Pengaruh Terapi Butterfly Hug terhadap Tingkat Kecemasan pada Remaja
DOI:
https://doi.org/10.30787/asjn.v5i1.1514Keywords:
Anxiety, Butterfly Hug Therapy, AdolescentAbstract
Latar Belakang: Remaja merupakan masa transisi di mana ketika terjadi kesalahan dalam bertindak dapat menimbulkan reaksi emosi yang tidak stabil sehingga menyebabkan kecemasan. Salah satu upaya untuk mengatasi kecemasan adalah Terapi Butterfly Hug. Tujuan: Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi pengaruh Terapi Butterfly Hug terhadap tingkat kecemasan pada remaja. Metode: Penelitian ini menggunakan desain quasi-experiment dengan satu kelompok pretest-posttest. Penelitian ini dilaksanakan pada 18-23 Maret 2024 di salah satu sekolah menengah atas di Boyolali. Sebanyak 42 responden dipilih secara purposive sampling. Pengukuran tingkat kecemasan menggunakan HARS (Hamilton Anxiety Rating Scale) sebelum dan setelah tindakan Terapi Butterfly Hug. Terapi Butterfly Hug dilakukan sebanyak satu kali pertemuan terdiri atas 8 sesi yang dilakukan secara berkelompok dengan durasi 10 menit per sesi. Analisis data dilakukan dengan Wilcoxon Rank Test. Hasil: Hasil uji analisis didapatkan bahwa nilai p 0,000 (p<0,05). Kesimpulan: Tindakan Terapi Butterfly Hug pada remaja memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkat kecemasannya. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memperluas pemahaman tentang efektivitas terapi ini dalam konteks kecemasan remaja, serta memberikan dasar bagi penelitian lebih lanjut atau penerapan klinis lebih lanjut terkait dengan terapi ini.
Downloads
References
Ali, M. and Asrori, M. (2016) Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Astuti, A.W., Rosyid, F.N. and Subrata, S.A. (2024) ‘Butterfly hug therapy on reducing anxiety levels and stabilization hemodynamics in patient digital subtraction angiography’, Medisains, 22(1), p. 33. Available at: https://doi.org/10.30595/medisains.v22i1.21484.
Center for Reproductive Health University of Quensland & Johns Bloomberg Hopkins School of Public Health (2022) Indonesia – National Adolescent Mental Health Survey (I-NAMHS): Laporan Penelitian. Yogyakarta.
Chlapecka, A. et al. (2023) ‘Educational attainment and anxiety in middle-aged and older Europeans’, Scientific Reports, 13(1), pp. 1–11. Available at: https://doi.org/10.1038/s41598-023-40196-4.
Farhane-Medina, N.Z. et al. (2022) ‘Factors associated with gender and sex differences in anxiety prevalence and comorbidity: A systematic review’, Science Progress, 105(4), pp. 1–30. Available at: https://doi.org/10.1177/00368504221135469.
Girianto, P.W.R., Widayati, D. and Agusti, S.S. (2021) ‘Butterfly Hug Reduce Anxiety on Elderly’, Jurnal Ners dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 8(3), pp. 295–300. Available at: https://doi.org/10.26699/jnk.v8i3.art.p295-300.
Hadjimina, E. and Furnham, A. (2017) ‘Influence of age and gender on mental health literacy of anxiety disorders’, Psychiatry Research, 251, pp. 8–13. Available at: https://doi.org/10.1016/j.psychres.2017.01.089.
Hafida, Effendi, Z. and Purwanto, S. (2023) ‘Pengaruh Kombinasi Metode Butterfly Hug dan Terapi Musik terhadap Perubahan Tingkat Kecemasan pada Remaja’, in Seminar Nasional Keperawatan “Penatalaksanaan Kebutuhan Seksual pada Pasien Paliatif” Tahun 2023. Palembang, pp. 190–202.
Hidayati, K.B. and Farid, M. (2016) ‘Konsep Diri, Adversity Quotient dan Penyesuaian Diri pada Remaja Khoirul Bariyyah Hidayati’, Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 5(02), pp. 137–144. Available at: https://doi.org/10.30996/persona.v5i02.730.
Honnekeri, B.S. et al. (2017) ‘Social anxiety and Internet socialization in Indian undergraduate students: An exploratory study’, Asian Journal of Psychiatry, 27, pp. 115–120. Available at: https://doi.org/10.1016/j.ajp.2017.02.021.
Joannès, C. et al. (2023) ‘The level of education is associated with an anxiety-depressive state among men and women – findings from France during the first quarter of the COVID-19 pandemic’, BMC Public Health, 23(1), pp. 1–12. Available at: https://doi.org/10.1186/s12889-023-16280-9.
Keliat, B.A. et al. (2019) Asuhan Keperawatan Jiwa. Jakarta: EGC.
Kementerian Kesehatan RI (2018) Laporan Nasional Riskesdas 2018. Jakarta. Available at: https://kesmas.kemkes.go.id/assets/upload/dir_519d41d8cd98f00/files/Hasil-riskesdas-2018_1274.pdf.
