PENGARUH KUALITAS IMPLEMENTASI KURIKULUM PRAKTIK PADA KEPUASAN LULUSAN DAN DAMPAKNYA PADA KINERJA BIDAN

Authors

  • Ika Fitria Elmeida Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang
  • Mamun Sutisna Universitas Padjadjaran
  • Firman F Wirakusumah Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.30787/gaster.v10i1.43

Abstract

Latar Belakang: Kualitas implementasi kurikulum praktik meliputi dimensi kehandalan, daya tanggap,  jaminan, empati, dan penampilan ï¬sik merupakan  salah  satu alat pemasaran  jasa yang utama untuk mencapai tujuan organisasi, sekaligus memuaskan kebutuhan dan keinginan pelanggan dalam hal  ini adalah  lulusan dan pengguna  lulusan. Tujuan penelitian  ini untuk mengetahui pengaruh kualitas implementasi kurikulum praktik yang meliputi dimensi kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan tampilan ï¬sik terhadap kepuasan lulusan dan mengetahui dimensi mana  yang pengaruhnya paling besar  terhadap kepuasan  lulusan D  III Kebidanan Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang di Kota Bandar Lampung. Penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross  sectional serta menggunakan  teknik acak  sederhana proporsional, telah dilakukan terhadap 50 bidan lulusan tahun 2009 dan 2010 yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Variabel kualitas  implementasi kurikulum praktik dan kepuasan  lulusan diukur dengan menggunakan kuesioner dengan skala Likert 1-5. Uji statistik dengan diagram kartesius Importance performance, Pearson Product Moment dan analisis  jalur (path analysis). Hasil penelitian ini mencatat bahwa pengaruh kualitas implementasi kurikulum terhadap kepuasan lulusan secara simultan adalah 83% (nilai p ≤ 0,05). Secara parsial dimensi yang mempunyai pengaruh  bermakna  terhadap  kepuasan  lulusan  adalah  dimansi daya  tanggap,  empati  dan penampilan ï¬sik (nilai p ≤ 0,05). Pengaruh daya tanggap, empati dan penampilan ï¬sik masing-masing adalah 33,4%, 18,8%, dan 29,7% sehingga total pengaruh gabungan adalah 82% (nilai p ≤ 0,05). Simpulan: bahwa  kualitas  implementasi  kurikulum  praktik  berpengaruh  secara simultan terhadap kepuasan lulusan dan dimensi yang paling berpengaruh adalah daya tanggap dan penampilan ï¬sik. Perlu diteliti faktor-faktor lain yang berkaitan dengan kepuasan lulusan dan pengguna lulusan. Kata kunci: jasa pendidikan, kualitas implementasi kurikulum praktik, lulusan.

Author Biographies

Ika Fitria Elmeida, Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang

Prodi Kebidanan Metro

Mamun Sutisna, Universitas Padjadjaran

Fakultas Kedokteran

Firman F Wirakusumah, Universitas Padjadjaran

Fakultas Kedokteran

Published

2013-03-03

Issue

Section

Artikel