Analisis Perilaku Pembeli Terhadap Skincare
DOI:
https://doi.org/10.30787/jiembi.v3i1.1859Keywords:
perilaku pembeli, produk skincare, media sosial, kualitas produk, promosiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku pembeli terhadap produk skincare, dengan fokus pada faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian, preferensi produk, pengaruh media sosial, dan strategi promosi. Metode Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei untuk mengumpulkan data dari responden mengenai kebiasaan, preferensi, dan pengaruh eksternal dalam pembelian produk skincare. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif untuk mengidentifikasi tren dan pola perilaku konsumen.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk menjadi faktor utama dalam keputusan pembelian (91,3%), diikuti oleh kebutuhan dan harga. TikTok muncul sebagai platform utama untuk mencari informasi (77,9%), sementara ulasan influencer memiliki pengaruh signifikan dengan 91,3% responden mempertimbangkannya sebelum membeli produk. Mayoritas konsumen lebih memilih produk lokal (60,6%) dibandingkan impor. Selain itu, strategi promosi seperti diskon dan cashback terbukti efektif dalam menarik perhatian, dengan 93,3% responden menyatakan ketertarikan terhadap penawaran tersebut. Kesimpulan Penelitian ini menyimpulkan bahwa perilaku pembeli skincare dipengaruhi oleh kombinasi faktor rasional dan emosional, yang diperkuat oleh pengaruh media sosial dan promosi. Temuan ini memberikan wawasan bagi produsen dalam merancang strategi pemasaran yang lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan konsumen.
Downloads
References
Averus Kautsar. (2024, oktober 24). detikHealth. Diambil kembali dari Gaduh Temuan Skincare Overclaim, BPOM RI Angkat Bicara: https://health.detik.com/wellness-beauty/d-7604087/gaduh-temuan-skincare-overclaim-bpom-ri-angkat-bicara
BADAN PUSAT STATISTIK PROVINSI BANTEN. (2024, April 23). Jumlah Penduduk Menurut Kabupaten/Kota dan Jenis Kelamin di Provinsi Banten (Ribu Jiwa), 2023-2024. Diambil kembali dari https://banten.bps.go.id/id/statistics-table/2/NTIxIzI=/jumlah-penduduk-menurut-kabupaten-kota-dan-jenis-kelamin-di-provinsi-banten.html
Wibowo, A. E., Studi, P., Keperawatan, I., Awal, S., & Batam, B. (2017). ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMILIH PRODUK KOSMETIK YANG RAMAH LINGKUNGAN. In JURNAL RISET MANAJEMEN (Vol. 4, Issue 2) des.
Derivanti, M.I.Kom, A., Wahidin, D. W., & Mutiarani Warouw, D. (2022). STUDI FENOMENOLOGI: PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE MELALUI MEDIA PLATFORM DIGITAL DI ERA COVID-19. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(9), 1617–1628. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i9.204
Smith, A., Johnson, R., & Lee, K. (2019). "The Impact of Social Media on Consumer Behavior in the Beauty Industry." Journal of Consumer Research.
Kim, J., & Ko, E. (2020). "Social Media Marketing Activities and Consumer Response in the Beauty Industry." Journal of Business Research.
Huang, S., & Wang, Y. (2021). "The Role of Promotions in Influencing Consumer Purchase Intentions for Skincare Products." International Journal of Marketing Studies.
Smith, A., & Lee, K. (2019). "Consumer Behavior in the Digital Era: The Case of Beauty Products."Journal of Consumer Behavior. (BADAN PUSAT STATISTIK PROVINSI BANTEN, 2024)
Zhang, Y., & Chen, L. (2022). "Influencer Marketing in the Skincare Industry: Trust and Purchase Intentions." Journal of Marketing Trends..
Li, X., & Huang, R. (2023). "Consumer Preferences for Local vs. Imported Skincare Products: A Comparative Study." Asia Pacific Journal of Marketing.
Achima, S., Hutagaol, E., Tinambunan, I. S., Pakpahan, R., Hasugian, M., Ekonomi, F., & Medan, U. N. (n.d.). 48 ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN DALAM MEMILIH PRODUK SKINCARE EMINA DI KALANGAN REMAJA.
dr. Fitria Agustina, Sp.KK., FINSDV, FAADV. (2022, Desember 1). tim medis klik dokter. Retrieved from 8 Faktor yang Sebabkan Perubahan Jenis Kulit: https://www.klikdokter.com/info-sehat/kulit/penyebab-perubahan-jenis-kulit srsltid=AfmBOorzDgmhx89i_coi9DqJnvx6Kj9q9kV-c-XamABdDYCB7xgbU27h&utm_source=chatgpt.com
Agung Edy Wibowo. (2024). ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMILIH PRODUK KOSMETIK YANG RAMAH LINGKUNGAN. Jurnal riset manajemen .
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Nurhasanah, Yosi Tripuspitasari, Syamsul Hidayat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.