Studi Kelayakan Bisnis Syariah Pengembangan UMKM “Dodolanku Surabaya”: Analisis Aspek Pemasaran
DOI:
https://doi.org/10.30787/jiembi.v2i2.1476Keywords:
Studi Kelayakan Bisnis Syariah, UMKM, Aspek Pemasaran.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Aspek Pemasaran membahas tentang kelayakan bisnis syariah yang dikembangkan oleh UMKM Dodolanku Surabaya dengan berfokus pada analisis aspek pemasaran. Studi ini bertujuan untuk mengetahui apakah bisnis syariah yang dikembangkan oleh UMKM Dodolanku Surabaya memiliki potensi untuk berkembang dan berkelanjutan serta memiliki strategi pemasaran yang efektif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Observasi dan wawancara digunakan sebagai metode pengumpulan informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi untuk mengembangkan bisnis pada aspek pemasaran meliputi 4 indikator bauran pemasaran yaitu strategi produk: produk yang dijual merupakan makanan yang diinovasi, branding produk juga menjadi salah satu hal penting agar mudah diingat oleh pelanggan, strategi harga: harga yang kita jual terjangkau dan bisa dinikmati oleh semua kalangan umur, strategi lokasi: lokasi yang digunakan cukup strategis, yaitu dekat dengan jalan raya dan instansi pendidikan. Distribusi:pada usaha ini kami menerapkan distribusi dengan pembelian di toko maupun melalui online. Strategi promosi: promosi yang kami lakukan yaitu secara offline maupun online, dengan memanfaatkan media social yaitu Instagram untuk lebih meyakinkan pelanggan.
Downloads
References
Adindo, A. W. (2021). Kewirausahaan dan Studi Kelayakan Bisnis Untuk Memulai dan Mengelola Bisnis. Deepublish.
Agustin, H. (2017). Studi Kelayakan Bisnis Syariah. Jakarta: Rajawali Pers.
Aliefah, A. N., & Nandasari, E. A. (2022). Analisis Kelayakan Bisnis Ditinjau Dari Aspek Pemasaran dan Keuangan Pada Kedai Olan’z Food Kebumen. LABATILA: Jurnal Ilmu Ekonomi Islam, 6(01), 40-56.
Amrin, A. (2017). Strategi Pemasaran Asuransi Syariah. Gramedia Widiasarana.
Barotuttaqiyyah, A. (2021). Studi Kelayakan Bisnis: Bagi Badan Usaha Syariah. (Doctoral Dissertation, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung).
Bukhori, M. (2021). Analisis Strategi Pemasaran dalam Menarik Minat Beli Konsumen di Toko Mebel Farid Rohman Ponorogo (Doctoral Dissertation, IAIN Ponorogo).
Danang, S. (2014). Studi Kelayakan Bisnis. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publising Sevice).
Fadilah, N. (2020). Pengertian, Konsep, dan Strategi Pemasaran Syari’ah. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1(2), 194-211.
Fauziyah. N. R. Pengertian UMKM: Kriteria, Aturan, Peran dan Contoh dalam https://www.gramedia.com/literasi/umkm/ diakses pada tanggal 20 April 2024 jam 07.49
Habsy, B. A. (2017). Seni Memahami Penelitian Kuliatatif dalam Bimbingan dan Konseling: Studi Literatur. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90-100.
Harahap, S. (2018). Studi Kelayakan Bisnis Pendekatan Integratif.
Haris, A. (2019). Studi Kelayakan Bisnis Tinjauan Teoritis dan Praktik. Zifatama Jawara.
Haris, A., Alpiani, A., & Daris, L. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Bandeng Tanpa Duri UMKM Cahaya Bandeng di Kabupaten Maros. FISHIANA: Journal of Marine and Fisheries, 1(1), 1-4.
Hasan, S., Elpisah, E., Sabtohadi, J., Zarkasi, Z., & Fachrurazi, F. (2022). Studi Kelayakan Bisnis. Penerbit Widina.
Kurniawan, R., & Roni, S. (2023). Analisis Kelayakan Usaha Hawk’s dalam Bisnis Syariah. Jurnal Pijar, 1(04), 873-889.
Lestari, H. D., & Pujiastuti, R. (2023). Pengembangan Produk Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Produksi UMKM. WIKUACITYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 103-108.
Monoarfa, S. (2023). Pengaruh Strategi Penetapan Harga, Kualitas Produk dan Pelayanan terhadap Peningkatan Penjualan pada Apotek Kimia Farma di Marisa Kabupaten Pohuwato. JISMA: Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, dan Akuntansi, 2(2), 995-1004.
Nina Purnasari, S. E., Malau, Y. N., Demak Claudia Yosephine Simanjuntak SE, M. M., & Ike Rukmana Sari SE, M. M. (2023). Studi Kelayakan Bisnis. CV Pena Persada.
Novi. Pengertian Distribusi: Jenis, Saluran, Tujuan, Fungsi, Faktor Pengaruh, dan Strategi dalam https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-distribusi/#Pengertian_Distribusi diakses pada tanggal 19 Mei 2024 jam 13.47
Pratama, B. C., Bagis, F., Retnaningrum, M., & Innayah, M. N. (2019). Peningkatan Kompetensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Analisa Studi Kelayakan Bisnis. Berdikari: Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks, 7(2), 107-108.
Rahmadani, S. (2019). Analisis Studi Kelayakan Bisnis Pada Pengembangan UMKM Usaha Tahu dan Tempe Karya Mandiri Ditinjau dari Aspek Produksi, Aspek Pemasaran dan Aspek Keuangan. Hirarki: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 1(1), 78.
Rofa, I. T., Meilani, A. R., an Hasibu, N. M., Nasution, A. K., & Suhairi, S. (2021). Analisis Aspek Pemasaran dalam Studi Kelayakan Bisnis. VISA: Journal of Vision and Ideas, 1(2), 222-235.
Sofyan, S. (2017). Peran UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) dalam Perekonomian Indonesia. Bilancia: Jurnal Studi Ilmu Syariah dan Hukum, 11(1), 33-64.
Vinatra, S. (2023). Peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Kesejahteraan Perekonomian Negara dan Masyarakat. Jurnal Akuntan Publik, 1(3), 01-08.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 REZA ABDILAH SAPUTRA, Abdur Rohman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.