Khesht-Masjedi, M. F., Shokrgozar, S., Abdollahi, E., Habibi, B., Asghari, T., Ofoghi, R. S., & Pazhooman, S. (2019). The relationship between gender, age, anxiety, depression, and academic achievement among teenagers. Journal of family medicine and primary care, 8(3), 799–804. https://doi.org/10.4103/jfmpc.jfmpc_103_18
Kurniawan, E.A.P.B. and Sudarta, I.W. (2024) ‘Effectiveness Of Butterfly Hug Therapy On Reduction Of Stress And Anxiety Of Students’ Anatomy Laboratory Examination Basic Biomedical Sciences Diploma 3 Nursing Study Program’, Journal of health research and technology, 2(1), pp. 67–71. Available at: https://doi.org/10.58439/jhrt.v2i1.176.
Lazzaroni, E. et al. (2021) ‘Coronavirus Disease 2019 Emergency and Remote Eye Movement Desensitization and Reprocessing Group Therapy With Adolescents and Young Adults: Overcoming Lockdown With the Butterfly Hug’, Frontiers in Psychology, 12(August), pp. 1–9. Available at: https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.701381.
Mar’atussolikha, A.M.U., Amalia, R.F. and Pratama, K.N. (2024) ‘Pengaruh Penerapan Teknik Butterfly Hug Dan Promosi Koping Pada’, Journal of Bionursing, 1(1), pp. 103–114. Available at: https://doi.org/10.20884/1.bion.2024.6.1.272.
Marinda, L. (2020) ‘Teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan problematikanya pada anak usia sekolah dasar’, An-Nisa Jurnal Kajian Perempuan dan Keislaman, 13(1), pp. 116–152. Available at: https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26
Naspufah, M. (2022) Pengaruh terapi butterfly hug terhadap tingkat kecemasan dalam penyusunan skripsi pada mahasiswa keperawatan di sekolah tinggi ilmu kesehatan kuningan tahun 2022. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan.
Nebhinani, N. and Jain, S. (2019) ‘Adolescent mental health: Issues, challenges, and solutions’, Annals of Indian Psychiatry, 3(1), p. 4. Available at: https://doi.org/10.4103/aip.aip_24_19.
Niman, S., Saptiningsih, M. and Tania, C. (2019) ‘Pengaruh terapi menulis ekspresif terhadap tingkat kecemasan remaja korban bullying’, Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(2), p. 179. Available at: https://doi.org/10.26714/jkj.7.2.2019.181-184.
Owen, H. (2016) ‘Hubungan usia dan jenis kelamin pasien diabetes melitus tipe 2 terhadap tingkat kecemasan pasien di RSD dr Soebandi Jember’, Jurnal Kedokteran Universitas Jember, pp. 7–10.
Pratama, D. and Sari, Y.P. (2021) ‘Karakteristik Perkembangan Remaja | Jurnal Edukasimu’, Edukasimu.org, 1(3), pp. 1–9.
Putri, L. (2023) Pengaruh Metode Self-Healing Dengan Tehnik Butterfly Hug terhadap Kecemasan Pasien Pre Operasi Sectio Caesarea di RSUD Ibu Fatmawati Soekarno Surakarta. Universitas Kusuma Husada Surakarta.
Rokom (2021) Kemenkes Beberkan Masalah Permasalahan Kesehatan Jiwa di Indonesia. Available at: https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis- media/20211007/1338675/kemenkes-beberkan-masalah-permasalahan-kesehatan- jiwa-di-indonesia/ (Accessed: 7 January 2024).
Setia, H. (2021) Pengaruh Butterfly Hug Terhadap Tingkat Stres Mahasiswa Tingkat Empat (4) Program Studi Sarjana Keperawatan dalam Penyusunan Skripsi Di Stikes Bethesda Yakkum Yogyakarta. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum Yogyakarta.
Setiawati, N. A., Ramadhita, S. U., Zanwar, A., & Noviandina, N. (2024). Teknik Relaksasi untuk Kecemasan dan Stres Pada Remaja: Kajian Sistemik. Jurnal Psikologi, 1(4), 14. https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.2581
Silva, S.A. et al. (2020) ‘Common mental disorders prevalence in adolescents: A systematic review and metaanalyses’, PLoS ONE, 15(4), pp. 1–19. Available at: https://doi.org/10.1371/journal.pone.0232007.
Simic, G. et al. (2021) ‘Understanding emotions: Origins and roles of the amygdala’, Biomolecules, 11(6), pp. 1–58. Available at: https://doi.org/10.3390/biom11060823.
Suyatno et al. (2024) ‘Spiritualitas dan kecemasan pada remaja SMK’, Jurnal Keperawatan Jiwa, 12(2), pp. 419–428. Available at: https://doi.org/10.26714/jkj.12.2.2024.419-428428.
Townsend, M.C. and Morgan, K.I. (2017) Psychiatric Mental Health Nursing: Concepts of Care in Evidence-Based Practice. 9th edn. Philadelphia: F. A. Davis Company.
Walasary, S.A., Dundu, A.E. and Kaunang, T. (2015) ‘Tingkat kecemasan pada siswa kelas XII SMA Negeri 5 Ambon dalam menghadapi ujian nasional’, e-Clinic (eCl), 3(April), p. 6. Available at: https://doi.org/10.35790/ecl.v3i1.7822.
WHO (2021) Mental health of adolescents. Available at: https://www.who.int/news-room/fact- sheets/detail/adolescent-mental-health (Accessed: 7 January 2024).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Azka Widi Zulfa Aulia, Estin Yuliastuti, Suyatno Suyatno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.