TRANSFORMASI DIGITAL MELALUI PENINGKATAN KETERAMPILAN BRANDING DAN PEMBUATAN KONTEN VISUAL BAGI UMKM DI KEBUN JERUK JAKARTA BARAT

Authors

  • Astri Rumondang Banjarnahor Institut Transportasi dan Logistik (ITL) Trisakti
  • Endang Hariningsih Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa

DOI:

https://doi.org/10.30787/empowerment.v5i1.1698

Keywords:

Branding, Creative content, Digital marketing, MSMEs

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan branding dan pembuatan konten kreatif bagi pelaku UMKM. Melalui pelatihan branding dan teknik pembuatan konten visual (fotografi dan videografi produk), peserta diajarkan untuk membangun identitas merek yang kuat dan memaksimalkan pemasaran digital. Mitra pengabdian ini adalah UMKM di wilayah Sukabumi Selatan, Kebun Jeruk, Jakarta Barat. Metode yang digunakan adalah pelatihan intensif dan pendampingan praktis. Evaluasi melalui survei menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta, di mana tingkat pemahaman branding meningkat dari 40% menjadi 85%, dan kemampuan pembuatan konten visual meningkat dari 30% menjadi 80%. Hasil ini menunjukkan dampak positif yang signifikan, di mana mitra mampu menciptakan identitas merek yang lebih kuat dan menghasilkan konten kreatif untuk produk-produk UMKM mereka. Dengan peningkatan keterampilan ini, UMKM diharapkan mampu meningkatkan daya tarik produk, memperluas jangkauan pasar, dan menjadi lebih kompetitif di era digital

References

Chasanah, N., Anggraeni, A. I., Ramadhanti, W., Krisnaresanti, A., Naufalin, L. R., & Dinanti, A. (2022). Implementation of Website Based E-Marketing Strategy in Organic Coconut Sugar Business Group. Jurnal Teknik Informatika (Jutif), 3(6), 1747–1756. https://doi.org/10.20884/1.jutif.2022.3.6.616

Dumitriu, D., Militaru, G., Deselnicu, D. C., Niculescu, A., & Popescu, M. A. M. (2019). A perspective over modern SMEs: Managing brand equity, growth and sustainability through digital marketing tools and techniques. Sustainability (Switzerland), 11(7). https://doi.org/10.3390/su11072111

Fadhilah, N. A., & Putra. (2021). Optimalisasi Umkm Dalam Pemanfaatan Teknologi Digital Di Masa Pandemi Covid-19 Di Lingkungan Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi. Devosi, 2(2), 26–30. https://doi.org/10.33558/devosi.v2i2.3007

Farhan, M. T., Eryanto, H., & Saptono, A. (2022). Pengaruh literasi digital dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja usaha UMKM. TRANSEKONOMIKA: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 2(6), 35–48. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.55047/transekonomika.v2i6.265

Louw, C., & Nieuwenhuizen, C. (2020). Digitalization strategies for SMEs: A cost vs. skill approach for website development. African Journal of Science, Technology, Innovation and Development, 12(2), 195–202. https://doi.org/10.1080/20421338.2019.1625591

Oktavyan, DI; Fatchur, R. (2023). Diversifikasi logo dan kemasan produk sebagai strategi branding umkm keripik singkong dua bersaudara. SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(1), 50–58. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.56910/sewagati.v2i2.746

Osakwe, C. N., Palamidovska-Sterjadovska, N., Mihajlov, M., & Ciunova-Shuleska, A. (2020). Brand orientation, brand-building behavior and brand identity in SMEs: an empirical evaluation. Marketing Intelligence and Planning, 38(7), 813–828. https://doi.org/10.1108/MIP-07-2019-0370

Srijani, K. N. (2020). Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 8(2), 191. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v8i2.7118

Tajvidi, R., & Karami, A. (2021). The effect of social media on firm performance. Computers in Human Behavior, 115, 1–10. https://doi.org/10.1016/j.chb.2017.09.026

Tellis, G. J., MacInnis, D. J., Tirunillai, S., & Zhang, Y. (2019). What drives virality (sharing) of online digital content? The critical role of information, emotion, and brand prominence. Journal of Marketing, 83(4), 1–20. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.1177/0022242919841034

Wu, C. W., Botella-Carrubi, D., & Blanco-González-Tejero, C. (2024). The empirical study of digital marketing strategy and performance in small and medium-sized enterprises (SMEs). Technological Forecasting and Social Change, 200(May 2023). https://doi.org/10.1016/j.techfore.2023.123142

Published

2025-03-22

Issue

Section

Articles