat konsumen lebih baik menerima barang daripada harus mengurus pengembalian.
COD mempermudah transaksi untuk konsumen yang tidak terjangkau oleh sistem pembayaran digital, metode ini juga memiliki kelemahan. Kelemahan utama termasuk risiko penipuan, pengelolaan uang tunai yang sulit, dan potensi keterlambatan dalam aliran kas untuk pengecer.
Unduhan
Referensi
Arfah, Yenni. Keputusan pembelian produk. PT Inovasi Pratama Internasional, 2022.
Arfah, Y. (2022). Keputusan pembelian produk. PT Inovasi Pratama Internasional.
ARFAH, Yenni. Keputusan pembelian produk. PT Inovasi Pratama Internasional, 2022.
Aceh, B. (n.d.). SKRIPSI PEMAHAMAN LITERASI SISTEM COD ( Cash On Delivery) PADA TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi terhadap Mahasiswa Ekonomi Syariah UIN Ar-Raniry.
Andriani, E. R., Pujianto, A., & Andayani, S. (n.d.). Pengaruh Sistem Pembayaran COD, Gratis Ongkir Dan Review Pembeli terhadap Minat Beli Baju Di Lazada. Bisnis Berbasis E-Commerce, P.,
Huda, B., & Priyatna, B. (2019). Penggunaan Aplikasi Content Manajement System (CMS) Untuk (Vol. 1, Issue 2).
Evasari, A. D., Utomo, Y. B., & Ambarwati, D. (2019). Pelatihan Dan Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Produk UMKM Di Desa Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten
Jamaludin, A., Arifin, Z., & Hidayat, K. (2015). Pengaruh promosi online dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 21(1).
Komalasari, D., & Seprina, I. (2018). PENERAPAN E-COMMERCE PADA TOKO MAWAR SONGKET PALEMBANG BERBASIS WEB. In Jurnal Ilmiah Betrik (Vol. 09, Issue 01).
Lintangsari, Nastiti Ninda, et al. "Analisis pengaruh instrumen pembayaran non-tunai terhadap stabilitas sistem keuangan di Indonesia." Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan 1.1 (2018): 47-62.
Lestari, F. D., Ibrahim, M., Ghufron, S., & Mariati, P. (2021). Pengaruh Budaya Literasi terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5087–5099. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1436
Lisnawati, I., & Ertinawati, Y. (2019). LITERAT MELALUI PRESENTASI (Vol. 1, Issue 1).
Nasution, Asrizal Efendy, Linzzy Pratami Putri, and Muhammad Taufik Lesmana. "Analisis pengaruh harga, promosi, kepercayaan dan karakteristik konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen pada 212 mart di kota medan." Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan. Vol. 1. No. 1. 2019.
Navida, I., Rasiman, Prasetyowati, D., & Nuriafuri, R. (2023). Kemampuan Literasi Membaca Peserta Didik Pada Muatan Bahasa Indonesia Kelas 3 di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1034–1039. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4901 NUANSA INFORMATIKA, 12. https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom
Rokfa, Afida Ainur, et al. "Penyelesaian Sengketa Sistem Pembayaran Cash on Delivery (Cod) Pada Media E-Commerce." Jurnal Bina Mulia Hukum 6.2 (2022): 161-173
Riswandi, Dedi. "Transaksi on-line (e-commerce): peluang dan tantangan dalam perspektif ekonomi Islam." Jurnal Econetica 1.1 (2019): 1-13.
Rehatalanit, Y. L. R. "Peran e-commerce dalam pengembangan bisnis." Jurnal Teknologi Industri 5 (2021).
Suhardi, Mutia Aprizki, et al. "Pengenalan Metode Pembayaran Cash On Delivery (COD) Dalam Kegiatan Transaksi Belanja Online Pada Warga Dusun II Desa Sidoluhur." Jurnal Dehasen Mengabdi 2.2 (2023): 101-106.
Subhan, A., & Brawijaya, U. (n.d.). ANALISIS FRAUD SISTEM PEMBAYARAN CASH ON DELIVERY PADA PERUSAHAAN HONESTBEE Disusun oleh. Sujarwo, R. S. (2019). APLIKASI SISTEM PEMBAYARAN ADMINISTRASI KULIAH DI UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT MOJOKERTO.
Sukma Addryani Utami Bohalima, O., Hanum, F., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2022). IMPLEMENTASI METODE PEMBAYARAN CASH ON DELIVERY MELALUI KEPUASAN KONSUMEN PADA APLIKASI TIK TOK. In Online) Journal of Educational and Language Research (Vol. 1, Issue 12). http://bajangjournal.com/index.php/JOEL
Usman, Rachmadi. "Karakteristik uang elektronik dalam sistem pembayaran." Yuridika 32.1 (2017): 134.
Ummah, L. D. (2018). RANCANG BANGUN E-COMMERCE PADA TOKO KERUDUNG NURI COLLECTION BERBASIS CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT. JURNAL
Yenni Arfah, SE.,M.Ak. Keputusan Pembelian Produk https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=nTxlEAAAQBAJ&oi=fnd&dq=info:meI8UaKYUuUJ:scholar.google.com/&ots=9nAVocvred&sig=OwJDXc2AiNWZsMF429vPh3VpSHA&redir_esc=y
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 sulastri

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.