Pengaruh Pembayaran Secara Cash On Delivery Pada E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian

Authors

  • Sulastri Universitas 'Aisyiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30787/jiembi.v3i1.1631

Keywords:

pembayaran, cod, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh semakin canggihnya metode pembayaran dalam dunia digitalisasi untuk melakukan transaksi secara online salah satunya yaitu pembayaran secara cash on delivery. Dalam hal ini para pengguna e-commerce seperti shopee bukan berarti tidak memiliki kendala-kendala atau permasalahan dalam setiap transaksinya.Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pembayaran secara cash on delivery pada e-commerce terhadap keputusan pembelian pada setiap pelanggan shopee khususnya di daerah Yogyakarta dan Lampung. Metode yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan  pendekatan kuantitatif. Dalam hal ini teknik pengumpulan datanya yaitu membuat beberapa pertanyaan melalui google form,lalu menyebarkannya melalui whatsapp. Hasil kuisioner terdapat 104 responden. Hasil jawaban responden menemukan bahwa mayoritas pengguna e-commerce seperti shopee melakukan pembelian produk/jasa dengan menggunakan metode pembayaran secara cash on delivery. Hal ini membuktikan bahwa pembayaran secara cash on delivery sangat mempengaruhi suatu keputusan pembelian pada e-commerce. Metode pembayaran secara cash on delivery (COD) juga menjadi alasan banyaknya peminat dari jual beli online. Proses pembayaran yang dilakukan ditempat sehingga memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk berbagai kalangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arfah, Yenni. Keputusan pembelian produk. PT Inovasi Pratama Internasional, 2022.

Arfah, Y. (2022). Keputusan pembelian produk. PT Inovasi Pratama Internasional.

ARFAH, Yenni. Keputusan pembelian produk. PT Inovasi Pratama Internasional, 2022.

Aceh, B. (n.d.). SKRIPSI PEMAHAMAN LITERASI SISTEM COD ( Cash On Delivery) PADA TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi terhadap Mahasiswa Ekonomi Syariah UIN Ar-Raniry.

Andriani, E. R., Pujianto, A., & Andayani, S. (n.d.). Pengaruh Sistem Pembayaran COD, Gratis Ongkir Dan Review Pembeli terhadap Minat Beli Baju Di Lazada. Bisnis Berbasis E-Commerce, P.,

Huda, B., & Priyatna, B. (2019). Penggunaan Aplikasi Content Manajement System (CMS) Untuk (Vol. 1, Issue 2).

Evasari, A. D., Utomo, Y. B., & Ambarwati, D. (2019). Pelatihan Dan Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Produk UMKM Di Desa Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten

Jamaludin, A., Arifin, Z., & Hidayat, K. (2015). Pengaruh promosi online dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 21(1).

Komalasari, D., & Seprina, I. (2018). PENERAPAN E-COMMERCE PADA TOKO MAWAR SONGKET PALEMBANG BERBASIS WEB. In Jurnal Ilmiah Betrik (Vol. 09, Issue 01).

Lintangsari, Nastiti Ninda, et al. "Analisis pengaruh instrumen pembayaran non-tunai terhadap stabilitas sistem keuangan di Indonesia." Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan 1.1 (2018): 47-62.

Lestari, F. D., Ibrahim, M., Ghufron, S., & Mariati, P. (2021). Pengaruh Budaya Literasi terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5087–5099. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1436

Lisnawati, I., & Ertinawati, Y. (2019). LITERAT MELALUI PRESENTASI (Vol. 1, Issue 1).

Nasution, Asrizal Efendy, Linzzy Pratami Putri, and Muhammad Taufik Lesmana. "Analisis pengaruh harga, promosi, kepercayaan dan karakteristik konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen pada 212 mart di kota medan." Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan. Vol. 1. No. 1. 2019.

Navida, I., Rasiman, Prasetyowati, D., & Nuriafuri, R. (2023). Kemampuan Literasi Membaca Peserta Didik Pada Muatan Bahasa Indonesia Kelas 3 di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1034–1039. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4901 NUANSA INFORMATIKA, 12. https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom

Rokfa, Afida Ainur, et al. "Penyelesaian Sengketa Sistem Pembayaran Cash on Delivery (Cod) Pada Media E-Commerce." Jurnal Bina Mulia Hukum 6.2 (2022): 161-173

Riswandi, Dedi. "Transaksi on-line (e-commerce): peluang dan tantangan dalam perspektif ekonomi Islam." Jurnal Econetica 1.1 (2019): 1-13.

Rehatalanit, Y. L. R. "Peran e-commerce dalam pengembangan bisnis." Jurnal Teknologi Industri 5 (2021).

Suhardi, Mutia Aprizki, et al. "Pengenalan Metode Pembayaran Cash On Delivery (COD) Dalam Kegiatan Transaksi Belanja Online Pada Warga Dusun II Desa Sidoluhur." Jurnal Dehasen Mengabdi 2.2 (2023): 101-106.

Subhan, A., & Brawijaya, U. (n.d.). ANALISIS FRAUD SISTEM PEMBAYARAN CASH ON DELIVERY PADA PERUSAHAAN HONESTBEE Disusun oleh. Sujarwo, R. S. (2019). APLIKASI SISTEM PEMBAYARAN ADMINISTRASI KULIAH DI UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT MOJOKERTO.

Sukma Addryani Utami Bohalima, O., Hanum, F., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2022). IMPLEMENTASI METODE PEMBAYARAN CASH ON DELIVERY MELALUI KEPUASAN KONSUMEN PADA APLIKASI TIK TOK. In Online) Journal of Educational and Language Research (Vol. 1, Issue 12). http://bajangjournal.com/index.php/JOEL

Usman, Rachmadi. "Karakteristik uang elektronik dalam sistem pembayaran." Yuridika 32.1 (2017): 134.

Ummah, L. D. (2018). RANCANG BANGUN E-COMMERCE PADA TOKO KERUDUNG NURI COLLECTION BERBASIS CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT. JURNAL

Yenni Arfah, SE.,M.Ak. Keputusan Pembelian Produk https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=nTxlEAAAQBAJ&oi=fnd&dq=info:meI8UaKYUuUJ:scholar.google.com/&ots=9nAVocvred&sig=OwJDXc2AiNWZsMF429vPh3VpSHA&redir_esc=y

Published

2025-01-22

How to Cite

Sulastri. (2025). Pengaruh Pembayaran Secara Cash On Delivery Pada E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Ekonomi, Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 11–19. https://doi.org/10.30787/jiembi.v3i1.1631

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.