EDUKASI DINI DAN SIMULASI PERTOLONGAN PERTAMA MANAJEMEN FRAKTUR

Authors

  • Ayunda Febria Sari Universitas 'Aisyiyah Surakarta
  • Aliva Rena Putri Rokhiyah Universitas 'Aisyiyah Surakarta
  • Didik Iman Margatot Universitas 'Aisyiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30787/empowerment.v4i1.1441

Keywords:

Pertolongan Pertama, Kecelakaan, Pembidaian

Abstract

Pertolongan pertama tidak selamanya diberikan dengan dasar untuk penanganan yang sempurna, tetapi hanya untuk mengurangi kecacatan dan dapat menyelamatkan korban apabila penolong dapat melakukan dengan teknik yang sesuai. Umumnya insiden kecelakaan biasanya terjadi tanpa diduga sebelumnya sehingga akan berdampak terjadi cedera ringan, sedang, berat. Kecelakaan di sekolah bisa bermacam-macam, salah satunya anak terpeleset yang menyebabkan luka robek atau memar. Semua orang harus tepat dan cepat saat memberikan pertolongan pada korban yang mengalami kecelakaan, sehingga perlu diketahui prosedur yang tepat dalam memberikan pertolongan pertama dalam Tujuan pengabdian yaitu mencegah terjadinya komplikasi yang lebih parah apabila tidak segera dilakukan pertolongan pertama pada korban patah tulang. Siswa siswi sedikit memiliki gambaran dan informasi mengenai penatalaksanaan cara melakukan pertolongan pertama pada fraktur. Metode yang digunakan edukasi dan simulasi pertolongan pertama dengan pelatihan balut bidai. Hasil pengabdian ini siswa siswi sudah cukup mengalami peningkatan pengetahuan dan keterampilan setelah dilakukan pre-test dan post test dan mampu melakukan simulasi pertolongan pertama pada saat patah tulang.Setelah dilakukan simulasi pertolongan pertama pembidaian siswa siswi mampu menerapkan dan mempraktikkan sendiri apabila ada kejadian patah tulang di lingkungan sekitar

References

Erwin, E., Huda, N., Karim, D., & Deli, H. (2022) ‘Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Masyarakat Tentang Pertolongan Pertama Pada Fraktur’, Transformasi: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(3), pp. 145–152.

Hariyadi, H., & Setyawati, A. (2022) ‘Pengaruh Metode Demonstrasi Teknik Pembidaian pada Anggota PMR Terhadap Pertolongan Pertama Fraktur’, JPKM: Jurnal Profesi Kesehatan Masyarakat, 3(1), pp. 59–67.

Kusumaningrum, B.R. et al. (2018) ‘Pelatihan Pertolongan Pertama pada Kegawatdaruratan di Sekolah Children Centre Brawijaya Smart School Malang’, International Journal of Community Service Learning, 2(4), pp. 309–314.

Najihah, N., & Ramli, R. (2019) ‘Pendidikan Kesehatan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan Meningkatkan Pengetahuan Anggota PMR tentang Penanganan Fraktur’, Jurnal Penelitian Kesehatan, 10(2), pp. 151–154.

Nekada, C. D. Y., & Wiyani, C. (2020) ‘Pelatihan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan untuk Guru Sekolah Dasar se-Kecamatan Depok, Sleman, DIY’, Jurnal Pengabdian Dharma Bakti, 3(2), pp. 55–65.

Samsir (2020) ‘Sosialisasi Dan Pelatihan Teknik Pembidaian Teknik Pembidaian Kasus Patah Tulang Pada Masyarakat Desa Romangloe Kecamatan Dan Tomarannu Kabupaten Gowa’, Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1).

Sihombing, R.W. (2019) ‘Pengaruh Simulasi Pendidikan Kesehatan Tentang Pertolongan Pertama Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa/I Sma Swasta Yp Binaguna Tanah Jawa Kabupaten Simalungun’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), pp. 1689–1699.

Sihombing, R.W.P. (2019) ‘Pengaruh Simulasi Pendidikan Kesehatan Tentang Pertolongan Pertama Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa/I Sma Swasta Yp Binaguna Tanah Jawa Kabupaten Simalungun Tahun’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), pp. 1689–1699.

Warouw, J.A. (2018) ‘Pengaruh Pendidikan Kesehatan dan Simulasi terhadap Keterampilan tentang Balut Bidai Pertolongan Pertama Fraktur Tulang Panjang pada Siswa Kelas X SMK Negeri 6 Manado’, Ejournal Keperawatan, 6(1), pp. 1–8.

WHO, V. (2018) ‘Global status report on road safety 2018’, World Health Organization.

Downloads

Published

2024-03-19

Issue

Section

Articles